085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Anda dapat menguasai banyak bahasa dengan cepat, tapi mungkin Anda perlu meluangkan waktu lebih agar terdengar sama dengan penutur aslinya. Aksen yang berasal dari bahasa ibu Anda, akan mudah terdeteksi ketika Anda mencoba berbicara dengan bahasa asing, bahasa Inggris misalnya. Berapa kali orang bisa menebak dari mana asal Anda hanya dengan mendengarkan aksen Anda saat berbicara dalam bahasa Inggris? Sebenarnya ini bukan hal yang perlu Anda khawatirkan. Tapi untuk terlihat sama dengan orang Inggris asli, mungkin Anda dapat mencoba kiat di bawah ini. Terlebih dari seberapa efektif kiat ini, semua tergantung konsisten dan komitmen Anda selama berlatih.

1. Tentukan aksen Anda

Pikirkan tentang aksen yang paling Anda sukai, dan yang paling sesuai dengan kepribadian Anda. Ada banyak aksen yang bisa dipilih: Inggris yang mewah, Amerika yang keren, Australia yang santai, dan sebagainya. Ketika Anda telah menentukan pilihan, Anda harus mematuhinya dan konsisten saat berbicara. Gunakan juga kosakata yang tepat. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan aksen Amerika, cobalah untuk menghindari mengatakan hal-hal seperti “mate” atau “trousers”, versi Inggris dari “dude” dan “pants”.

Langkah awal untuk mennetukan aksen yang Anda pilih, mulailah dengan ketertarikan. Lihat dan simak bagaimana mereka mengucapkannya dan pilih yang terbaik untuk Anda.

2. Tonton dan dengarkan semuanya dalam bahasa Inggris

Ini adalah langkah yang sudah jelas harus Anda lakukan. Tidak dapat dipungkiri, agar penguasaan bahasa Inggris Anda lebih cepat dan dapat mengembangkan aksen Anda, penting untuk menonton dan mendengarkan sebanyak serta serutin mungkin program, TV serial, radio, lagu/musik, Youtube, berita, dsb dalam bahasa Inggris. Mempelajari kata-kata baru tentu saja sangat membantu, tetapi aksen Anda sedikit banyak dipengaruhi oleh telinga Anda yang terbiasa mendengar bahasa Inggris sepanjang waktu.

Ada trik khusus ketika mempelajari kosakata baru; ingat konteks penggunaan kosakata tersebut dalam sebuah kalimat, perhatikan bentuk kalimatnya, dan gunakan kosakata itu dalam konteks baru yang berbeda. Daya ingat Anda terhadap kosakata baru akan lebih kuat jika Anda melibatkan konteks kata tersebut.

Hal ini mungkin hal yang tidak mudah untuk Anda pada awalnya, tapi ingat motivasi awal Anda saat memulainya. Meskipun bukan pekerjaan satu malam, tapi ini akan sangat menguntungkan Anda ke depannya.

3. Perbaiki Kecepatan-Kejelasan Pelafalan

Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat musikal, jadi sangat penting untuk bekerja menyempurnakan jenis suara dan aliran yang tepat jika Anda ingin terdengar asli. Contih sederhana, ketika Anda menyadari bahwa orang Bali dan orang Madura akan terdengar berbeda meski mengucapkan bahasa yang sama. Anda juga perlu memperhatikan kata-kata yang diucapkan secara berbeda dalam bahasa Inggris, seperti “burger”, “spaghetti”, “gelato”, dll. Bahkan jika mengucapkan spaghetti dengan cara Amerika di mana t ganda diucapkan seperti ‘D’.

Setelah Anda mengoptimalkan pendengaran, mulailah perbaiki kecepatan dan kejelasan pelafalan Anda. Perhatikan intonasi orang Inggris berbicara, dimana penekanannya dan bagaimana mereka mengucapkannya. Untuk terdengar sama dengan penutur asli, penting perhatikan kejelasan pelafalan Anda.

4. Katakan semuanya dengan lantang dan cobalah latihan Ben Franklin – Latihan Imitasi

Semakin banyak Anda melatih bahasa Inggris Anda, semakin baik. Jika Anda tidak memiliki siapa pun untuk berlatih, jangan takut berbicara kepada diri sendiri. Cermin bisa menjadi mitra bahasa Inggris Anda yang baru – percayalah, ini berhasil! Jika Anda menyukai kutipan film tertentu, pastikan Anda mengulanginya dengan cara yang sama seperti yang dilakukan aktor di film tersebut. Pelajari lirik lagu favorit Anda dengan hati dan ulangi lagi dan lagi dengan suara yang lantang. Pelajari dan ulangi frasa yang Anda suka dari serial TV favorit Anda seperti slogan Joey yang terkenal “How you doin’?” dari teman. Ini mungkin tip yang aneh, tetapi berhasil!

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada dua latihan terkenal yang membahas lebih detail konsep tersebut, latihan Ben Franklin dan latihan Imitasi. Cara kerja latihan Ben Franklin adalah tulislah apa yang Anda dengar. Catatan itu tidak hanya menuliskan kosakata dalam bahasa Inggris, namun juga penekanan dalam satu kalimat apa saja yang berbeda yang coba Anda pahami dari orang Inggris. Pastikan untuk mendengarkan suara orang Inggris asli agar tau orisinilitas mereka berbicara.

Berbeda dengan Ben Franklin, latihan Imitasi lebih sederhana. Anda hanya diminta untuk mendengarkan berulang kali (minimal 3x) rekaman bahasa Inggris. Setelah itu, coba ulangi kalimat tersebut. Jika Anda mendengarkan secara berulang dan memperhatikan secara seksama, otak Anda akan dengan spontan merekam apa yang telah Anda dengarkan dan Anda akan menirukan kalimat tersebut dengan kemiripan yang mungkin hampir sempurna. Dengarkan dan ulangi, begitulah cara kerjanya.

5. Pelajari idiom dan bahasa gaul bahasa Inggris

Tentu agar terdengar lebih natural, kompleksitas pembentukan kalimat tidaklah cukup untuk membantu Anda mencapai hal itu. Anda juga perlu mempelajari idiom dan bahasa gaul orang Inggris. Yang perlu Anda ingat, budaya berperan besar dalam perkembangan bahasa. Bagaimana orang Inggris membuat lelucon berbeda dengan apa yang membuat orang Indonesia tertawa. Idiom dan slang bahasa Inggris mungkin adalah bagian tersulit saat Anda mempelajari bahasa Inggris.

6. Gunakan setiap kesempatan untuk berbicara

Karena saya tidak memiliki teman asing untuk berlatih bahasa Inggris saya di kampung halaman, saya menciptakan peluang untuk diri saya sendiri di sekolah. Saya selalu mengangkat tangan ketika guru membutuhkan beberapa sukarelawan untuk membaca teks atau hanya menjawab pertanyaan ketika guru bertanya. Semakin aktif Anda, semakin banyak Anda belajar dan semakin cepat aksen asli bahasa Inggris Anda berkembang.

7. Optimalkan teknologi

Last but not least, teknologi. Anda dapat mengoptimalkan hape pintar Anda untuk merekam perkembangan bahasa Anda dan putar ulang. Rekam proses latihan Anda, temukan kesalahannya, dan perbaiki. Dengan mengetahui kesalahan Anda sendiri, itu memudahkan Anda untuk berkembang lebih cepat dibanding yang lain. Anda juga dapat meminta bantuan teknologi baru yang tidak hanya memberikan layanan terjemahan, melainkan juga pelafalan bahasa Inggris.

Cara lain yang bermanfaat untuk meningkatkan bahasa Inggris Anda adalah pergi ke luar negeri dan benar-benar mempraktikkannya di kehidupan nyata. Ini adalah pengalaman terbaik dalam hal belajar bahasa Inggris dan menghilangkan aksen asing Anda – Anda hanya perlu tahu aksen mana yang Anda inginkan dan ke mana Anda harus pergi. Pada akhirnya, jika Anda ingin membuat kemajuan cepat dengan keterampilan dan aksen Anda, Anda hanya perlu meluangkan waktu; jika tidak, kita menjadi malas dan tidak akan pernah berkembang.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam Brainy!