081-359-358-604 [email protected]

Setelah sebelumnya kami membahas definisi penerjemah dan pelokalan, lebih lanjut kami akan menjelaskan bagaimana peran penerjemah terutama pelokalan membantu pasar global.

Pelokalan, baik aplikasi atau situs web, kini menjadi trend diantara praktik penerjemah lainnya. Mengingat perkembangan dunia digital yang memaksa setiap individu untuk terus mengimbangi dan mengikutinya.  

Pelokalan adalah proses penerjemahan yang lebih terspesialisasi dengan mengadaptasi isi konten atau aplikasi menjadi konsumsi lokal yang telah disesuaikan dengan minat target pelanggan untuk menarik perhatian. Pelokalan cenderung digunakan untuk kepentingan pemasaran produk, memperbesar peluang dan memperluas penggunaan. Pada umumnya, pelokalan digunakan untuk kebutuhan aplikasi atau website. Namun, kini merabah ke segala konten pemasaran yang menuju pasar global.

Berdasar data yang diperoleh, didapatkan lebih dari 4 miliar pengguna internet di seluruh dunia setiap harinya. Namun, diantara jumlah yang tidak sedikit itu, kebanyakan dari mereka tidak mencari sumber dalam bahasa selain bahasa ibu mereka. Masyarakat Eropa misalnya, 90% dari mereka mencari penulusuran di internet menggunakan bahasa ibu mereka, dan sekitar 42% tidak berkeinginan membeli produk yang dipasarkan jika tidak dalam bahasa mereka. Data global menyebutkan, sekitar 72% pelanggan lebih cenderung membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan menggunakan bahasa ibu, dan bahkan beberapa lebih fokus pada bahasa dibanding harga. Dengan peningkatan jumlah masyarakat dunia yang menggunakan internet, sayangnya sekitar 54% konten yang tersedia berbahasa Inggris. Maka dari itu, jika Anda adalah pemilik perusahaan yang sedang ingin melebarkan sayap perusahaan ke pasar global, sepertinya pelokalan akan menjadi satu kunci penting untuk Anda fokuskan di awal pemasaran.

Tidak dapat dipungkiri, pemasaran menggunakan bahasa ibu akan mendekati konsumen dari segi emosional. Lebih dekat dan lebih menarik perhatian. Apa yang dibaca menggunakan bahasa asing cenderung akan menghilangkan sedikit sentuhan emosi yang ingin disampaikan, dan otak lebih cenderung mencerna kalimat tersebut secara rasional.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan pelokalan aplikasi maupun situs web?

Selain menggunakan bahasa yang sama dengan target pasar, pelokalan juga memerlukan beberapa poin penting. Yang pertama adalah membuat suatu Call to Action (CTA) yang menentukan apa yang akan pengguna lakukan saat berada di website Anda misalnya. Penting untuk Anda juga memerhatikan layout atau desain produk Anda. Gunakanlah warna, mode, dan simbol yang mudah target pahami. Anda juga perlu memperhatikan User Research, hal ini dapat dijadikan pengalaman yang berbeda oleh pengguna saat mengunjungi atau menggunakan aplikasi dan website Anda. Prosesnya mungkin membutuhkan waktu lebih lama, namun sekali lagi kami ingatkan bahwa mendekati pasar global memerlukan pendekatan pelokalan.

Anda juga dapat menggunakan Google Analytic untuk melihat darimana saja pengunjung situs Anda serta melacak kunjungan situs actual dan lama waktu pengunjung saat berada dalam situs Anda. Dari poin ini, Anda akan memahami apa yang lebih banyak dilihat oleh pasar dan kemudian Anda dapat mengembangkannya. Lebih jauh, perhatikan competitor pasar Anda, apakah mereka juga telah berhasil menembus pasar dunia atau Anda masih memegang posisi itu. Bagaimanapun harus ada pembaharuan di setiap langkah bisnis Anda dengan melihat perubahan di sekitar Anda, maka selanjutnya Anda dapat melihat lebih banyak dari apa yang lainnya.

Setelah semuanya, Anda mungkin kini memahami bahwa profesi penerjemah mencakup banyak hal di sekitar kita. Profesi ini tidak hanya menuntut seorang penerjemah yang terampil dalam berbagai bahasa tapi juga mereka yang melek budaya dan perubahan dunia. Dengan terus mengikuti perkembangan, Anda akan temukan diri Anda lebih berharga di masa depan.

Jika Anda sedang mencari jasa penerjemah atau kebutuhan pelokalan untuk proyek penting Anda, Brainy Translation hadir memberikan yang terbaik untuk Anda. Dengan penerjemah professional, kami akan memberikan hasil yang memuaskan untuk setiap kebutuhan dan keinginan Anda. Hubungi kami sekarang dan lihat apa yang dapat kami berikan!

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca Brainy!

WhatsApp Order, Hub Kami 081359358604 (24 Hour)