081-359-358-604 [email protected]

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah freelance. Yaps, freelance atau pekerjea lepas merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dicari orang untuk mengisi waktu luang. Bahkan beberapa orang yang memiliki pekerjaan penuh waktu atau full time, masih mengisi waktu dengan bekerja sebagai freelancer. Ada banyak lowongan freelancer yang terbuka luas di Indonesia, misalnya bagi mereka yang memiliki keahlian desain dapat bergabung menjadi freelance desain grafis atau mungkin bila Anda memiliki keahlian bahasa asing, menjadi penerjemah freelance adalah pilihan yang menarik. Bergabunglah menjadi bagian dalam jasa translate bahasa Inggris.

Menjadi penerjemah freelance memiliki banyak keuntungan. Umumnya, orang yang memasuki dunia kerja cenderung memilih untuk mencari pekerjaan tetap. Sementara pekerjaan tetap memberikan jaminan penghasilan tetap, tunjangan karyawan seperti asuransi kesehatan, cuti sakit dan liburan berbayar, bonus, promosi, komisi, dan pembagian keuntungan. Tapi, tidak ada pekerjaan tetap yang memberi Anda kebebasan atau fleksibilitas saat bekerja sebagai penerjemah freelance.

Sebagian pegawai tetap, sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan di kantor, karena Anda harus bekerja dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Dan ini berlangsung dari hari Senin – Jumat, bahkan Sabtu. Di beberapa kasus lain, Anda juga terkadang diminta untuk bekerja lembur, terutama untuk beberapa perusahaan yang memiliki periode puncak musiman, atau mungkin diminta untuk bekerja selama akhir pekan dan mempersingkat liburan karena kebutuhan mendesak akan staf tambahan. Menariknya, menjadi penerjemah freelance memungkinkan Anda menetapkan aturan sendiri untuk pekerjaan Anda.

Mari kita simak keuntungan menjadi penerjemah freelance. Bekerja di bidang jasa penerjemah bahasa Ingris memang sangat menguntungkan.

Anda adalah Bosnya

Ketika Anda memutuskan untuk bekerja sebagai penerjemah freelance, Anda memiliki otonomi. Sebagai manajer bisnis Anda sendiri. Dan juga bertanggung jawab untuk memastikan kualitas pekerjaan Anda dan kesuksesan Anda bergantung pada waktu yang Anda investasikan untuk pekerjaan Anda.

Begitu juga tidak harus berurusan dengan bos yang menakutkan dan rekan kerja yang penuh tekanan. Anda tidak harus berurusan dengan beban kerja yang berlebihan dan tenggat waktu yang sangat singkat. Anda memutuskan sendiri bagaimana Anda bekerja.

Fleksibilitas Tinggi

Tidak memiliki jam kerja tetap bukan satu-satunya fleksibilitas yang Anda miliki sebagai penerjemah freelance. Anda juga dapat bekerja di mana pun Anda inginkan. Dapat memilih waktu saat Anda paling produktif – pagi atau sore hari.  Bahkan dapat bepergian sambil bekerja selama Anda membawa laptop. Anda harus memutuskan kapan Anda akan mengambil proyek berikutnya dan berapa lama Anda harus menyelesaikannya.

Anda Memiliki Kontrol Penuh Terhadap Pendapatan Anda

Meskipun Anda tidak dapat menetapkan tarif pilihan Anda di awal, setelah Anda dikenal di banyak industri jasa penerjemah bahasa Inggris, Anda dapat mengubah harganya. Namun, Anda dapat mengontrol berapa banyak yang Anda hasilkan sejak awal dengan mengambil proyek sebanyak yang Anda inginkan. Banyak penerjemah freelance bekerja terus menerus dan mati-matian selama beberapa bulan untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin kemudian bersantai di sisa tahun.

Ini adalah pengaturan yang cukup santai ketika Anda dapat merencanakan ke depan dengan mudah. Tetapi Anda harus bekerja keras untuk dapat mencapai gaya hidup ini. Anda tidak dapat memperoleh penghasilan sebanyak yang Anda inginkan jika Anda tidak siap memberikan pekerjaan berkualitas kepada semua klien Anda. Karena yang terpenting, Anda harus membuat klien Anda puas jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan secara teratur.

Anda Bisa Mendunia

Ini adalah salah satu keuntungan paling menarik dari menjadi seorang penerjemah freelance. Sebagai penerjemah freelance, Anda tidak harus mencari klien lokal saja.

Dengan Internet yang cepat dan fasilitas komunikasi yang lebih baik, Anda dapat menemukan pekerjaan penerjemahan tidak hanya di wilayah Anda tetapi juga di luar negeri. Anda tidak akan dibatasi oleh batasan geografis. Anda dapat melamar atau menawar pekerjaan penerjemahan di mana pun di dunia tanpa meninggalkan rumah. Ini adalah bagian terbaiknya! Ambil bagian dengan menyediakan jasa translate bahasa Inggris.

Meningkatkan Keahlian Berbahasa 

Sebagai penerjemah freelance, Anda akan selalu berhadapan dengan tulisan bahasa asing, hal ini tentu sangat bermanfaat untuk meningkatkan keahlian Anda dalam memahami, mempelajari, serta menambah kemampuan berbahasa asing. Menerjemahkan teks, novel, tulisan, jurnal, dan lainnya dalam bahasa asing akan membuka wawasan secara tidak langsung. Mungkin Anda juga akan mendapati hal unik dan aspek baru yang tidak Anda ketahui sebelumnya, selama proses penerjemahan berlangsung. Jasa penerjemah bahasa Inggris adalah yang paling banyak dicari pada industri ini.

Memperluas  Relasi

Penerjemah freelance memungkinkan Anda untuk meningkatkan relasi hingga global. Hal ini mungkin terjadi karena Anda memiliki kesempatan juga mendapat klien dari berbagai negara, terlebih bila Anda bergabung dengan jasa penerjemah bahasa Inggris yang memiliki akses dengan orang-orang di berbagai negara. Dari hubungan tersebut Anda bisa membangun hubungan untuk memperluas relasi yang Anda miliki. Bahkan, peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk mengenal  orang dari dalam negeri maupun luar negeri.

Memperkaya Portofolio

Dalam pekerjaan ini, pasti Anda akan mengambil sebuah project yang menjadi keahlian Anda atau mungkin Anda akan mengambil banyak project sekaligus. Dari hasil project tersebut Anda akan mendapat sebuah hasil karya yang telah Anda kerjakan, hasil tersebut bisa Anda lampirkan ke dalam portofolio. Semakin banyak project yang Anda lakukan, maka semakin banyak pula portofolio yang bisa Anda kumpulkan. Dengan begitu, semakin banyak pula peluang Anda dipercaya oleh klien selanjutnya karena telah memiliki banyak pengalaman sebagai jasa translate bahasa Inggris.

Usia Hanyalah Angka

Dan bagaimanapun, Anda bisa bekerja sebagai penerjemah freelance bahkan melebihi batas pensiun Anda. Tidak ada batasan usia untuk menjadi penerjemah freelance. Usia Anda tidak akan menjadi masalah bagi klien. Anda dapat tetap menjadi penerjemah freelance yang dicari selama Anda menjaga kualitas pekerjaan Anda secara konsisten, memenuhi tenggat waktu dan Anda memperbarui keterampilan dan pengetahuan Anda sesuai dengan tuntutan pekerjaan.

Kendati demikian, untuk sukses menjadi penerjemah freelance Anda juga harus pandai dalam mencari peluang, mengambil proyek terjemahan, dan menjaga kualitas pekerjaan, serta hubungan Anda dengan klien. Bekerja sebagai penerjemah freelance ini mengharuskan Anda untuk tetap kreatif dan mandiri agar dapat terus melakukan banyak proyek terjemahan.

Jika Anda sedang mencari jasa penerjemah bahasa Inggris terpercaya dan berkualitas, Brainy Translation hadir terdepan untuk Anda. Kami bekerja dengan penerjemah profesional untuk memastikan hasil terjemahan yang berkualitas.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!