Penerjemahan sudah ada sejak zaman kuno, bahkan sejak pertama kali bahasa digunakan. Bagaimana penerjemah akhirnya memiliki pengaruh cukup besar terhadap peradaban. Bagaimanapun, bahasa adalah alat komunikasi utama yang digunakan untuk bertukar informasi, ide, pikiran, dan cerita, sehingga melalui penerjemah dunia lebih mudah untuk diakses. Terlebih di era modern seperti saat ini, bahasa bukan lagi sebuah hambatan.

Jasa penerjemah tidak hanya berusaha mengalihkan satu bahasa ke bahasa lainnya, melainkan menuliskan kembali suatu dokumen atau naskah ke dalam bahasa berbeda dengan tidak meninggalkan keasliannya. Tentu saja, tugas penerjemah tidaklah mudah. Penerjemah bertanggung jawab untuk menyampaikan kembali isi dokumen dengan bahasa yang berbeda dan mudah dipahami. Untuk itu, perkembangan jasa penerjemah hingga saat ini terus menunjukkan hal baik. Meskipun teknologi mendukung dalam banyak hal, penerjemah profesional yang dimainkan langsung oleh seorang manusia yang bertugas menerjemahkan tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh teknologi terjemahan atau mesin terjemah.

Salah satu jasa penerjemah yang terus dan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas terjemahan serta memberikan banyak informasi seputar bahasa, jasa penerjemah, linguistik, ataupun teknologi penerjemahan, Brainy Translation akan terus berkembang. Brainy Translation menerima berbagai tugas layanan bahasa, baik lisan maupun tertulis, dan dalam bahasa apapun sesuai kebutuhan Anda. Jadilah bijak dalam menentukan jasa penerjemah.

Dalam catatan terbaik satu tahun terakhir, berikut 5 artikel paling menarik dan populer dari Brainy Translation di tahun 2022 yang menyuguhkan banyak informasi menarik dan mungkin baru saja Anda ketahui.

5. Mesin Terjemah di Bidang Pemasaran

Terjemahan mesin menggunakan kecerdasan buatan untuk menerjemahkan salinan. Mengingat teknologi yang kian menjadi lebih andal, akurat, dan mudah digunakan, maka jelas bahwa terjemahan mesin ataupun mesin terjemahan menawarkan hasil yang lebih akurat, cepat, praktis, dari sebelumnya. Meskipun tidak bisa sepenuhnya Anda bisa mengandalkan mesin terjemahan dalam kondisi-kondisi yang lebih spesialis. Dalam industri pemasaran khususnya, metode terjemahan mesin menjadi semakin populer untuk jenis konten tertentu.

Dalam bidang pemasaran, mesin terjemahan akan dibutuhkan dalam beberapa kategori;

  • Konten interaktif bersama pengguna
  • Alat dan aplikasi
  • Berbasis data dan wawasan
  • Peningkatan dalam pembuatan konten
  • Konten bentuk panjang

Baca artikel selengkapnya disini.

4. Cerdas Menggunakan Mesin Terjemah

Di era teknologi seperti saat ini, teknologi membantu manusia dalam banyak hal. Ada banyak mesin terjemahan yang hadir, semua menawarkan proses terjemahan yang ringkas dan praktis. Keuntungan menggunakan mesin terjemahan adalah harga yang lebih terjangkau, proses yang lebih cepat, mudah diakses, serta dapat diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa secara bersamaan. Meskipun terjemahan mesin masih kurang dalam hal akurasi, dan sering kali tidak memahami konteksnya, dan tidak dapat mengenali perbedaan budaya. Agar mesin terjemahan dapat digunakan secara optimal sebagai bantuan dalam melakukan tugas penerjemahan, penerjemah harus tepat dan sesuai kebutuhan. Beberapa jenis konten harus dilakukan oleh jasa penerjemah profesional.

Baca artikel selengkapnya disini.

3. Keuntungan Bekerja Dengan Penerjemah Profesional

Bahasa merupakan bagian penting dari budaya. Anda akan menemukan banyak keistimewan suatu daerah melalui bahasanya. Tidak ada hal yang menarik saat mempelajari bahasa baru, tanpa membenamkan diri dalam budayanya. Itu mengapaprofesi penerjemah dan interpretasi merupakan pekerjaan yang dinamis dan terus berkembang, karena bahasa dan budaya yang terus menunjukkan pergerakkannya. Memberikan kepercayaan kepada penerjemah profesional berarti Anda ingin mempertahankan kualitas dan memprioritaskan akurasi. Ada banyak alasan penting mengapa Anda harus percayakan pada jasa penerjemah profesional.

Baca artikel selengkapnya disini.

2. Apa Perbedaan Translator dan Interpreter

Tugas seorang trаnѕlаtоr аdаlаh menerjemahkan satu bаhаѕа ke bahasa lаіn (dаrі bаhаѕа ѕumbеr kе bаhаѕа sasaran) secara tеrtulіѕ. Dalam hal ini, ia bеrtugаѕ untuk mеngubаh kata tertulis dаrі ѕаtu bаhаѕа kе bаhаѕа уаng lаіn. Mulаі dari teks budауа рорulеr, hingga bеrbаgаі dоkumеn penting. Dаlаm реkеrjааnnуа ѕеоrаng trаnѕlаtоr harus mеngеrtі kоntеkѕ dari hаl уаng akan іа tеrjеmаhkаn.

Jika trаnѕlаtоr dapat mеnggunаkаn kаmuѕ dan mеnggunаkаn bеrbаgаі macam sumber dауа untuk mеnеrjеmаhkаn, bеdа hаlnуа dеngаn interpreter. Profesi іnі mengharuskan Anda untuk mеnеrjеmаhkаn dаn mеnуаmраіkаn іntі dаrі ѕеbuаh pesan, tаnра реrlu terperinci hingga tаtа bahasanya.  Sаlаh satu соntоh bеѕаr penggunaan interpreter аdаlаh konferensi PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa). I ntеrрrеtеr mеnjеmbаtаnі рrоѕеѕ kоmunіkаѕі antar bаhаѕа sehingga klіеn lеbіh mudаh mеngеrtі tеntаng іntі реmbісаrааn tersebut. 

Baca artikel selengkapnya disini.

1.Tips Terjemah Bahasa Inggris Indonesia

Yang paling pertama harus dilakukan dalam belajar terjemah bahasa Inggris adalah memahami teori membaca dengan pendekatan empirik, yaitu Skills Theory (Teori Keterampilan), menganggap bahwa kemampuan membaca terdiri dari keterampilan-keterampilan membaca yang saling berkaitan (inter-related reading skills). Keterampilan-keterampilan ini terdiri dari keterampilan-keterampilan pokok (macro-skills) dan micro-skills sebagai bagian-bagiannya. Untuk menerjemahkan bahasa Inggris, di samping pemahaman teks bacaan dituntut juga penguasaan bahasa Indonesia yang baik agar terjemahan tersebut dapat dimengerti dengan jelas oleh pembaca tetapi tidak bergeser dari ungkapan arti teks bahasa Inggris yang diterjemahkan.

Baca artikel selengkapnya disini.

Dan untuk relosusi tahun-tahun berikutnya, kami berusaha untuk terus memberikan informasi yang lebih menarik. Serta menuliskan semua hal yang perlu Anda ketahui tentang bahasa maupun jasa penerjemah. Sebagai jasa penerjemah profesional, Brainy Translation akan selalu memberikan yang terbaik untuk Anda.

Lantas bagaimana dengan tahun 2022 Anda? Apa cerita yang paling menarik? Dan bagaimana resolusi 2023 Anda?

Salam baca, Brainy!