2020 dan 2021 merupakan titik balik pasang surut terdahsyat yang sempat terjadi di berbagai sektor, termasuk penerjemah, dimana menghadapi pandemi Covid-19. Lantas bagaimana untuk tahun 2022? Tren apa yang dapat kita lihat bersama untuk industri terjemahan di tahun ini? Mari sekilas melihat bagaimana perkembangan dan perubahan yang mungkin terjadi pada sektor penerjemahan.

Dapat dikatakan, bidang terjemahan sejatinya tidak terpengaruh banyak dengan adanya pandemi, mengingat bisnis ini bergerak di bidang bahasa dan digital. Hanya saja kita semua tahu bahwa setidaknya ombak kecil perlu adanya adaptasi. Secara global, grafik penurunan memang ada tetapi juga tidak signifikan.

Industri layanan bahasa global melihat lebih dari satu dekade pertumbuhan tahun-ke-tahun berakhir pada tahun 2020, dengan nilai pasar antara $47,5 miliar dan $48,4 miliar (dibandingkan dengan $49,6 miliar pada tahun 2019).

Namun, dengan kemudian stabilnya industri dan dunia belajar saat menghadapi pandemi, lonjakan pertumbuhan terjadi pada tahun 2021, dengan nilai keseluruhan mencapai antara $51,6 miliar dan $52,9 miliar. Dan pertumbuhan lebih lanjut diharapkan pada tahun 2022, dengan perkiraan menempatkan nilai industri layanan bahasa global di angka $54,8 miliar dan $57,7 miliar.

Bagaimana ini bekerja dan apa saja tren yang akan terjadi dalam dunia penerjemahan, mari teruskan membaca.

Evolusi Terjemahan Mesin

Kita semua menyadari bahwa terjemahan mesin menjanjikan terjemahan yang lebih cepat dan hemat biaya dibanding dengan penerjemah profesional (manusia), tetapi kita juga harus menyadari bahwa terjemahan mesin kurang dalam segi kualitas.

Kendati demikian, perkembangan dalam kinerja Google Terjemahan sejak awal hingga saat ini memperlihatkan bahwa industri ini berkembang dan berani menjanjikan banyak hal. Jika di awal perkembangan, Google Translate lebih sering menampilkan terjemahan yang dinilai kurang masuk akal, saat ini peningkatan kualitas jelas adanya. Meski tidak sepenuhnya valid, namun Google Translate dapat diarahkan sebagai alat untuk membantu penerjemah bekerja lebih cepat dan lebih akurat.

Penerjemah Mesin Plus Penyunting Akhir (MTPE)

Layanan penerjemahan mesin plus penyunting akhir atau Machine Translation plus Post Editing (MTPE) adalah bukti nyata kolaborasi. Meski bukan hal yang baru, namun industri ini kian diminati secara global. Konsepnya adalah dengan mengambil terjemahan mesin yang kurang akurat untuk kemudian manusia berperan mengemasnya dalam standar yang diharapkan.

Collaboration Tools

Beberapa tahun terakhir, secara kilat banyak bisnis mengandalkan bekerja dari jarak jauh. Dan tentu saja, industri penerjemahan sudah lebih dulu melakukannya selama bertahun-tahun. Tahun 2022 ini dimungkinkan akan lebih banyak alat baru bermunculan dimana perusahaan teknologi akan menawarkan berbagai pengembangan alat untuk kerja jarak jauh. Melihat hal ini, industri penerjemahan perlu mengikuti perubahan. Industri penerjemahan tidak hanya melihatnya dari perspektif bahasa tetapi dari sudut pandang manajemen proyek dan layanan pelanggan. Dari perencanaan proyek yang lebih efisien hingga kolaborasi yang lebih cepat, kemungkinan besar ada banyak hal yang dapat ditingkatkan oleh collaboration pada tahun 2022 dan seterusnya.

Terjemahan Lisan

Microsoft Azure telah menjanjikan kemampuan untuk menghasilkan terjemahan dari lisan ke lisan dan terjemahan dari lisan ke teks dengan satu panggilan API, dan menjualnya sebagai layanan untuk penyedia aplikasi.

Perangkat lunak pengenalan suara telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Untuk industri penerjemahan, perkembangan itu telah memfasilitasi kemajuan penerjemahan lisan dan memanfaatkannya untuk membantu tugas profesional mereka.

Dan bagi Anda yang belum bergabung dalam industri ini, maka Anda harus mulai dari hari ini!

Terjemahan Bisnis

Tren lain untuk tahun 2022 adalah pertumbuhan permintaan untuk terjemahan bisnis. Pergeseran cara pasar membeli atau menjual produknya yang mengarah pada pasar online karena pandemi ini, para pelaku bisnis harus pintar beradaptasi. Bukan tidak mungkin untuk melebarkan bisnis secara global dengan perkembangan teknologi dan pergerasan pola pikir masyarakat dalam hal berbelanja dan berbisnis. Industri terjemahan dan pelokalan akan hadir untuk membantu mereka dengan pendekatan ini. Dari penerjemahan iklan dan materi pemasaran lainnya hingga penyediaan interpretasi online untuk panggilan video, industri layanan bahasa siap untuk melangkah dan mendukung bisnis secara dinamis mencapai tujuan bersama.

Pelokalan Media

Hebatnya, manusia sangat cepat beradaptasi. Bisa dilihat bersama dengan bagaimana pola baru yang dibentuk untuk menanggapi pandemi kemarin yang merubah banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari kita. Salah satunya di bidang konten audiovisual yang tidak menunjukkan penurunan untuk tahun 2022. Karena itu, tidak heran jika perusahaan semakin mencari cara untuk menggunakan format acara TV dan presentasi bergaya radio untuk terhubung dengan prospek baru pelanggan mereka yang sudah ada. Dengan banyak perusahaan sekarang berpikir global dalam hal tujuan bisnis mereka, kebutuhan untuk melokalkan konten kreatif mereka juga lebih besar.

Terjemahan Medis

Kondisi pandemi ini secara sederhana menggambarkan seberapa pentingnya terjemahan medis membantu dalam hal penanganan kesehatan. Dengan memadukan pengetahuan medis serta kemampuan bahasa dan linguistik, penerjemah medis membantu menerjemahkan banyak konten kesehatan agar dapat dijadikan bahan penelitian maupun kebutuhan lainnya.

E-Learning

Seperti yang saya sebutkan di atas, semua orang lebih banyak melakukan kegiatan online hari ini dan itupun terjadi di bidang pendidikan. E-learning adalah contohnya dimana orang-orang lebih banyak memanfaatkan waktu online untuk mempelajari keterampilan baru, baik untuk karir mereka maupun mengisi waktu di rumah saja karena pandemi. Industri layanan terjemahan tentu saja hadir untuk mendukung perusahaan-perusahaan yang ingin memperluas materi latiahn mereka menjangkau pasar baru secara global. Dan bersama kita melihat 2022 ada peningkatan dalam hal ini.

Dengan semua contoh di atas, dapat dilihat bersama bagaimana industri terjemahan seiring waktu juga terus mengalami perkembangan. Dalam arti lain bahwa industri ini menjanjikan keamanan karir untuk Anda. Maka sekaranglah saat yang tepat untuk Anda bergabung.

Jika Anda mencari jasa penerjemah terpercaya dan berkualitas, Brainy Translation hadir membantu Anda. Bekerja dengan penerjemah profesional, kami siap memberikan yang terbaik untuk Anda.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!