Di era globalisasi ini, memiliki kemampuan berbagai bahasa tentunya akan sangat bermanfaat. Dengan canggihnya teknologi, kini komunikasi semakin mudah. Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain dalam lintas budaya maupun lintas negara dengan mudah dan cepat. Untuk itu, hambatan bahasa harusnya bukan lagi masalah yang besar. Ada banyak ruang, media, sumber, dan tempat untuk Anda belajar banyak bahasa baru. Kendati demikian, untuk benar-benar dapat menilai kemampuan bahasa asing Anda, perlu adanya tes kecakapan bahasa. Tes semacam ini merupakan penilaian yang dapat terukur untuk menguji kemampuan bahasa Anda. Ujian kemahiran bahasa dirancang untuk menguji seberapa baik Anda dapat menggunakan bahasa tersebut. Ini tentang bagaimana situasi dan penggunaannya dalam dunia nyata.

Dalam hal ini, tentu saja ada banyak hal yang perlu Anda pelajari selain mampu berbicara, membaca, menulis, maupun mendengarkan dalam bahasa tertentu. Anda harus mampu menggunakannya secara alami dan diterapkan dalam percakapan sehari-hari.

Apa yang Diujikan pada Tes Kecakapan Bahasa?

Jenis tes bahasa demikian berfokus pada empat bidang: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Saat Anda menggunakan bahasa setiap hari, Anda harus menggunakan semua keterampilan ini. Tes kecakapan bahasa dirancang untuk menguji seberapa kompeten Anda melakukannya.

Di hampir semua tes kefasihan bahasa, Anda akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk berbicara. Tes wawancara misalnya yang meminta Anda untuk melakukan percakapan dengan penguji atau orang ketiga yang juga diawasi penguji. Anda mungkin juga diminta untuk menonton video atau mendengarkan klip audio dan kemudian menjawab pertanyaan berdasarkan apa yang Anda dengarkan.

Tes bilingual lainnya menggabungkan keterampilan dengan cara yang berbeda. Anda mungkin, diminta untuk membaca sebuah artikel dan kemudian mendiskusikan isinya. Ini akan memungkinkan penguji untuk mempertimbangkan keterampilan berbicara Anda dan pemahaman Anda tentang detail yang telah Anda baca.

Biasanya, tes kecakapan bahasa ini diperlukan dalam beberapa kepentingan. Diantaranya;

  1. Syarat dalam ketenagakerjaan
  2. Belajar di luar negeri
  3. Tes spesialis
  4. Ataupun peraturan pemerintah dalam bidang pendidikan.

Tes Kecakapan Bahasa Yang Harus Anda Ketahui

Ada begitu banyak tes kecakapan bahasa di luar sana, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Berikut 7 bahasa terbaik yang dapat dipelajari untuk memudahkan Anda dalam klasifikasi. Sebelum itu, perlu dicatat bahwa European Language Certificates (TELC) tersedia untuk mencakup sepuluh bahasa: Inggris, Jerman, Turki, Spanyol, Prancis, Italia, Portugis, Rusia, Polandia dan bahasa Arab. Beberapa tes kecakapan bahasa lainnya meliputi;

TOEFL

Salah satu tes kecakapan bahasa Inggris standar yang paling diminati adalah Test of English as a Foreign Language (TOEFL) yang digunakan di seluruh dunia dan disukai terutama oleh institusi akademik, serta banyak badan profesional.

IELTS

Tes bahasa Inggris utama lainnya adalah International English Language Testing System (IELTS), yang satu-satunya tes disetujui untuk digunakan oleh layanan Visa dan Imigrasi Inggris.

DSD

Deutsches Sprachdiplom Stufe I and II (DSD) dirancang untuk menguji kemampuan linguistik mereka yang berbicara bahasa Jerman sebagai bahasa asing. Digunakan utama di sekolah-sekolah.

DSH

Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang (DSH) adalah tes penilaian bahasa yang digunakan oleh universitas-universitas Jerman untuk menguji kemampuan siswa dalam memahami bahasa yang akan digunakan di kelas mereka.

TEF

Test d’valuation du Français (TEF) digunakan oleh berbagai institusi, termasuk banyak universitas dan Pemerintah Federal Kanada untuk menguji kelancaran berbahasa Prancis sebagai bagian dari prosedur imigrasinya.

TCF

Test de Connaissance du Français (TCF) digunakan di Prancis dan Kanada oleh pelamar kerja dan untuk tujuan pendidikan, serta untuk proses imigrasi di Québec.

DELE

Diplomas de Español como Lengua Extranjera (DELE) digunakan oleh lebih dari 100 negara untuk mengakui kemahiran berbahasa Spanyol penutur. Sertifikasi kefasihan berbahasa Spanyol ini digunakan oleh sekolah dan universitas di seluruh dunia berbahasa Spanyol.

SIELE

Servicio Internacional de Evaluación de la Lengua Espaola (SIELE) adalah tes kecakapan bahasa Spanyol resmi yang menilai tingkat kemampuan individu untuk tujuan akademis dan profesional

HSK

Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) adalah tes penilaian bahasa standar untuk pelajar Bahasa Mandarin Standar. Dikelola oleh Hanban yang dapat digunakan baik di lingkungan akademis dan perusahaan.

TOPIK

Test of Proficiency in Korean (TOPIK) tersedia untuk diikuti oleh non-native speaker guns membuktikan kemampuan bahasa Korea mereka. Ini digunakan oleh universitas dan perusahaan.

JLPT

Tes Kecakapan Bahasa Jepang (JLPT) adalah tes bahasa asing lima tingkat yang diadakan dua kali setiap tahun di Jepang dan sekali di tempat lain. Ini menilai pengetahuan bahasa dan kemampuan membaca dan mendengarkan.

Dan tentu saja, masih banyak bahasa lainnya yang dapat Anda pelajari. Belajar bahasa asing tidak hanya memberikan Anda pengetahuan tentang bahasa baru, melainkan juga membuka pengalaman dan wawasan budaya lebih luas. Bahasa dan budaya adalah dua hal yang tidak bisa dibedakan.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!