085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Tahukah Anda tidak sedikit artis Hollywood (Amerika Serikat) yang mengembangkan karir dengan meningkatkan kemampuan bilingual mereka? Sebut saja beberapa diantaranya selebritis-selebritis keturunan Amerika Latin seperti Salma Hayek, Sofia Vergara, Shakira, Ricky Martin, Penelope Cruz, William Levy, Antonio Banderas, Daisy Fuentas, Thalia, dan masih banyak lagi. Lantas, bagaimana untuk diri Anda sendiri? Sudah berapa bahasa yang Anda kuasai? Hambatan bahasa adalah tantangan utama jika Anda memiliki impian untuk menembus kancah Internasional. Sebelum melangkah terlalu jauh, Anda dapat memulai dengan beberapa frasa dasar yang penting untuk memulai percakapan Anda dalam bahasa kedua. Berikut beberapa deretan frase penting bagi pemula, semoga membantu penjelajahan bahasa Anda dan Anda bisa mulai belajar meski dari rumah saja

Halo

Ya, sapaan ini terdengar begitu receh memang, tapi memahami sapaan sederhana ini dalam berbagai bahasa akan membantu Anda untuk lebih mudah memulai percakapan dengan penutur asli. Ada berbagai halo yang berbeda di tiap negara, perhatikan beberapa diantaranya

  • Hola : Anda pasti sudah familiar dengan sapaan hola ini. Ya, kata hola adalah halo dalam bahasa Spanyol
  • Bonjour : Yang satu ini pasti telinga Anda sudah mengenalinya dengan sangat baik. Ya, Bonjour adalah sapaan halo dalam bahasa Prancis
  • Ni Hao : Halo yang lainnya adalah Ni Hao dalam bahasa Mandarin
  • Shalom : Gunakan sapaan ini ketika Anda berkunjung ke Israel
  • Merhaba : Awali sapaan ini ketika Anda memulai percakapan dengan penduduk Turki
  • Ohayo : Bisakah Anda menebak dari mana asal kata itu? Ya, itu sapaan halo dalam bahasa Jepang
  • Ola : Sapaan halo yang biasa digunakan oleh orang Jerman
  • Czesc : Sedikit susah untuk diucapkan, tapi begitulah penduduk Portugal mengucapkan kata sapaan halo
  • Ciao : pengganti halo dalam bahasa Italia
  • Ahoj : kata sapaan yang digunakan oleh penduduk Ceko

Dapatkah Anda mencari halo dalam versi lainnya? Ya tentu, beberapa di atas hanya sedikit contoh bagaimana kata halo memiliki beragam versi di negara lain. Anda bisa mulai menggunakannya ketika Anda menjelajahi dunia bersama keluarga Anda.

Nama saya adalah ………. Bagaimana dengan Anda?

Frasa dasar lainnya yang harus Anda ketahui dalam banyak versi di berbagai negara adalah kalimat perkenalan itu. Meskipun Anda belum menguasai dengan baik bahasa kedua Anda, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui nama lawan bicara Anda nantinya. Cara memperkenalkan diri dalam bahasa Belanda misalnya : Mijn naam is …… Ik heet ….. En jij? (Nama saya adalah ……… Saya dipanggil ……Bagaimana dengan Anda?)

Tolong dan terima kasih

Frasa tolong dan terima kasih adalah frasa yang akan membantu Anda menampilkan pribadi yang sopan dan ramah di negara orang. Oleh sebab itu, frasa ini penting untuk Anda ketahui di awal pelajaran bahasa kedua Anda. Berikut deretan kata terimakasih dalam berbagai bahasa :

Saya belum bisa berbicara bahasa Anda dengan baik

Ketika Anda memberitahu lawan bicara Anda bahwa Anda masih belum bisa berbicara bahasa mereka dengan baik, itu akan membantu komunikasi atau percakapan berlangsung dengan lancar. Penutur asli terkadang akan berbicara dengan tempo yang sangat cepat, membuat Anda kesulitan untuk memahami maksud mereka ketika Anda baru pemula memahami bahasa mereka maka dengan memberi tahu mereka, itu solusi yang tepat.

Baca artikel kami tentang stop saying very untuk memperbanyak kosakata Anda dalam bahasa kedua.

Maaf

Frasa dasar lainnya yang penting untuk diketahui adalah maaf. Mengapa tidak, bagaimana pun Anda harus menyadari bahwa terkadang Anda akan melakukan kesalahan dalam penggunaan bahasa kedua yang mungkin ada sedikit perbedaan penerimaan bagi para penutur asli. Kata maaf juga akan menghindarkan Anda dalam berbagai kesalahpahaman. Maaf dalam bahasa Arab adalah asif, bahasa Inggris yakni sorry, bahasa Spanyol yakni triste, bahasa Prancis yakni désolé, dan bahasa India yakni khed.

Tinggalkan pesan deretan kata maaf dalam berbagai bahasa di kolom komentar agar menjadi ilmu tambahan bagi pembaca lainnya.

Berapa harganya?

Agar liburan Anda juga tidak melebihi rencana pengeluaran keuangan Anda, selain bahasa, Anda juga perlu memahami nama dan kurs mata uang lokal. Beberapa contoh percakapan penawaran dalam berbagai bahasa :

  • Xin chau, Anh. Cai Nay bai nhieu Tien vay? Halo mas, berapa harganya ini? : bahasa Vietnam
  • Ani gi baht? Berapa harganya? : bahasa Thailand
  • i-gô ôl-ma ye-yo? (이거 얼마예요?) Ini berapa harganya ? : bahasa Korea Selatan, dll.

Saya butuh bantuan

Frasa ini jangan sampai terlewatkan. Frasa ini yang akan membantu Anda dalam situasi terdesak di negara orang, bagaimana pun Anda mungkin akan membutuhkan bantuan hanya untuk membaca nama toko kelontong di negara target Anda atau menanyakan alamat hotel mungkin saja.

Selamat tinggal

Akan ada masanya Anda harus meninggalkan percapakan terlebih dahulu, tidak etis jika Anda menghentikan percakapan tanpa adanya kalimat perpisahan. Tidak sopan Anda berlalu, berbalik badan tanpa salam perpisahan. Misalnya yang paling sederhana dalam bahasa Inggris : nice to meet you, and Good Bye (Senang bertemu denganmu dan selamat tinggal).

Hubungi ambulans/polisi

Mungkin juah lebih baik jika Anda mengetahui nomor telefon panggilan darurat di setiap negara, tapi mengetahui frasa tersebut dalam berbagai bahasa bukan suatu hal yang tidak penting. Sedia payung sebelum hujan, begitulah kata pepatah.

Bisakah Anda mengulanginya?

kannst du das bitte wiederholen” begini cara orang Jerman jika meminta ijin untuk lawan bicara mengulangi kalimat sebelumnya. Situasi ini sedikit banyak akan Anda alami ketika belajar langsung dengan melakukan percakapan bersama penutur asli.

Dimana toilet / kamar mandi?

Frasa ini juga tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Anda harus mengetahuinya agar tidak kebingungan saat situasi genting Anda harus ke kamar mandi di negara orang.

Angka 1-100

Meskipun matematika adalah bahasa Internasional dimana angka 2 tetap 2 di berbagai negara, tapi tiap negara akan menyebutnya berbeda sesuai dengan bahasa mereka masing-masing. Jangan sampai Anda tertukar menyebutkan vierzehn (14) ketika bermaksud mengatakan vierzig (40) dalam bahasa Jerman.

Bisakah Anda berbicara bahasa Inggris?

Ya, satu frasa terakhir yang akan membantu Anda sebagai pemula dalam penjelajahan bahasa yakni bisakah Anda bebricara bahasa Inggris. Frasa ini akan membantu Anda dalam situasi tertentu atau dalam percakapan yang lebih kompleks. Paling tidak Anda harus menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu.

Teori di atas tidak akan menjadi nyata jika Anda tidak memulai dari sekarang untuk belajar bahasa kedua. Bukan suatu kesia-siaan untuk menjadi bilingual. Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca Brainy !