081-359-358-604 [email protected]

Penerjemah merupakan salah satu profesi yang paling menjanjikan dan selalu dibutuhkan, terutama jasa penerjemah bahasa Inggris. Dapat dikatakan, industri bahasa adalah salah satu industri yang mengalami pertumbuhan stabil. Oleh karenanya, permintaan akan jasa translate bahasa Inggris maupun profesi penerjemah juga akan terus meningkat. Berbagai sektor membutuhkan penerjemahan untuk meningkatkan pekerjaan maupun memperluas pasar secara global.

Seorang penerjemah memiliki pekerjaan yang cukup beragam, mulai dari jasa penerjemah bahasa Inggris, penerjemahan sektor bisnis, pendidikan medis, pemerintahan, dan yang lainnya. Berkat kemajuan teknologi, menjadi penerjemah kini bukan lagi sesuatu pekerjaan yang hanya dapat anda lakukan di sebuah perusahaan penerjemahan, kantor, atau usaha penerbit. Namun, seorang penerjemah memiliki fleksibilitas untuk memilih pekerjaan yang konsisten atau mendapat pekerjaan sampingan dengan menjadi penerjemah freelance.

Banyak perusahaan dan individu mempekerjakan penerjemah frelance untuk mengerjakan proyek tertentu, seperti menerjemahkan situs web mereka atau dokumen tertentu. Mari kita pahami bersama apa itu penerjemah frelance dan bagaimana untuk memulai karir tersebut? Hal ini dapat membantu Anda untuk memutuskan apakah akan berkomitmen untuk menjadikan penerjemah sebagai profesi penuh waktu.

Apa itu penerjemah frelance?

Penerjemah frelance adalah pekerja mandiri yang bertugas menerjemahkan materi tertulis dari satu bahasa ke bahasa lain. Para profesional ini sering memiliki klien di mana mereka membantu dengan proyek individu atau proyek yang sedang berlangsung. Penerjemah frelance atau juga dapat disebut penerjemah lepas dapat menemukan pekerjaan melalui agensi atau dengan mengirimkan proposal ke klien secara pribadi.

Freelance adalah suatu pekerjaan yang tidak terikat kontrak jangka panjang tetapi tetap memiliki ikatan kerja yang kuat. Dalam kontrak yang perusahaan atau klien berikan kepada seorang freelancer hanya berisikan waktu pengerjaan, projek yang harus pekerja kerjakan, serta biaya. Maka dari itu, penerjemah frelance adalah seorang penerjemah yang bekerja dengan tidak terikat kontrak. Melainkan atas kemauannya sendiri tetapi tetap dengan kaidah-kaidah pekerjaan yang sesuai.

Bagaimana peluang menjadi penerjemah frelance?

Dengan arus globalisasi yang tak terbendung, kebutuhan akan penerjemah profesional yang tidak hanya mahir dalam dua bahasa atau lebih semakin meningkat. Di era banyaknya bermunculan kecerdasan buatan (AI), keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi penerjemah ahli semakin kompleks. Hari ini, Anda perlu memperdalam pengetahuan dan keahlian Anda dalam bahasa dan bidang tertentu dari materi pelajaran, serta kompetensi antar budaya, penelitian, dan teknologi. Membuka jasa penerjemah bahasa Inggris memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

Penting untuk diperhatikan bahwa pasar penerjemahan saat ini terdiri dari beberapa segmen yang harus dilihat secara berbeda. Level pemula, misalnya, adalah pasar paling awal yang disebut sebagai pasar massal di mana setiap penerjemah baru harus bersaing dengan penerjemah pemula lainnya untuk mendapatkan nilai signifikan dari proyek yang ditawarkan dengan harga dasar. Segmen ini harus menjadi medan pertempuran pertama bagi penerjemah pemula atau calon penerjemah. Kebanyakan dari mereka adalah penerjemah frelance yang mencari peluang dengan cara yang menurut mereka lebih fleksibel dan dapat dilakukan saat melakukan bisnis lain.

Pada tahap selanjutnya, lingkungan perusahaan yang dinamis seperti jasa translate bahasa Inggris membutuhkan penerjemah yang lebih terampil dan cakap untuk menangani materi sensitif dan berharga yang memerlukan ketelitian. Mereka sering dihargai dengan tarif maksimum, tetapi dengan aturan yang lebih ketat untuk mencapai hasil akhir yang bebas dari kesalahan. Mahir dalam dua bahasa tidak cukup untuk menangani tugas-tugas khusus tersebut. Oleh karena itu, meningkatkan keterampilan sebagai penerjemah sangat penting untuk membantu penerjemah naik ke tingkat berikutnya yang lebih bermanfaat. Selain itu, proses tersebut juga penting bagi penerjemah frelance untuk bertahan di industri yang terus berkembang ini.

Cara Memulai Karir Menjadi Penerjemah Frelance

Kembangkan keterampilan Anda

Mengembangkan keterampilan Anda berarti berlatih sebanyak yang Anda bisa. Anda mungkin memilih bahasa tertentu terlebih dahulu. Penerjemah biasanya fasih dalam beberapa bahasa, jadi daripada mencoba mempelajari masing-masing bahasa, berfokus pada satu atau dua bahasa dapat membantu Anda menjadi ahli di bidang Anda. Jasa penerjemah bahasa Inggris adalah salah satu sektor yang paling banyak dicari pada industri ini. Anda juga dapat mempertimbangkan jenis tulisan apa yang ingin Anda kejar. Misalnya, beberapa penerjemah fokus pada novel sementara yang lain bekerja sebegai penerjemah medis.

Bangun Portofolio Anda

Setelah memahami keahlian yang dibutuhkan dalam industri penerjemahan, langkah selanjutnya adalah menguji kemampuan Anda secara keseluruhan dengan mencari pekerjaan frelance sebagai penerjemah. Anda harus fokus membangun portofolio Anda di masa-masa awal sebagai penerjemah frelance. Dapatkan banyak pengalaman untuk menerjemahkan atau sesekali bergabung pada agen penerjemah guna memahami apa yang diinginkan klien terhadap penerjemahan. Anda juga dapat bergabung dengan grup profesional, dan menawar di pasar penerjemahan.

Jelajahi pendidikan atau sertifikasi

Baik dengan pendidikan formal maupun nonformal, penerjemah harus terlatih dengan baik, termasuk jasa transalate bahasa Inggris. Banyak hal yang harus dipahami serta bagaimana cara mengatasi berbagai tantangan menjadi penerjemah. Walaupun pendidikan belum tentu menjamin seorang penerjemah yang berkualitas, namun dengan pendidikan setidaknya kita bisa membedakan mana yang hanya memiliki kemampuan bilingual dan mana yang benar-benar mendedikasikan waktunya untuk menjadi penerjemah yang baik dan profesional. Anda juga dapat menjelajahi sertifikasi untuk tugas menulis tertentu, seperti penulisan medis atau teknis, untuk menunjukkan keahlian Anda.

Bangun struktur profesional Anda

Menjadi penerjemah frelance berarti Anda harus bekerja sesuai jadwal dan target Anda sendiri. Meskipun sebagian besar waktu Anda bergantung pada penyelesaian proyek, menjadi pekerja frelance memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam membangun kerangka karier. Sangat penting bagi setiap freelancer untuk memiliki struktur seperti itu.

Struktur ini harus terdiri dari semua hal yang dapat mendukung atau mengontrol karir Anda saat ini dan masa depan. Manajemen proyek, jadwal, prioritas kerja, cuti, dan keuangan adalah beberapa hal penting yang harus digariskan oleh setiap freelancer jika tidak, mereka akan mudah lelah karena terlalu banyak bekerja, tidak memiliki tujuan, kehilangan motivasi, atau mengalami penyesalan di usia tua. Menjadi seorang freelancer yang sukses membutuhkan segala sesuatunya direncanakan dengan matang.

Bagaimanapun, jasa penerjemah bahasa Inggris merupakan salah satu peluang karir yang patut Anda kejar. Ada banyak jenis pekerjaan yang dapat Anda kerjakan dengan jasa translate bahasa Inggris tersebut. Jika Anda membutuhkan penerjemah ahli dalam hal ini, Brainy Translation merupakan jasa penerjemah bahasa Inggris yang juga membuka layanan bahasa lainnya untuk membantu Anda mengerjakan proyek penerjemahan dengan baik.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!