085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Setiap pekerja tentu sangat menantikan akhir pekan, terutama mereka para pekerja kantoran. Akhir pekan menjadi momentum penting bagi mereka untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat melakukan banyak hal santai bersama menghabiskan waktu luang. Namun, untuk sebagian penerjemah lepas, Senin hingga Minggu tidak ada bedanya. Bahkan mereka dapat saja bekerja di akhir pekan untuk menyelesaikan deadline pekerjaan terjemahan.

Seperti yang kita ketahui, praktik penerjemah kini kian dibutuhkan dalam banyak sektor terutama bisnis yang ingin mencapai pasar global. Untuk itu, menjadi penerjemah adalah profesi yang menjamin untuk beberapa tahun ke depan. Menariknya, hampir semua dari penerjemah merasa puas dengan gaji yang mereka dapatkan. Jika Anda tidak ingin bergabung di kantor penerjemah,mengapa tidak mencoba berkarir sebagai penerjemah lepas? Berikut langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan karir Anda sebagai penerjemah lepas.

Persiapan dasar memulai karir sebagai penerjemah lepas

Tentu, syarat utama untuk menjadi penerjemah adalah memiliki keterampilan bahasa. Tidak hanya itu, penerjemah juga dituntut untuk memiliki keterampilan menulis agar dapat menyampaikan terjemahan dengan bahasa lugas yang dapat nyaman dibaca tanpa meninggalkan informasi penting dalam bahasa sumber. Mengulas lebih dalam, banyak keterampilan tambahan yang perlu dikuasai oleh seorang penerjemah, seperti kemampuan riset dan penelitian, pengetahuan budaya, serta membaca dan menulis dalam banyak sudut pandang. Setelah itu, langkah awal yang dapat Anda lakukan sebagai penerjemah lepas adalah membuat personal branding bagi karir yang Anda tawarkan dengan membuat CV yang menarik, membuat akun email dengan alat email profesional, dan kemudian mengirimkannya ke sejumlah agensi penerjemah atau perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah. Selanjutnya adalah membangun hubungan dalam karir Anda dengan bergabung dalam organisasi profesi seperti Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) dan mendaftakan diri Anda di situs penyedia pekerjaan penerjemah seperti ProZ dan Translators Cafe, buatlah profil Anda semenarik mungkin. Dan yang terakhir kembangkan karir Anda melalui aktif dalam banyak diskusi mengenai penerjemah, mencari mentor yang telah berpengalaman bertahun-tahun untuk membimbing Anda dan membukakan jalan dalam dunia ini, kemudian asah kemampuan menerjemahkan Anda secara rutin. Seperti yang banyak petuah sampaikan, latihan akan menjadikannya sempurna. Begitu pun yang terjadi dalam penerjemahan. Jangan lupa, promosi adalah faktor penting untuk mengenalkan jasa terjemahan yang Anda tawarkan. Anda dapat mengoptimalkan jejaring online ataupun mulut ke mulut dari para rekan penerjemah lainnya.

Alat pendukung untuk karir Anda sebagai penerjemah: Situs Terjemahan hingga Teknologi Penerjemah

Setelah Anda membangun pasar untuk karir Anda, penerjemah merupakan salah satu profesi yang menuntut Anda untuk belajar di setiap harinya meski sudah tergolong profesional dalam bidangnya. Dalam hal kemajuan teknologi, hal itu juga berperan besar untuk membantu Anda dalam profesi ini. Banyak alat pendukung online yang dapat membantu peran Anda, tapi ingat mereka dalam batasan membantu tidak untuk menggantikan peran penerjemah secara keseluruhan.

Berikut situs terjemahan yang dapat Anda akses untuk membantu Anda bekerja:

  • Google Translate
  • Bing Translator
  • Yandex Translate
  • Translate.com
  • Sederet
  • BabelXL
  • DeepL Translator, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu, sebagai penerjemah Anda juga harus mengenal beberapa teknologi penerjemah online yang Anda butuhkan dalam mendukung profesi ini seperti SDL Trados Studio, MATECAT, Linguee, WordFast Pro, The Free Dictionary, Translators Cafe, OmegaT, dll. Dan bagaimanapun canggihnya, teknologi penerjemah belum mampu menggantikan peran penerjemah secara utuh seperti yang kami singgung di atas. Hal itu karena pada dasarnya teknologi penerjemah hanya dapat menyentuh tugas penerjemah dalam menerjemahkan kata, belum pada mentransfer makna dari bahasa sumber ke bahasa sasaran. Dalam tugas ini, penerjemah tidak hanya mengandalkan keterampilan bahasa, melainkan keterampilan tambahan lainnya.

Mengetahui ini semua, menentukan jasa penerjemah terbaik membutuhkan keputusan bijaksana. Untuk itu, Brainy Translation hadir membantu Anda jika Anda sedang mencari jasa penerjemah profesional. Dengan kualitas dan pelayanan terbaik kami, Anda tidak akan merasa kecewa. Jangan khawatir, kami juga memberikan layanan revisi gratis hingga mencapai hasil terjemahan valid sesuai kebutuhan klien. Hubungi kami sekarang dan lihat hal baik apa yang akan Anda dapatkan!

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!