081-359-358-604 [email protected]

Tiongkok adalah negara tua yang telah membangun karakteristiknya sendri seiring berjalannya waktu, negara ini juga dikenal karena sejarah dan juga budayanya. Sama dengan negara lain, etiket Tiongkok juga telah menyerap inti budaya Tiongkok. Salah satunya dengan mempelajari cara menyapa orang lain dalam bahasa Mandarin, dengan cara ini kita bisa menjadi lebih akrab dengan budaya Tiongkok.

Salam menjadi salah satu hal pertama yang harus kita pelajari. Saat mempelajari Bahasa baru, itu yang nantinya akan menjadi kunci kesan bagi orang yang kita ajak berbicara.

Berikut sudah kami rangkum beberapa kata sapaan dalam Bahasa mandarin

1. Kata sapaan dalam waktu

  • Selamat pagi

早上好。(Zǎo shàng hǎo.)

早安。(Zǎo ān.)

早。(Zǎo.)

Meski semua memiliki arti yang sama yaitu “selamat pagi”,tapi mereka memiliki perbedaan di bagian 早 yang berarti”pagi”,yang merupakan cara paling mudah untuk mengucapkan selamat pagi kepada orang lain,

  • Selamat siang

中午好。(Zhōng wǔ hǎo.)

Sebenarnya  tidak banyak orang Tionghoa yang menggunakan sapaan seperti ini dan hal ini jarang di ucapkan dalam budaya Tiongkok .

  • Selamat malam

Selamat malam. 晚安。(Wǎn ān.)

Mimpi indah. 好梦。(Hǎo mèng.)

Sapaan “selamat malam” adalah ucapan yang sangat baik untuk di ucapkan oleh orang Tongkok khususnya para Remaja,mengapa begitu?,karna jika di tulis piyinnya,dan kita mengambil semua huruf kapital dari huruf- huruf tersebut, maka huruf-huruf tersebut mewakili: 我爱你,爱你(wǒ ài nǐ,ài nǐ , yang berarti “Aku cinta kamu, cinta kamu.”

2. Sapaan HALO dalam Bahasa Mandarin

  • Sapaan yang paling gampang

Halo. 你好。(nǐ hǎo)

Dalam bentuk sopan (Halo). 您好。(nín hǎo)

Halo semuanya. 大家好。(dà jiā hǎo )

您 merupakan cara sopan dalam mengatakan”kamu”, biasanya kepada orang yang lebih tua atau memiliki posisi senior, biasanya mereka menyapa seperti itu dengan berjabat tangan dan menundukkan kepalanya sedikit untuk menunjukan rasa hormat,etika dan Bahasa tubuh tiongkok sama pentingnya dengan kata kata yang di gunakan.

  • Memperkenalkan nama

Nama saya… 我的名字是… (wǒ de míng zì shì)

  • Cara mengucapkan “hai” dalam Bahasa Mandarin

Hai. 嗨。(hai)

Halo. 哈喽。(ha lo)

Hei. 嘿。(hēi)

Sapaan ini lebih sering digunakan di kalangan anak muda,karna pada aslinya itu hanyalah kata kata Bahasa inggris yang di terjemahkan ke dalam Bahasa Mandarin,jadi bukakan untuk cara formal untuk menyapa.

  • Mengucapan “halo” saat di telfon

喂?(wei)

Ini adalah kata khusus dalam Bahasa Mandarin untuk sapaan orang di telfon.

3. Cara unik mengucapkkan HALO dari budaya Tiongkok

Apa tadi kamu makan? 吃了吗?(chī le ma)

Kemana kamu pergi? 这是要去哪啊?(zhè shì yào qù nǎ a)

Dengan cara menyapa seperti ini dapat membuat orang Tiongkok merasakan kehangatan dan keramahan satu sama lain,itu karna mereka menyapa dengan sangat asli,mungkin sebagian orang akan bingung mengapa mereka menyapa seperti itu,tapi hal ini sudah biasa terjadi di budaya Tiongkok sejak dulu kala.

Pada zaman dahulu banyak buruh Tiongkok yang kesulitan mengurus diri mereka sendiri,maka dari itu orang sering memikirkan apakah mereka mendapat makanan yang cukup atau tidak,sehingga itu menjadi hal biasa untuk menyapa satu sama lain.

4. Sapaan untuk orang yang sudah lama tak jumpa

Terkadang kita bingung apa yang harus di ucapkan saat bertemu orang yang sudah lama tidak kita jumpai ,berikut adalah beberapa sapaan yang bisa kalian ucapkan saat bertemu dengan sesorang yang sudah lama tidak kalian temui.

  1. Bagaimana kabarmu akhir-akhir ini? 最近怎么样啊?(Zuì jìn zěn me yàng a?)
  2.  Lama tidak bertemu. 好久不见。(Hǎo jiǔ bú jiàn.)
  3.  Apakah ada sesuatu yang aneh terjadi akhir-akhir ini?最近有什么新鲜事吗?(Zuì jìn yǒu shén me xīn xiān shì ma?)
  4. Bagaimana kabarmu? 你好吗? (Nǐ hǎo ma)

5. Mengucapkan” sampai jumpa” dalam Bahasa mandarin

Selamat tinggal. 再见。(zài jiàn)

Sampai jumpa. 拜拜。(bái bái)

Sampai jumpa lagi. 待会见。(dāi huì jiàn)

再见 sebenarnya adalah cara paling umum untuk mengucapkan selamat tinggal,meski secara harfiah itu bermaksud “bertemu lagi,tapi saapan ini dapat di gunakan di segala kesempatan,seperti keluar pesta,meakhiri telfon,dan sebagainya,atau kalian juga bisa meggunakan 拜拜,yang di bentuk berdasarkan bunyi “bye-bye” dalam Bahasa inggris.

kebetulan banget nih temen temen selain suka berbagi berbagai informasi terkait Bahasa Mandarin kami Brainy Translation sebagai juga menyediakan jasa penerjemahan,kami siap membantu kalain dalam menerjemahkan berbagai dokumen baik dari atau ke bahasa mandarin.

Baca artikel menarik lainnya di sini

Salam baca, Brainy!