081-359-358-604 [email protected]

Apakah Anda ingin mengejar profesi menjadi translator atau penerjemah? Tapi Anda tidak memiliki latar belakang pendidikan di jurusan bahasa? Bagaimana bisa?

Itu semua mungkin bagi Anda jika Anda mau mencari pengalaman dan belajar. Meskipun ini nampaknya akan sulit di awal, tapi proses akan membantu Anda belajar banyak hal. Sebuah artikel menyebutkan bahwa pembelajaran akademis akan sangat membantu bagi pemula, meskipun itu tidak mutlak. Banyak praktisi ‘terlahir’ sebagai penerjemah atau translator melalui pengalaman langsung. Itu artinya, melalui latihan dan pengalaman, Anda masih bisa menekuni industri alih bahasa ini.

Apa Itu Penerjemah?

Mungkin banyak diantara kita sudah mengenal jasa penerjemah bahasa Inggris dan bahkan menggunakan jasa mereka untuk beberapa tugas penerjemahan. Jika Anda menganggap bahwa ini adalah pekerjaan yang mudah, mungkin Anda belum memahami makna terjemahan melebihi alih bahasa kata demi kata.

Meskipun bahasa adalah alat manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain, tidak semua orang diberkati dengan kemampuan berbicara berbagai bahasa. Bagi mereka yang multibahasa, ini menguntungkan mereka karena memiliki banyak pilihan karir yang bagus, salah satunya adalah menjadi penerjemah atau translator. Penerjemah selalu diminati, dan peluang kariernya banyak dan cukup beragam.

Jika Anda selalu tertarik pada bahasa tetapi tidak pernah mengejar gelar di bidang penerjemahan, Anda mungkin bertanya-tanya apakah masih mungkin untuk menjadi penerjemah?

Kabar baiknya adalah mendapatkan pelatihan yang Anda perlukan untuk memulai karier sebagai penerjemah sangatlah mungkin.

Apakah Anda memiliki minat terhadap bahasa, memiliki keterampilan linguistik yang luar biasa, atau sekadar menikmati mengungkap seluk-beluk komunikasi, inilah kesempatan Anda untuk menjelajahi karier yang memuaskan sebagai penerjemah. Kami sangat yakin bahwa dedikasi, pembelajaran berkelanjutan, dan rencana yang disusun dengan baik dapat membuka pintu menuju kesuksesan di bidang jasa translate bahasa Inggris tersebut.

Penerjemah atau translator adalah seseorang yang menerjemahkan teks atau ucapan dari satu bahasa ke bahasa lain. Ini mungkin tampak seperti tugas yang sederhana, namun sebenarnya cukup rumit. Seorang penerjemah atau translator perlu memiliki pemahaman mendalam tentang kedua bahasa tersebut agar dapat menyampaikan makna teks aslinya secara akurat. Mereka juga perlu menyadari perbedaan budaya antara kedua bahasa tersebut.

Misalnya, beberapa kata atau frasa mungkin memiliki konotasi berbeda di budaya berbeda. Penerjemah yang baik akan mempertimbangkan hal ini dan memilih terjemahan terbaik yang menyampaikan makna asli teks.

Penerjemah bekerja di banyak industri, termasuk hukum, medis, bisnis, dan pemerintahan. Mereka bahkan mungkin bekerja lepas atau bekerja di agen penerjemahan.

Lantas bagaimana cara mengejar karir sebagai penerjemah tanpa gelar? Berikut panduan lengkap untuk Anda!

Cara Mengejar Karir Translator Tanpa Gelar

Gelar tidak hanya membutuhkan uang, tetapi juga waktu. Penerjemah profesional atau translator yang tak terhitung jumlahnya telah berhasil mencapai kesuksesan besar tanpa ada yang memiliki gelar formal. Jika Anda tertarik dengan penerjemahan dan bertekad untuk memulai karier tanpa melanjutkan pendidikan, berikut panduan langkah demi langkah tentang bagaimana Anda dapat mewujudkannya:

Ikuti Kursus atau Pelatihan yang Mengajarkan Keterampilan Menjadi Penerjemah

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagaimana menjadi penerjemah profesional tanpa gelar, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang kedua bahasa tersebut. Ini lebih dari Anda mampu berbicara dalam dua bahasa berbeda, tapi Anda juga memahami bagaimana itu digunakan dan perbedaan diantaranya. Untuk menjadi seorang penerjemah, penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang tata bahasa, kosa kata, dan sintaksis.

Kendati demikian, Anda masih perlu mendapatkan pelatihan secara spesifik untuk bekerja sebagai penerjemah.

Anda dapat mengikuti berbagai pelatihan yang diprogram untuk membantu Anda mengenal profesi tersebut dan mengajarkan berbagai keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penerjemah atau translator profesional.

Mulailah Dengan Menjadi Penerjemah Freelance

Salah satu cara terbaik untuk memulai karir di jasa translate bahasa Inggris ini adalah dengan mulai menjadi penerjemah freelance. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk membangun portofolio, serta mendapatkan pengalaman berharga bekerja dengan klien saat Anda membangun bisnis penerjemahan Anda sendiri. Ada beberapa cara untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penerjemah freelance, seperti mencari di situs online, media sosial, atau bahkan melalui koneksi pribadi. Setelah Anda menemukan beberapa klien potensial, pastikan untuk mengedepankan yang terbaik dengan menyusun proposal yang kuat.

Berinvestasi Pada Pengembangan Diri Meningkatkan Profesionalitas

Melanjutkan pendidikan bukan hanya diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendapatkan gelar saja. Penerjemah juga perlu berinvestasi dalam pengembangan profesional agar tetap mengikuti perkembangan tren industri terkini. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini, seperti menghadiri konferensi dan lokakarya. Ada baiknya juga untuk selalu mengikuti perkembangan berita terkini di industri penerjemahan dengan membaca blog dan artikel dari sumber terpercaya.

Dengan tetap mendapat informasi dan berinvestasi dalam pengembangan diri mencapai profesional, Anda akan dapat menawarkan nilai lebih kepada klien Anda dan menjaga layanan bahasa Anda tetap terkini. Ini akan membantu memastikan Anda tetap kompetitif di pasar jasa penerjemah bahasa Inggris.

Dapatkan Sertifikasi

Meskipun tidak penting, mendapatkan sertifikasi adalah cara terbaik untuk membuat resume Anda menonjol dari yang lain. Ada sejumlah program sertifikasi berbeda yang tersedia, misalnya berfokus untuk menjadi penerjemah medis, penerjemah legal, ataupun penerjemah pendidikan. Untuk mendapatkan sertifikasi, Anda harus memenuhi persyaratan tertentu, seperti memiliki sejumlah pengalaman atau lulus uji kemahiran. Tentu saja penerjemah yang berspesialisasi dan memiliki sertifikat mendukung akan mendapatkan kepercayaan lebih. Ini akan membantu Anda bersaing di industri jasa translate bahasa Inggris.

Bagi Anda yang sedang mencari jasa penerjemah bahasa Inggris profesional, hubungi Brainy Translation sekarang. Kami merupakan jasa penerjemah yang juga membuka layanan bahasa lainnya seperti penerjemahan bahasa Jepang, interpreter, penerjemah subtitle, dan apapun yang Anda butuhkan untuk proyek bahasa. Kami bekerja sama dengan penerjemah profesional yang dapat memastikan hasil terjemahan berkualitas bagi Anda.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!