Kemajuan teknologi memengaruhi banyak hal, termasuk dalam praktik penerjemahan. Ada banyak teknologi terbarukan ataupun alat terjemahan yang dapat Anda pilih. Bukan tentang terbatasnya alat atau mesin terjemahan yang tersedia, melainkan menemukan tools terjemahan atau alat terjemahan terbaik yang sesuai untuk tujuan spesifik adalah tantangannya. Sebelumnya banyak kami bahas tentang bagaimana perbedaan mesin terjemahan dibanding penerjemahan manusia profesional, ataupun apa saja teknologi terjemahan yang dapat membantu proses penerjemahan, kali ini kita akan fokus pada peningkatan kualitas dan produktivitas terjemahan.

Berikut Tool Terjemahan yang dapat meningkatkan kualitas dan produktivitas, ini akan sangat berguna bagi penerjemah.

Xbench

Permasalahan yang kerap kali muncul dalam menerjemahkan dokumen seperti inkonsitensi, kesalahan ejaan, kesalahan ketik, dan ini bisa saja sulit dan memakan waktu.

Xbench adalah perangkat lunak Quality Assurance (QA) gratis yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan dengan kebutuhan Anda dan menghasilkan terjemahan dengan editing hingga rapi. Menggunakan perangkat lunak ini, Anda menghemat waktu tanpa harus menemukan setiap kesalahan secara manual dan jelas kualitas Anda meningkat secara signifikan. Selain itu, perangkat lunak ini dapat dihubungkan dengan CAT Tool jika Anda membutuhkannya, SDL Trados misalnya. Menariknya, Xbench juga dapat membaca memori terjemahan. Xbench tersedia dalam beberapa versi, kami sarankan untuk mendapatkan versi yang lebih lama.

TermWiki Toolbar

Menggunakan glosarium dan kamus adalah kebiasaan seorang penerjemah, tetapi ketika harus memeriksa yang berbeda dalam satu proyek sepertinya akan memperlambat kita. TermWiki Toolbar memungkinkan Anda mencari istilah di lebih dari 150 industri dan 90 bahasa langsung dari peramban Anda. Dengan begitu, Anda dapat menerjemahkan secara akurat dan cepat. Selain menemukan istilah hanya dalam beberapa klik, Anda juga dapat berkontribusi di dalamnya. Cobalah perangkat lunak gratis ini dan lihat sendiri mengapa TermWiki Toolbar adalah salah satu alat terjemahan yang berharga bagi penerjemah untuk mengelola kebutuhan terminologi dan juga glosarium.

SmartCat

SmartCat adalah salah satu tools terjemahan berbasis browser terbaik untuk penerjemah. Dapat sangat berguna untuk ahli bahasa yang bekerja dalam tim, karena SmartCat memungkinkan Anda untuk bekerja kolaboratif. Setiap orang dalam tim dapat membuka dan mengedit proyek secara bersamaan, dan tugas dapat dibagi. Dengan cara ini, Anda dapat memuat glosarium dan TM Anda sebelum menerjemahkan, meminta rekan kerja mengedit pekerjaan Anda, menggunakan fitur pemeriksaan QA untuk memastikan kualitas akhir terbaik, dan memanfaatkan fungsi terjemahan mesin jika diinginkan. Hebatnya, SmartCat juga dapat menjadi wadah untuk Anda mempromosikan jasa terjemahan Anda dan mendapatkan klien.

TMX Editor

TMX Editor adalah aplikasi desktop yang dirancang untuk mengedit memori terjemahan dalam format .tmx. Dengan alat ini, Anda dapat memproses dan mengedit konten dari semua memori terjemahan Anda, menggabungkan atau membagi file, menghapus bagian duplikat, dll. Selain itu, TMX Editor dapat membantu Anda dalam gabungan bahasa apapun. Tool TMX Editor juga dapat mengimpor file .tmx ke CAT Tool biasa Anda. TMXEditor adalah teman terbaik untuk kita yang suka menggabungkan TM industri yang sama atau klien yang sama menjadi satu TM besar yang dapat diakses bersama dalam proyek sehingga menghemawat waktu dan lebih efisien.

PDFescape

PDFescape berfungsi untuk mengonversi PDF ke format yang dapat diedit, menggabungkan PDF, menyisipkan atau mengubah teks, menambahkan gambar, menyisipkan halaman baru, menandatangani formulir, dll. Selain itu, Anda dapat meningkatkan keamanan file Anda dengan menambahkan tanda tangan elektronik dan tanda air. Sekarang waktunya Anda mengucapkan selamat tinggal atas waktu yang Anda buang berjam-jam untuk menyalin format PDF ke editor teks!

Grammarly

Terkahir tapi bukan yang terakhir, siapa yang tidak asing lagi dengan alat satu ini, Grammarly. Grammarly bekerja dengan sangat baik untuk mengoreksi apa yang Anda tulis secara online, baik itu email, posting media sosial, terjemahan berbasis cloud, dll, dan juga merupakan sahabat terbaik bagi para penulis. Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan alat ini ke browser web Anda sebagai ekstensi. Di antara semua tool penerjemah yang tersedia secara online, Grammarly adalah salah satu yang paling komprehensif: Grammarly  dapat mendeteksi setiap kesalahan tata bahasa, sintaksis, tanda baca, gaya bahasa yang buruk, homonim, dan bahkan plagiarisme. Meskipun versi berbayar menyertakan lebih banyak fitur luar biasa, tapi versi gratisnya juga sangat berguna. Gunakan Grammarly untuk menghasilkan teks terjemahan tanpa cacat dan bekerja lebih efisien menggunakan asisten virtual!

Beberapa yang kami sebutkan hanya sebagian kecil dari perkembangan teknologi penerjemahan yang terus bermunculan. Harus kami katakan kembali bahwa mesin penerjemahan tidak akan pernah seutuhnya menggantikan penerjemah profesional. Bekerja sama dan kolaborasi aktif akan meningkatkan kinerja Anda.

Jika Anda membutuhkan jasa penerjemah terpecaya dan terjamin kualitasnya, Brainy Translation hadir terdepan membantu Anda. Dapatkan yang terbaik dari kami untuk Anda!

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!