Di era dunia kian terhubug seperti saat ini, ada banyak keuntungan yang dapat kita rasakan dalam berbagai aspek. Misalnya, kemudahan untuk meningkatkan pengetahuan, memperluas lingkungan sosial, atau mungkin peningkatan bisnis. Maka dari itu, kita harus pintar memanfaatkan momentum demikian. Dalam hal bisnis, ada banyak dorongan untuk Anda membangun strategi bisnis dengan pemasaran global. Akan ada pasar yang lebih luas dan peningkatan penjualan jika Anda melakukan cara yang benar.
Strategi pemasaran global yang berkembang memberi tim Anda pedoman yang mereka butuhkan untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas, prospek, dan penjualan di mana pun mereka berada. Apakah organisasi Anda memiliki satu tim pemasaran global atau bekerja dengan beberapa pakar lokal yang lebih kecil untuk upaya pemasaran Anda, inilah yang harus Anda ketahui untuk membangun strategi pemasaran global yang sesuai untuk bisnis Anda.
Kenali Audiens Anda Secara Global
Anda perlu tahu mengapa produk atau layanan Anda penting bagi pelanggan Anda dan apa yang akan beresonansi dengan mereka. Bahkan saat Anda berekspansi ke beberapa pasar internasional, Anda harus tahu siapa yang membeli dari Anda dan mengapa Anda penting bagi mereka melalui riset pasar yang ekstensif.
Anda perlu mengetahui demografi audiens Anda di luar lokasi, usia, jenis kelamin, status hubungan, jabatan, dan bahasa mereka, yang merupakan informasi dasar yang penting untuk dimiliki saat Anda memikirkan audiens Anda. Meskipun audiens Anda di berbagai pasar tampaknya memiliki demografi dasar yang sama, pastikan untuk mengetahui perbedaan nuansa antar negara, wilayah, atau lokal.
Berpikir Lokal, Bertindak Global
Bagian penting dari setiap strategi pemasaran global adalah strategi pelokalan Anda. Pepatah klasik; “Berpikir lokal, bertindak global,” juga berlaku di sini. Bukan berita bahwa konsumen lebih memilih untuk melakukan perjalanan pembeli mereka dalam bahasa ibu mereka.
Tetapi lokalisasi melampaui tindakan penerjemahan. Pelokalan yang dilakukan dengan benar membuat konten Anda terasa seperti dibuat untuk audiens lokal Anda. Memahami nuansa setiap pasar hanyalah permulaan. Pemasaran global mungkin tampak rumit, tetapi ini adalah pertanyaan untuk mengulangi strategi lokal Anda di berbagai pasar sambil beradaptasi di sepanjang jalan untuk demografi, dan minat pasar Anda.
Baca juga; kesalahan umum dalam pelokalan.
Miliki Jargon Yang Penting
Bisakah Anda menjelaskan apa yang dilakukan bisnis Anda dalam satu kalimat? Tiga kata? Satu kata?
Bagaimana dalam berbagai bahasa?
Menciptakan merek yang solid membutuhkan kejelasan tujuan. Mengapa bisnis Anda ada, dan siapa yang Anda layani? Mengkonsolidasikan beberapa lini produk, layanan, dan audiens ke dalam satu tagline mungkin tampak mustahil, tetapi penting saat Anda memperluas secara global untuk menyaring nilai Anda menjadi satu ide universal.
Orang tidak membeli “apa” yang Anda lakukan, tetapi mereka membeli “mengapa” Anda melakukannya. Dan bagaimanapun, Anda harus membangun pengalaman pelanggan yang sama untuk tiap negara. Jargon yang mengerti, memahami, dan menarik untuk setiap individu di berbagai negara. Sulit memang, tapi Anda akan segera tahu hasilnya jika Anda melakukannya dengan benar.
Desainkan Pikiran Anda dengan Penerjemah Profesional
Kampanye pemasaran seringkali memiliki beberapa bagian yang bergerak, mulai dari memelihara email, TikTok hingga webinar dan banyak lagi. Konten pemasaran Anda mungkin tetap sama untuk setiap kampanye yang Anda jalankan sambil menyesuaikan aset merek Anda untuk pasar lokal.
Anda harus memahami bahwa setiap negara memiliki bahasanya sendiri, dan setiap bahasa tersebut merupakan identitas diri mereka. Beberapa mungkin terkesan hampir sama untuk beberapa wilayah, namun tak jarang juga ada perbedaan signifikan di hal-hal sederhana. Misalnya, menghindari simbol seperti jempol, yang merupakan tanda penerimaan dan berarti “Hebat!” di AS tetapi berarti sesuatu yang ofensif di beberapa bagian Timur Tengah.
Penerjemah profesional tidak hanya bekerja mengalihkan bahasa, mereka juga fokus dalam konten pelokalan dan bagaimana desain Anda dapat diterima dalam target pasar berbeda. Ada penyesuaian simbol, warna, tata letak, atau mungkin grafik agar apa yang ingin Anda sampaikan dapat tersampaikan dengan sempurna.
Seperti yang disebutkan sebelumnya, tujuan Anda adalah membangun pengalaman pelanggan yang sama baiknya secara global. Dan itu bukan pekerjaan yang mudah! Penerjemah akan mengatasi hambatan bahasa dan budaya untuk menembus komunikasi lintas negara.
Meskipun ada banyak terjemahan mesin yang menawarkan terjemahan dalam waktu singkat, praktis, dan tanpa biaya, Anda tidak bisa dengan mudah mempertaruhkan bisnis Anda. Untuk menyentuh hati manusia, Anda memerlukan pemahaman dari manusia. Penerjemah profesional akan bekerja mungkin untuk menghasilkan pelokalan yang akan mensukseskan bisnis Anda secara global.
Jika kebutuhan Anda adalah mendapatkan penerjemah profesional, Anda berada di tempat yang tepat. Brainy Translation merupakan layanan bahasa penerjemah yang menawarkan berbagai spesialisasi terjemahan yang dilakukan oleh seorang profesional. Kami bekerja dengan mereka yang berkualitas dan dapat dipercaya. Yang terbaik dari kami hanya untuk Anda!
Baca artikel menarik lainnya disini.
Salam baca, Brainy!