085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Dari awal, kita semua adalah ahli bahasa. Bagaimana tidak, ketika bayi kita mendengar 600 kosanan kata dan 200 huruf vokal yang menyusun bahasa-bahasa dalam dunia kita. Namun, dalam perjalanannya di tahun pertama, otak kita mulai berspesialisasi, kita mulai peka akan suara yang paling sering kita dengar. Anak akan mengoceh dengan bahasa ibu mereka. Tanpa diragukan lagi, tahun-tahun pertama adalah waktu yang baik untuk anak belajar bahasa kita sendiri karena bila itu bukan menjadi keharusan maka akan sulit bagi anak kedepannya.

Yang mengejutkan dari ini semua, tenggat itu tidak selalu benar untuk pembelajaran bahasa asing. Karena bagaimana pun, mempelajari bahasa adalah hal yang dapat dipelajari tanpa batasan usia.

Ketika berbicara tentang bahasa ibu kita, sebenarnya kita adalah pembelajar seumur hidup. Salah satu studi pembelajaran bahasa terbesar yang pernah dilakukan baru-baru ini menyimpulkan bahwa dibutuhkan waktu hingga 30 tahun untuk menguasainya. Dan sepanjang hidup kita, kita menambahkan kata-kata, mempelajari ungkapan-ungkapan baru dan mengambil bahasa gaul baru; kita berkembang dengan bahasa yang kita gunakan sejak lahir, mengembangkan kemampuan yang lebih canggih dan bernuansa untuk mengekspresikan diri kita dalam prosesnya.

Dalam dunia yang semakin terhubung ini, kami juga didorong untuk mempelajari bahasa baru untuk berpartisipasi dalam diskusi global, mengkonsumsi media global, berdagang atau bekerja secara internasional, serta mengembangkan hubungan dan persahabatan yang melintasi batas. Tanpa mempelajari bahasa global seperti bahasa Inggris, misalnya, kita dapat merasa terasing dari dunia dalam arti yang paling harfiah.

Sangat umum untuk mendengar orang dewasa, bahkan yang masih muda, berkata bahwa mereka terlalu tua untuk belajar bahasa baru dan itu terlalu sulit bagi mereka. Dan banyak yang merasa ragu karena mereka malu untuk membuat kesalahan di depan orang lain. Tetapi apakah belajar bahasa baru benar-benar lebih sulit seiring bertambahnya usia?

Meskipun sebuah penelitian besar baru-baru ini yang dilakukan di MIT menyimpulkan bahwa aspek-aspek tertentu dari kefasihan harus dimulai di masa kanak-kanak , misalnya pemahaman yang sempurna tentang aturan khusus tata bahasa Inggris. Namun, nyatanya hanya ada sedikit bukti bahwa remaja dan orang dewasa kurang efektif dalam mempelajari bahasa daripada anak-anak yang lebih kecil, terutama jika tujuannya bukanlah kefasihan tingkat penutur asli.

Beberapa penelitian, termasuk penelitian tentang penutur bahasa Catalan-Spanyol dwibahasa yang belajar bahasa Inggris, bahkan telah menunjukkan bahwa orang dewasa belajar lebih cepat daripada anak-anak. Penelitian ekstensif juga menunjukkan bahwa orang dewasa, bahkan kalaupun mereka pemula, dapat membuat kemajuan pesat, terutama jika mereka belajar secara mendalam. Joshua Hartshorne, asisten profesor psikologi di Boston College dan penulis utama studi MIT, menegaskan hal ini, dengan alasan bahwa “Saya akan belajar di lingkungan yang mendalami karena membuat pembelajaran menjadi alami, perlu, berkelanjutan, dan menyenangkan.”

Ada keuntungan tambahan yang dimiliki pelajar dewasa: pendekatan terstruktur untuk belajar itu sendiri.

Para peneliti di Israel menduga bahwa partisipan yang lebih tua bisa jadi diuntungkan karena keterampilan yang muncul seiring dengan pendewasaan – misalnya, strategi pemecahan masalah yang lebih kompleks – dan pengalaman linguistik yang lebih banyak. Dengan kata lain, para pelajar yang lebih tua cenderung tahu lebih banyak tentang diri mereka sendiri dan dunia, dan bisa menggunakan pengetahuan ini untuk memproses informasi baru. Sedangkan anak-anak usia dini unggul dalam pembelajaran implisit: mendengarkan penutur asli dan meniru mereka. Tapi cara belajar ini membutuhkan banyak waktu bersama penutur asli.

Terlepas dari itu semua, seperti yang kita tahu bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar. Karena bagaimana pun, satu topik akan berbagai sudut pandang tergantung pemahaman dan kematangan usia. Makna bahasa sendiri contohnya, akan berbeda untuk dipahami anak kecil dengan orang dewasa yang telah mengalami perjalanan cukup jauh semasa hidupnya. Baca artikel menarik lainnya disini !

Salam baca Brainy !