Pakaian juga termasuk pokok budaya yang dikenal selama berabad-abad. Khususnya orang-orang Tionghoa yang memiliki pakaian khas yang terbuat dengan bahan-bahan indah seperti sutra dan satin. Pakaian ini kaya akan sejarah dan telah menjadi bagian integral dari masyarakat Tiongkok itu sendiri. Di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang macam-macam pakaian tradisional Tionghoa yang unik dan khas.

HANFU

Hanfu adalah pakaian Khas dari Cina Han yang memiliki sejarah Panjang selama lebih dari tiga ribu tahun. Sejak jaman dahulu hanfu telah di asosiasikan dengan sutra. Praktek budidaya sutra diyakini di temukan oleh Permaisuri Kaisar Kuning Leizu, yang di hormati sebagai Dewi Serikultur.

Hanfu memiliki banyak ciri khas yang membedakannya dengan pakaian Tradisional Tionghoa lainnya, seperti lengan lebar, kerah tinggi, pakaian longgar dan laisan sulaman dan ornament yang cukup rumit. Berikut adalah beberapa gaya pakaian hanfu

l Quju (曲裾), pada Dinasti Han

l Jiaoling Ruqun (交领襦裙), pada dinasti Wei dan Jin

l Qixiong Ruqun (齐胸襦裙), di Dinasti Tang

l Qiyao Ruqun (齐腰襦裙), di Lima Dinasti

QIPAO

Qipao atau biasa di kenal Cheongsam ini merupakan pakaian yang pada saat itu di kenakan oleh perempuan perempuan yang mulai berpartisipasi dalam sistem Pendidikan pada akhir tahun 1910 an, dan pada saat itu dengan sangat cepat Pakaian ini menjadi pakaian adat Tradisional perempuan di pusat kota seperti Beijing dan Shanghai.

Qipao memiliki beberapa ciri khas seperti kerah Mandarin, kancing panko, bagian depan besar, pinggiran, lengan, serta Panjang dan belahan sampingan.

Selain itu juga Qipao memiliki beberapa gaya, diantaranya adalah:

Qipao gaya Beijing.

Qipao gaya Beijing menggambarkan keanggunan budaya Tiongkok melalui desainnya, Cheongsam yang berasal dari Beijing ini merupakan Pakaian yang bisa di bilang agak tradisional dan ortodoks. Dengan desainnya yang anggun membuat orang yang memakainya terlihat ringkas, cantik dan bermartabat.

Qipao gaya Shanghai.

Qipao gaya ini merupakan mode yang tersebar luas dan dominan, Cheongsam gaya ini juga menggambarkan pemikiran maju tentang pembebasan tubuh perempuan dari tahun 1930 -1940an. Hal ini juga mewujudkan modernitas dalam perjuangan kesehatan, mode dan daya Tarik fisik.

TANG ZHUANG (setelan Tang)

Tang Zhuang adalah tunik pendek dengan kombinasi kerah bulat dan tinggi serta diikat di bagian depan, pakaian Tang Zhuang ini merupakan gaya pakaian Tiongkok pada akhir Dinasti Qing, selain itu juga pakaian ini memiliki sedikit ekspor ke penjualan domestick pada Namanya.

SETELAN ZHONGSHAN

Zhongshan merupakan pakaian tunik Tiongkok yang berbentuk jas, fakta uniknya nama pakaian ini diambil dari pemimpin revolusi Sun Yat-sen (Sun Zhongshan), pakaiaan ini memiliki 4 saku, 5 kancing tengah besar di depan dan 3 kancing kecil di setiap lengan.

4 kantong melambangkan kebajikan yaitu sopan santun, integritas, ketulusan dan kesopanan.

5 tombol besar melambangakan cabang pemerintahan Tiongkok sebelumnya (Eksekutif, Legislatif, yudikatif, Pemeriksaan dan Kontrol) yang bertahan dalam pemerintahan Republik Tiongkok di Taiwan.

BENTUK DASAR PAKAIAN TRADISIONAL CINA

  • Pakaian 2 potong

Pakaian 2 potong adalah pakaian tradisional Tiongkok yang cukup popular. Pakaian ini terdiri dari pakaian atas dan bawah, biasanya terbuat dari kain sutra atau katun ringan dan mudah menyerap keringat. Selain itu juga pakaian ini memiliki kancing tersembunyi untuk menghububungkan ke2 bagaiannya.

  • Pakaian 1 potong

Ini adalah pakaian tunggal Panjang yang menutupi seluruh tubuh yang juga merupakan pakaian Tradisional Tionghoa.

WARNA KHAS PAKAIAN

Selain itu orang Tionghoa memiliki warna tertentu yang diasosiasikan dengan pakaian tradisional Tiongkok diantara adalah.

Merah: Yang di percaya membawa keberuntungan dan mengusir roh jahat.

Kuning: melambangkan kekuasaan dan kemakmuran.

Ungu: sering di pandang sebagai tanda martabat dan rasa hormat.

Dari sini kita bisa mengetahuai bahwa pakaian tradisional Tiongkok ternyata mencerminkan budaya yang berakar dalam sejarah Panjang penghormatan terhadap tradisi, keluarga dan alam, yang di mana itu ternyata mempengaruhi desain setiap pakaian, yang memberikan makna yang lebih dalam identifikasi tempat dalam budaya orang Tiongkok.

Selain memberikan fakta menarik tentang budaya orang Tionghoa. Kami Brainy Traslation juga menyediakan jasa penerjemah mandarin loh! Kami akan membantu kalian dalam menerjemahkan dokumen atau tugas-tugas kalian dari atau ke dalam Bahasa Mandarin, buruan cek website kami dan temukan penawaran menarik yang sesuai dengan kantong kalian.

Baca artikel menarik lainnya di sini.

Salam baca, Brainy!