Industri penerjemahan, termasuk jasa translate bahasa Inggris, merupakan bisnis yang sangat kompetitif. Digitalisasi sedikit banyak juga memengaruhi perkembangan bisnis ini. Dengan hadirnya berbagai jenis tools dan mesin penerjemah yang banyak menawarkan kemudahan serta kepraktisan, jasa terjemah bahasa Inggris harus menemukan cara terbaiknya untuk mengembangan bisnis mereka.

Dalam memulai bisnis jasa translate bahasa Inggris, penting untuk memperhatikan tenaga ahli yang terlibat. Secara teoritis, setiap penerjemah atau pengusaha berbakat dapat menjadi kepala agen penerjemahan. Namun, dalam hal ini, Anda juga perlu mencari asisten ahli, seseorang yang dapat Anda percayai dan memiliki pendidikan khusus. Jika tidak, menemukan penerjemah profesional untuk jasa translate bahasa Inggris Anda, maka hampir tidak mungkin bisnis ini dilakukan. Bisnis jasa translate bahasa Inggris “direkomendasikan” bagi mereka yang memiliki pendidikan linguistik lebih tinggi.

Jika Anda sedang dan ingin memulai bisnis jasa translate bahasa Inggris, beberapa tips berikut dapat membantu mengembangkan bisnis Anda. Meskipun digitalisasi merupakan tantangan terbesar untuk bisnis ini di era sekarang, namun tak dapat dipungkiri bahwa industri penerjemahan terus berkembang. Dimana akses dunia yang kian terhubung memungkinkan terjadinya interaksi antar negara dan antar bahasa, sehingga kebutuhan akan penerjemah terus meningkat. Hal yang sama juga terjadi pada jasa terjemah bahasa Inggris, mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional sehingga banyak orang membutuhkannya. Berinvestasi terhadap bisnis jasa translate bahasa Inggris adalah solusi yang tepat hingga masa mendatang.

Kembangkan Bisnis Jasa translate bahasa Inggris

Setelah Anda menemukan rekan atau asisten ahli untuk memulai bisnis jasa translate bahasa Inggris, beberapa strategi pemasaran berikut penting untuk dilakukan. Misalnya;

1. Buatlah Website dan Blog yang Berkualitas

Hal pertama yang menjadi fokus adalah membangun interaksi online yang kuat. Seperti yang Anda ketahui, di era digital ini, orang biasanya mencari layanan terjemahan atau jasa translate bahasa Inggris secara online. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa orang dapat dengan mudah menemukan agensi penerjemahan Anda di Google.

Perlu diingat bahwa situs Anda bukan hanya wajah perusahaan Anda tetapi juga manajer penjualan Anda yang akan memperkenalkan pelanggan pada manfaat layanan Anda, menjawab pertanyaan mereka tentang harga, dan membagikan informasi yang berguna dan unik dari blog Anda. Pastikan situs web Anda  menghadirkan tampilan yang modern dan menarik, performa yang tinggi untuk smartphone maupun tablet, serta mencerminkan layanan dengan reputasi yang baik.

Selain itu, Anda juga perlu menjaga konten yang menarik dan berkualitas di situs Anda. Menarik klien melalui artikel bisnis yang menarik di blog Anda adalah strategi menghasilkan prospek yang efektif. Anda dapat menulis tentang layanan penerjemahan yang Anda tawarkan atau tren terbaru tentang industri ini.

Membuat daftar tip dan rekomendasi berguna untuk menerjemahkan berbagai bahasa juga merupakan ide bagus. Konten adalah raja untuk semua jenis bisnis. Terjemahan memainkan peran besar dalam pembuatan konten. Dengan cara ini, Anda dapat memperluas bisnis Anda.

2. Berikan Layanan Pelanggan yang Luar Biasa

Klien yang senang dengan layanan Anda kemungkinan besar akan merekomendasikan agensi Anda ke kontak mereka, sehingga menarik lebih banyak prospek untuk perusahaan Anda. Pastikan Anda membalas pertanyaan pelanggan dengan cepat, menawarkan jasa translate bahasa Inggris berkualitas tinggi, dan memberikan layanan pelanggan yang luar biasa selama proses interaksi. Ini akan membantu Anda dalam membangun kredibilitas dan meningkatkan reputasi Anda sebagai bisnis penerjemahan profesional dari riview pelanggan.

3. Buat dan Kirim Newsletter

Sebelum Anda mengirimkan penawaran dan berita ke audiens target Anda, Anda perlu membuat daftar email. Anda dapat menyiapkan formulir email di situs Anda yang dapat digunakan pengunjung untuk membagikan alamat email mereka sebagai imbalan untuk menerima newsletter atau penawaran khusus Anda.

Anda dapat mulai mengirim email ke semua orang dimilis Anda dan mendorong mereka untuk memesan jasa translate bahasa Inggris Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengelompokkan email Anda sesuai dengan minat pelanggan Anda. Cara lain untuk terlibat dengan audiens Anda melalui email adalah dengan mengirimkan buletin yang memberikan informasi berharga terkait industri atau produk Anda.

4. Fokus pada Promosi Situs Web SEO dan Google Profil Bisnis

Search Engine Optimization (SEO) adalah tentang membuat situs Anda menarik bagi Google. Dengan memasukkan kata kunci yang relevan dan frasa kunci di artikel blog, Anda dapat memudahkan orang menemukan agensi Anda di hasil pencarian.

Saat orang tertarik ke situs Anda untuk membaca konten blog Anda, banyak dari mereka akan mengklik ke halaman lain di situs Anda atau berlangganan ke blog Anda. Jika semuanya berjalan lancar, kemungkinan besar pengunjung situs Anda akan semakin mengenal agensi Anda dan cukup percaya pada Anda.

Di samping itu, ada juga Google Profil Bisnis, yakni platform untuk membuat halaman bisnis Anda dan mencantumkan nama, alamat, dan nomor telepon Anda. Saat Anda melakukan penelusuran lokal, seperti “layanan terjemahan di dekat saya”, orang akan melihat tiga profil bisnis yang cocok dari bisnis di bagian atas hasil penelusuran (di bawah Google Maps). Dan profil perusahaan Anda mungkin ada di antara mereka.

Ditambah lagi, Anda juga dapat mencoba Google Ads, sebuah program periklanan online yang dapat Anda gunakan untuk membuat iklan online dan memperluas target audiens (TA) bisnis jasa translate bahasa Inggris Anda.

5. Tawarkan Layanan Tambahan

Selain menerima jasa translate bahasa Inggris untuk dokumen, faktanya juru bahasa, intepreter konsekutif dan simultan juga banyak diminati. Umumnya, juru bahasa demikian diminta untuk menerjemahkan kuliah dan presentasi, serta menemani perwakilan asing dari perusahaan yang tertarik dengan komunikasi lintas bahasa dan lintas budaya. Tidak hanya berfokus pada jasa terjemah bahasa Inggris, perlu Anda kembangkan bisnis Anda pada beberapa layanan bahasa lainnya yang banyak peminat, seperti penerjemahan bahasa Jerman, penerjemahan bahasa Arab, serta penerjemahan bahasa Mandarin. Layanan sworn translation juga banyak dibutuhkan dalam berbagai situasi. Memberikan banyak alternatif penawaran demikian memudahkan pelanggan untuk menyesuaikan kebutuhan mereka.

Sebagai layanan tambahan, agensi penerjemahan juga dapat menawarkan layanan membuat ringkasan, abstrak, dan anotasi, hingga layanan pencetakan atas permintaan pelanggan, bahkan layanan fotokopi. Seorang wirausahawan yang giat akan selalu menemukan cara untuk menghasilkan uang.

6. Kembangkan Iklan Media Sosial

Semua pelanggan Anda menggunakan platform media sosial ini atau itu. Menyempurnakan pemasaran media sosial Anda akan membantu Anda dengan cepat menyebarkan berita tentang layanan Anda kepada pelanggan Anda. Penting juga untuk selalu terhubung dengan klien melalui berbagai situs media sosial seperti LinkedIn, Twitter, Instagram, dan Facebook. Berinteraksi dengan pengikut Anda dan tawarkan pembaruan rutin untuk menjaga bisnis Anda tetap di depan pikiran mereka.

Strategi pemasaran untuk jasa translate bahasa Inggris di atas adalah cara terbaik untuk hadir secara online dan offline kepada pelanggan. Ini memungkinkan Anda untuk terus terhubung dengan pengikut dan mereka terfokus pada layanan terjemah yang Anda tawarkan.

Dan kini, Brainy Translation merupakan jasa translate bahasa Inggris yang terus dan selalu mengembangkan bisnis terjemahan ini untuk meningkatkan kualitas dan layanan untuk Anda. Kami berusaha untuk meningkatkan kemampuan profesionalitas penerjemah secara internal dan mengembangkan bisnis secara eksternal. Kami memberikan layanan terjemah terbaik, mulai dari jasa translate bahasa Inggris pun berbagai bahasa lainnya, juru bahasa atau intepreter, serta penerjemahan tersumpah untuk mendukung proyek Anda. Bergabunglah dengan kami!

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!