085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Anda seorang pelajar, mahasiswa, enterpreneur, atau yang lain? Apapun status Anda saat ini, memiliki kemampuan lebih dalam bahasa Inggris sangat diperlukan.

Anda akan ditempatkan berulang kali dalam situasi pertaruhan kemampuan bahasa Inggris Anda. Sebagai mahasiswa, di akhir masa kuliah Anda akan diminta untuk menulis abstrak jurnal Anda dalam bahasa Inggris. Dan untuk Anda yang akan melamar pekerjaan, akan lebih menarik jika resume atau CV Anda dituliskan dalam bahasa Inggris, bukan? Dan untuk para entrepreneur, tentu Anda bermimpi memperluas bisnis Anda ke kancah Internasional.   Ya, meskipun ini juga bukan hal yang mudah, paling tidak Anda bisa mulai mempelajarinya. Lantas, bagaimana cara menulis dalam bahasa Inggris yang baik? Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris.

Baca juga artikel kami tentang Deretan Frasa Penting Untuk Diketahui Dalam Bahasa Kedua Anda

Baca, baca, dan baca!

Umat muslim menyebutnya Iqra’

Membaca akan menambah kosakata Anda, menemukan pilihan kata yang menarik, frasa-frasa indah yang dapat Anda gunakan dalam tulisan Anda sendiri. Jangan merisaukan bacaan apa yang harus Anda baca. Gali semua informasi dari berbagai bacaan, baik novel, essai, berita, cerpen, artikel, ataupun blog teman Anda, selama itu baik dan menarik, bacalah !

Saran situs-situs bacaan bahasa Inggris untuk Anda :

Hindari kata very, so, there is, there are

Untuk mengembangkan tulisan bahasa Inggris Anda, hindari kata very, so, there is, there are. Terlihat sederhana, tapi secara tidak sengaja Anda akan merasa kesulitan untuk menghindari kata-kata itu. Faktanya, kata-kata itu tidak berguna. Bandingkan dua contoh di bawah ini :

  1. There is an exhibition at the hotel
  2. The hotel is holding an exhibiton

Tulisan yang baik adalah tulisan yang menggunakan bahasa yang ringkas dan jela agar mudah untuk dipahami. Dari dua contoh di atas, Anda akan memilih kalimat yang mana? Kalimat kedua dari susunan tata bahasa lebih baik dibanding kalimat pertama dan terdengar lebih ringkas sehingga mudah untuk dicerna. Contoh yang lain adalah penggunaan kata very dalam tulisan Anda. Mulai sekarang stop saying very! Gunakan kata sifat lain yang lebih menarik dan sesuai. Pemilihan kata yang seperti itu akan menandakan Anda orang yang dewasa dan professional, sangat berguna untuk penilaian penulisan Anda.

Gunakan Tesaurus

Setelah Anda mengurangi penggunaan kata-kata yang tidak berguna, sekarang saatnya Anda perhatikan Tesaurus. Ganti kata yang sering Anda gunakan dengan alternatif lain yang lebih menarik. Misalnya : Anda dapat mengganti kata cloth dengan fabric, mungkin kata decorate bisa Anda ganti dengan embelilish, atau improve diganti dengan enhance. Intinya, untuk menguasai tahapan ini, Anda perlu perbanyak pebendaharaan kata dalam bahasa Inggris.

Gunakan dan Perhatikan Kolokasi

Kolokasi gabungan dari beberapa kata yang terjadi secara otomatis dan teratur dalam suatu bahasa. Pikirkan kolokasi bahasa Inggris “heavy rain“. Secara tata bahasa, Anda bisa menggunakan “strong rain” – tapi kedengarannya aneh bagi telinga yang terbiasa. Mengenal kolokasi biasa membuat tulisan Anda terdengar lebih alami.

Untuk meningkatkan kesadaran Anda tentang kolokasi, mulailah dengan kata dasar, seperti make, do, get, break, tell dan teliti kolokasi terkait. Beberapa tipenya adalah:

  • Adverb + adjective (completely satisfied, widely available, bitterly disappointed)
  • Adjective + noun (strong coffee, heavy traffic, severe weather)
  • Verb + noun (commit suicide, do your homework, make amends)
  • Noun + noun (a surge of anger, liquor licence, panic attack)

Baca juga artikel kami tentang 5 Hal yang Kita Yakini Benar Tentang Grammar Ternyata Tidak Masuk Akal

Passive voice vs Active Voice

Untuk penulisan yang lebih jelas dan ringkas, terkadang akan lebih baik jika Anda gunakan kalimat aktif. Meskipun terkadang banyak godaan untuk menulis dalam kalimat pasif, Anda harus cermat dalam menentukan.

Terkhusus dalam penulisan akademik (kecuali sains) sebaiknya Anda menggunakan kalimat pasif. Sebaliknya, dalam ilmu social, sejarah psikologi, dan sejenisnya gunakan kalimat aktif.

Kenali Pembacamu

Yang penting untuk diperhatikan selanjutnya adalah Anda harus mengetahui untuk siapa tulisan itu. Akan berbeda ketika Anda menulis untuk memperbarui CV Anda dengan tulisan untuk tugas kuliah Anda. Perbedaannya terletak pada nada suara dan pilihan kata. Hal ini mudah dan banyak referensi yang bisa Anda manfaatkan. Kembali pada poin pertama, baca, maka Anda akan berkembang dengan cepat.

Libatkan Orang Lain

Sangat sulit untuk belajar sendiri – jadi beranilah dan mintalah masukan untuk tulisan Anda. Korektor yang baik adalah penutur asli bahasa Inggris dengan minat dalam menulis dan bahasa, atau penutur non-penutur asli dengan tingkat mahir. Setelah korektor Anda memeriksa pekerjaan Anda, terapkan saran mereka dan mintalah tinjauan akhir sebelum mengirimkan atau menerbitkan karya Anda.

Bukan hal yang tidak mungkin, 7 langkah itu akan membantu penulisan Anda. Jika dalam dokumen penting yang harus dituliskan dengan baik dan benar Anda bisa percayakan pada jasa penerjemah. Brainytranslation akan membantu Anda dengan para penerjemah professional. Baca artikel menarik lainnya disini !

Salam baca Brainy!