085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Setelah tinggal di luar negeri selama beberapa waktu, tenggelam dalam budaya, sejarah, dan bahasa lain, Anda merasa luar biasa. Anda punya teman penutur asli dan menjalani hidup Anda dengan berbelanja, bekerja, dan memesan makanan dalam bahasa asing setiap harinya. Anda tidak lagi merasa seperti pemula yang kikuk ketika Anda pertama kali tiba. Faktanya, Anda merasa luar biasa hingga seorang teman bertanya “Jadi, apakah Anda fluent?”

Konsep dari fluent itu sendiri sulit untuk dijabarkan. Bagaimana tolok ukur untuk menilai tingkat kefasihan berbahasa seseorang? Pertanyaan tanpa indicator angka yang tepat. Kebanyakan orang mungkin berfikir bahwa tingkat kefasihan seseorang hingga seperti menelan kamus dan berkomunikasi sceraa sempurna tanpa kesalahan sedikitpun sepanjang waktu atu pun sampai melupakan kata-kata apa yang harus digunakan. Lantas jika itu tolak ukur yang benar, dapatkan Anda disebut “fluent” untuk bahasa ibu Anda sendiri? Sepertinya, Anda akan menjawab tidak untuk pertanyaan itu.

Sebaliknya, anggaplah kefasihan sebagai kemampuan untuk berkomunikasi dengan cepat, mudah, dan lancar, dalam berbagai bentuk dan dengan berbagai orang.

Jadi, apa kamu tergolong fluent?

Bagaimana Anda bisa tahu? Untungnya, ada banyak cara untuk mendapatkan konsep itu. Inilah tujuh yang dapat membantu Anda mengidentifikasi sendiri tingkat kefasihan berbahasa Anda.

Selamat mencoba pertualangan bahasa asing Anda.

Orang-orang tidak lagi mengubah bahasa mereka untuk Anda

Ketika Anda pertama kali mulai belajar, semuanya begitu membingungkan sehingga percakapan sederhana adalah sebuah pengembaraan. Mata Anda membesar, merasa ketakutan, dan balasan yang gagap memberi petunjuk bahwa Anda adalah pemula sehingga semua orang secara nyata memperlambat ucapan mereka agar Anda bisa mengikutinya. Fakta bahwa hal ini tidak lagi terjadi adalah indikator besar bahwa Anda sedang menuju kefasihan.

Baca artikel khusus kami tentang hyperpolyglot.

Anda dapat menguping percakapan

Setelah Anda fasih, saat Anda duduk di kafe atau alun-alun, percakapan di sekitar Anda tidak lagi memburamkan diri Anda sebagai pemula. Sebaliknya, Anda dapat secara aktif mendengarkan detail yang menarik dari kehidupan orang lain. Tonggak pencapaian ini sangat bagus, karena artinya Anda dapat memahami orang tanpa memandang mereka, dan tidak lagi mengandalkan gerak tubuh dan ekspresi wajah untuk mengetahui makna. Lagi-lagi Anda menunjukkan bukti peningkatan kefasihan Anda.

Dunia Humor Terbuka Lebar

jasa penerjemah bahasa inggris

Menonton festival komedi di televisi? Mudah! Meskipun sebelumnya, Anda membutuhkan setiap lelucon dengan sabar dijelaskan kepada Anda, sekarang Anda memahami alurnya – bahkan kalimat ejekan! Saat ini mulai terjadi, berbanggalah. Ini adalah momen besar dalam hidup Anda sebagai pembelajar bahasa, karena itu berarti ciri khas dan nuansa budaya mengungkapkan diri kepada Anda. Karena memahami gaya humor tiap bahasa itu sangatlah sulit, terkadang orang menggunakan ungkapan tersirat untuk bahasa humor mereka. Dan tentu pencapaian ini tidak akan didapatkan oleh seorang pemula.

Belajar dari British Humor.

Anda terkadang membaca atau mendengarkan tanpa memikirkan bahasanya

Kami yakin ini tampaknya tidak mungkin ketika Anda masih pelajar baru. Tapi ini jika Anda dapat menangkap dengan sendiri beberapa paragraf melalui teks, atau item melalui berita malam, tanpa menyadari bahasa apa konten itu, ini adalah pencapaian yang menarik! Hal itu juga menunjukkan bahwa Anda dapat beralih antara bahasa ibu dan bahasa lain.

Pergi ke bank, kantor pos, dokter tidak lagi membuat Anda takut

Sebelum menjadi fluent, pemikiran untuk mengunjungi kantor, dokter tentu membuat Anda takut. Bagaimana jika Anda tidak dapat menjelaskan gejala Anda dan diberi resep obat pencahar, bukan antibiotik? Tentu tidak akan mudah untuk menjelaskan hal itu tanpa tingkat pemahaman bahasa yang cukup mumpuni. Sekarang, hari-hari itu sudah lama berlalu. Percakapan dengan teller bank, pekerja kantor pos, dan teknisi berjalan sama baiknya.

Anda tahu kapan dan bagaimana menggunakan kata-kata umpatan

Penutur asli sering kali senang mengajarkan kata-kata umpatan kepada orang asing. Ketika Anda pertama kali mendengar ungkapan-ungkapan ini, mungkin terdengar aneh. Namun, akhir-akhir ini Anda tidak hanya tahu kapan kata-kata umpatan itu digunakan secara budaya, tetapi juga bagaimana menjelekkannya seperti yang dilakukan penduduk setempat. Bahkan mungkin moment ini yang terpenting untuk mengatakan bahwa Anda sudah tergolong fasih dalam bahasa asing.

Anda menyadari kesalahan yang Anda buat

Orang yang “fasih” dalam bahasa lain masih melakukan kesalahan. Perbedaannya adalah, mereka bisa saja membuat diri mereka terlihat begitu kacau. Sekarang setelah Anda fasih, Anda menemukan bahwa Anda lebih sering mengoreksi diri pada saat itu! Menyadari kesalahan berbahasa berarti Anda telah mengerti bagaimana seharusnya menggunakan bahasa itu dengan baik. Kebanyakan orang merasa sudah melebihi yang lainnya bahkan tanpa tau kekurangan ataupun kesalahan berbahasa dari yang lainnya.

Setelah mengetahui tujuh indicator yang dapat menggolongkan tingkatan fasih berbahasa Anda, sudahkah Anda tergolong fluent dalam berbahasa asing? Hal ini seharusnya Anda juga tanyakan untuk bahasa ibu Anda. Terkadang kita belum menyadari bahwa banyak hal yang belum didapatkan dengan baik untuk pengetahuan bahasa ibu kita. Jangan sampai salah menerjemahkan bahasa dan budaya berbahasa mereka jika Anda ingin berkomunikasi baik. Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca Brainy!