Saat kita ngomongin tentang Bahasa orang tiongkok maka hal yang terbesit dalam pikiran kita adalah Bahasa Mandarin, bukan? Memang benar Bahasa Mandarin adalah Bahasa yang paling umum digunakan di Tiongkok. Namun perlu kita ketahui Bahwa ternyata ada Bahasa lain yang juga di gunakan di Tiongkok. Salah satunya adalah Bahasa Kanton ini, Bahasa Kanton merupakan salah satu dialek Bahasa Tionghoa yue yang banyak di tuturkan di Guangdong, dan di sekitar Tiongkok selatan, Hong kong, Makau.

 Bahasa Kanton merupakan Bahasa perdagangan kebanyakan orang orang Tionghoa yang tingal di luar negri. Bahasa ini memiliki kurang lebih 70 juta penutur di seluruh dunia. Dan di kesempatan kali  ini kita akan membahas beberapa fakta unik terkait Bahasa kanton.

Bahasa kanton mempertahankan banyak aspek Tiongkok kuno.

Berbeda dengan kebanyakan ragam Bahasa Tionghoa lainnya, Bahasa Kanton Masih memiliki kekhasan linguistik yang berasal dari Tiongkok kuno. Saat kita perhatikan,  bunyi konsonan akhir yang populer dalam bahasa lama ternyata masih bisa kita jumpai di sebagian besar dialek Bahasa Kanton. Dan ternyata Bahasa ini juga memiliki bunyi konsonan yang jauh lebih sedikit di awal kata di bandingkan jenis Bahasa Cina modern lainnya.

Bahasa kanton terlihat mirip dengan Bahasa Mandarin tapi bunyinya sangat berbeda

Karena tidak semua penutur Bahasa Kanton benar benar paham dengan banyaknya variasi kosa kata Bahasa Kanton. Akhirnya mereka menyederhakannnya, ini lah yag membuat Bahasa Kanton terlihat mirip dengan Bahasa Mandarin saat di ucapkan. Namun akan tetap berbeda apabila di tulis. Kesulitan penulisan ini muncul karna pada faktanya sebagian besar Bahasa Kanton adalah Bahasa lisan.

Di luar negri Bahasa Kanton lebih banyak di gunakan

Meski di daratan Tiongkok Bahasa Mandarin adalah Bahasa Standart yang paling banyak digunakan. Namun sebagian besar orang Tionghoa yang tinggal di luar negeri terutama di bagian selatan lebih banyak menggunakan Bahasa kanton. Salah satunya bisa kita lihat dibagian Eropa dan Amerika.

Bahasa Kanton sering digunakan sebagai lingua franca di Tiongkok.

Di beberapa bagian Tiongkok khususnya tenggara, presentase penggunaan Bahasa Kanton cukup di bilang tinggi. Hal inilah yang menyebakan Bahasa Kanton di gunakan sebagai lingua franca di antara penutur ragam Bahasa Tionghoa lainnya. Bahasa ini di gunakan di wilayah Guangdong yang dimana merupakan provinsi terpadat di Tingkok pada tahun 2005. Sejak tahun 1989 Bahasa ini juga memiliki PDB tertinggi di antara semua Provinsi di Tiongkok daratan.

Bahasa Kanton lebih Bernada dari pada Bahasa Mandarin.

Sudah tidak asing lagi dikalangan kita bahwa ragam Bahasa cina identik dengan nadanya, mungkin yang selama ini kita tahu  hanyalah 5 nada(4 nada utama dan 1 nada netral). Namun ternyata beberapa ada yang memiliki nada yang lebih banyak dari pada yang lainnya,salah satunya Bahasa Kanton ini.

Bahasa Kanton memiliki 6 nada yang terdiri dari datar gelap (陰平), gelap terbit (陰上), gelap berangkat (陰去), datar terang (陽平), terbit terang (陽上), dan berangkat terang (陽去). Secara historisnya benernya Bahasa Kanton dianggap memiliki total 9 nada, namun secara fonetis dihitung 6 nada.

Bahasa kanton memiliki pengaruh sejarah yang lebih besar di Tiongkok

Bahasa Kanton di sebut juga “Tionghoa Tradisional” itu karna Bahasa kanton adalah bahasa kuno dengan sejarah yang kaya selama 2000 tahun. Meskipun Bahasa Mandarin dianggap ragam Bahasa standart, namun Bahasa Kanton tetap menjadi salah satu ragam bahasa tionghoa yang paling berpengaruh.

Nah gimana? unik bukan Bahasa kanton ini, adakah dari kalian yang ingin mempelajarinya?.

Nah selain berbagi hal unik nan menarik kami Brainy Translation juga menyediakan jasa penerjemahan Bahasa Mandarin, kami siap membantu kalian menerjemahkan dokumen dokumen kalian baik dari atau ke Bahasa Mandarin, cek website kami untuk dapatkan penawaran terbaik.

Baca artikel menarik lainnya di sini.

Salam baca, Brainy!