085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Teknologi penerjemahan kini kian berkembang, Sering kali dan mudah untuk Anda temukan teknologi penerjemahan maupun aplikasi penerjemah. Masih dalam lingkup yang sama, namun mari kita bahas satu dua hal yang menarik dari ini. Sebelum itu, apa yang Anda ketahui tentang teknologi penerjemahan? Seberapa banyak aplikasi penerjemah yang Anda gunakan? Kemungkinan besar, Google Translate merupakan satu yang paling banyak digunakan. Google Translate tidak hanya menambah pilihan bahasa, Google juga telah meningkatkan akurasi terjemahan sehingga cukup membantu proses terjemahan. Tidak hanya itu, Google juga mengembangkan aplikasi penerjemahan selain Google Translate, dengan menciptakan beberapa teknologi pengembangan yang selaras dalam membantu proses terjemahan, seperti Google Lens dan Google Terjemahan Hieroglif bahasa Mesir Kuno.

Google Lens adalah alat penerjemah yang dapat digunakan meski tanpa sambungan internet. Trobosan baru ini sungguh menakjubkan! Aplikasi yang masih dikembangakan untuk Android ini, dapat menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa target dengan pilihan bahasa yang tersedia. Pertama, Anda diwajibkan untuk mengunduh terlebih dahulu paket bahasa agar dapat menjalankan aplikasi ini secara offline. Caranya cukup mudah, masuk ke aplikasi, geser opsi ke “Translate”, pilih bahasa, kemudian arahkan kamera ke teks atau tulisan yang ingin diterjemahkan, tidak butuh waktu yang lama hasil terjemahan akan muncul dan Anda dapat menyalin semua hasil terjemahan tersebut.

Kemudian, tahun 2020 lalu, Google juga telah meluncurkan penerjemah hieroglif untuk bahasa Mesir Kuno. Alat penerjemah satu ini dinamakan Fabricius yang ditambahkan dalam laman Google Arts and Culture. Fabricius terdiri dari 3 bagian, diantaranya yaitu “Learn”, “Play”, dan “Work”. Setiap fitur memiliki fungsinya masing-masing. Learn digunakan untuk belajar sejarah dan studi hieroglif, Play yang digunakan untuk menerjemahkan kata-kata ke bentuk tulisan hieroglif terdekat, dan Work yang berfungsi untuk menerjemahkan simbol-simbol hieroglif. Kendati demikian, yang perlu diingat bahwa teknologi penerjemahan hanya berperan membantu, tidak untuk mengganti atau menggeser peranan penerjemah secara keseluruhan. Karena bagaimanapun, penerjemah tidak hanya mengalihkan bahasa dari bahasa sumber ke bahasa sasaran, mereka juga berupaya menyampaikan makna, berdasar budaya, informasi, dan gaya dalam bahasa sasaran.  

Fun Fact: Teknologi Penerjemahan Unik

Megafon Ajaib karya Jepang yang dapat Menerjemahkan Bahasa Asing

Bermula dari keresahan yang dialami pada waktu bencana banjir tahun 2014 silam, petugas bandara yang kesulitan memberikan instruksi ke penumpang warga asing atas kejadian yang sedang terjadi, maka dari itu perusahaan Panasonic mengembangkan megafon penerjemah satu ini. Cara kerja Megafon ini sangatlah menarik, megafon dapat mengulang pengumuman yang diutarakan petugas Jepang dalam 3 bahasa asing yang tersedia yakni bahasa Inggris, Mandarin, dan Korea.

Masker Wajah Pintar dengan Fitur Penerjemah Bahasa

Meski terbilang baru, yang menarik sebuah perubahan startup asal Jepang yakni Donut Robotics akan menciptakan masker wajah yang dilengkapi fitur penerjemah bahasa. Tidak hanya berfungsi sebagai kesehatan, masker ini dapat menerjemahkan bahasa dengan cara merekam pesan dan kemudian akan menyalinnya ke dalam pesan teks yang dikirim melalui Bluetooth dalam Sembilan pilihan bahasa, diantaranya bahasa Jepang, Inggris, Mandarin, Prancis, Korea, Thailand, Indonesia, Spanyol, dan Vietnam. Setiap C-Mask ini dibandrol dengan harga sekitar 40 dollar AS, bukan harga yang mahal jika dibandingkan dengan keuntungan dari alat canggih satu ini.

Bagaimanapun dunia berkembang dan teknologi terus terbarukan, proses terjemahan belum bisa sepenuhnya digantikan oleh alat atau mesin penerjemah. Karena seperti yang disebutkan sebelumnya, penerjemah bukan hanya berperan mengalihkan bahasa sumber ke bahasa target, melainkan juga dibutuhkan pemahaman budaya, riset yang mendetail, dan pengetahuan yang meluas agar mendapat padanan yang pas tanpa melebih-lebihkan pun mengurangi poin yang terkandung pada teks sumber. Salah satu jasa penerjemah professional yang siap menerjemahkan dokumen Anda atau kebutuhan interpreting adalah kami bersama Brainy Translation. Pelayanan dan kualitas yang tidak diragukan lagi. Hubungi kami sekarang dan lihat apa yang terbaik dari kami!

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca Brainy!