081-359-358-604 [email protected]

20 Maret Tanggal 20 Maret besok merupakan Hari Bahasa Perancis, yakni hari bahasa Internasional yang diinisiasi oleh Departemen Informasi Publik PBB. Peringatan Hari Bahasa Perancis atau French Language Day sudah ditetapkan sejak tahun 2010 lalu oleh PBB sebagai wujud perayaan dan penghormatan terhadap keberagaman bahasa dan budaya yang ada di seluruh dunia. PBB memilih tanggal 20 Maret sebagai Hari Bahasa Perancis juga untuk memperingati ulang tahun Organisasi Internasional La Francophonie.

Salah satu tujuan lain adanya perayaan Hari Bahasa Prancis adalah PBB ingin memperkenalkan penggunaan bahasa Prancis sebagai salah satu dari enam bahasa resmi internasional PBB yang dipakai di seluruh dunia.

Bahasa Prancis kian menarik dengan dibuktikan jumlah penuturnya yang meningkat tiga kali lipat sejak enam puluh tahun yang lalu. Bahkan jika Anda tidak berbicara bahasa Prancis, ada banyak aspek budaya Prancis yang dapat dipelajari. Siapa yang menyangka, ketika kebanyakan orang memikirkan bahasa Prancis, mereka memikirkan Prancis, tetapi sebenarnya Afrika yang memiliki penutur bahasa Prancis paling banyak. Diperkirakan ada 120 juta orang Afrika dari 29 negara yang berbicara bahasa tersebut di samping bahasa asli mereka. Dan menariknya, meskipun bahasa Inggris menduduki urutan pertama sebagai bahasa resmi yang banyak digunakan oleh negara di dunia, lebih tepatnya di 63 negara, namun bahasa Prancis berhasil menduduki posisi berikutnya dengan menjadi bahasa resmi di 36 negara.

Sejarah Hari Bahasa Perancis

Bahasa Prancis berasal dari bahasa Latin Vulgar Kekaisaran Romawi. Prancis dikenal sebagai Gaul pada waktu itu dan mereka ditaklukkan oleh Romawi pada abad pertama dan kedua SM. Pada saat itu, mereka berbicara bahasa Gaul yang merupakan bahasa Celtic, tetapi digantikan oleh bahasa Latin dari Romawi. Pada abad kelima, suku-suku Jerman menginvasi Gaul dan mereka juga diromanisasi. Sebagai hasil dari pengaruh luar ini, bahasa Prancis modern berasal dari Celtic, Jermanik, tetapi lebih banyak dari bahasa Latin.

Bahasa Prancis Kuno digunakan pada abad kesembilan hingga ketiga belas dan berbeda dari bahasa Latin. Pada abad keempat belas dan keenam belas, bahasa Prancis Pertengahan digunakan dengan ekspresi dari bahasa Latin, Yunani, dan Italia. Sekelompok penyair Prancis yang dikenal sebagai Pléiade, menginspirasi Prancis untuk memperkuat bahasa dan sastra mereka.

Abad ketujuh belas menandai periode modern Prancis dan pada 1635, Kardinal Richelieu mendirikan Akademi Prancis. Tujuannya adalah untuk menjaga kesucian bahasa dan sastranya. Bahasa Prancis kemudian berkembang dari waktu ke waktu dengan gerakan artistik seperti romantisme dan realisme, tetapi secara umum, tetap setia pada periode ini.

Pada tahun 2010, Departemen Informasi Publik PBB meresmikan Hari Bahasa Prancis untuk merayakan multibahasa dan keragaman budaya. Hari itu juga digunakan untuk mempromosikan penggunaan yang sama dari enam bahasa resmi di seluruh PBB yaitu bahasa Arab, Cina, Inggris, Prancis, Rusia, dan Spanyol. 20 Maret juga dikenal sebagai Hari Internasional La Francophonie yang merayakan ulang tahun Badan Kerjasama Budaya dan Teknis (ACCT) yang dimulai 20 Maret 1970.

Fakta Menarik Seputar Bahasa Perancis

  • Bahasa yang diakui

Bahasa Prancis adalah salah satu dari enam bahasa resmi yang digunakan di PBB. Jumlah penutur Bahasa Prancis di seluruh dunia mencapai 220 juta orang. Dan juga merupakan bahasa resmi di 36 negara, dengan mayoritas penutur bahasa Prancis tinggal di Afrika.

  • Peringkat media sosial

Bahasa Prancis adalah bahasa paling umum keenam di internet.

  • Kesederhanaan

Salah satu bahasa termudah untuk dipelajari bagi penutur bahasa Inggris.

  • Pertumbuhan cepat

Bukanlah bahasa yang paling umum digunakan, tetapi Bahasa Prancis merupakan bahasa yang berkembang pesat.

  • Tersebar luas

Bahasa Prancis dituturkan di lima benua yang berbeda. Bahasa Prancis juga merupakan salah satu dari Bahasa Prancis dituturkan sebagai bahasa pertama di Prancis; Kanada (khususnya di provinsi Quebec, Ontario, dan New Brunswick, serta wilayah berbahasa Prancis lainnya); Belgia (Wallonia dan Wilayah Ibu Kota Brussel); Swiss barat (wilayah Romandia); bagian dari Luksemburg; bagian Amerika Serikat (negara bagian Louisiana, Maine, New Hampshire, dan Vermont); Monako; wilayah Lembah Aosta Italia dan berbagai komunitas di tempat lain.

Merayakan Hari Bahasa Perancis

Bahasa Prancis dikenal sebagai salah satu bahasa paling romantis. Mengapa Anda tidak mencoba mencari tahu sendiri? Mulailah dengan memoles keterampilan bahasa Prancis Anda atau, jika Anda tidak memilikinya, mengapa tidak mulai mempelajari bahasa romantis ini dari awal! Ada banyak sekali panduan belajar bahasa Prancis online untuk berlatih. Anda dapat menjadikan ini sebagai kegiatan kelompok dan menantang seorang teman untuk mencoba mempelajarinya juga dan melihat seberapa baik Anda berbicara satu sama lain.

Prancis juga dikenal dengan masakannya yang lezat. Cobalah memasak (dan menyebutkan) beberapa makanan yang paling terkenal. Ada soupe à l’oignon, cassoulet, chocolate souffle, dan banyak lagi! Jika Anda tidak suka memasak, Anda bisa pergi ke restoran Prancis otentik dan membagikan pengalaman Anda dengan postingan di media sosial untuk membuatnya lebih menarik.

Dan terakhir, Anda juga dapat bergabung dalam diskusi bahasa Prancis. PBB menyelenggarakan dialog di seluruh dunia sebagai bagian dari inisiatif UN75 mereka untuk mendengar dari berbagai kelompok tentang harapan, ketakutan, dan pengalaman mereka. Bergabunglah dalam diskusi dengan memberikan pendapat Anda, atau dengarkan suara lain untuk lebih memahami perspektif global!

Ada banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan untuk turut dalam perayaan Hari Bahasa Perancis, 20 Maret besok. Yang terpenting, jadikan pengalaman bahasa baru ini untuk menambah wawasan Anda! Jika Anda membutuhkan jasa penerjemah dalam  bahasa Perancis, maka Brainy Translation hadir untuk membantu Anda.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!