Bahasa Inggris merupakan bagian dari keluarga bahasa Jermanik Barat, yang juga bermoyang sama dengan bahasa Jerman, Belanda, dan bahasa Skandinavia seperti Swedia, Norwegia, dan Denmark. Keluarga bahasa Jermanik Barat ini sendiri adalah bagian dari rumpun bahasa Indo-Eropa. Yang mencakup banyak bahasa di Eropa, Asia, dan sebagian besar Amerika.

Dalam perkembangannya Bahasa Inggris berkembang dalam beberapa periode, yang meliputi:

  1. Bahasa Inggris Kuno (sekitar 450-1100 M). Bahasa Inggris Kuno atau yang dikenal juga dengan nama bahasa Anglo-Saxon merupakan bahasa yang digunakan oleh orang-orang Anglo-Saxon. Yang mana mereka terlah bermigrasi ke Inggris dari Skandinavia dan Jerman pada abad ke-5 hingga ke-7.
  2. Bahasa Inggris Pertengahan (sekitar 1100-1500 M). Pada periode ini, bahasa Inggris mengalami banyak perubahan karena dipengaruhi oleh bahasa-bahasa seperti bahasa Norman dan bahasa Latin. Selama periode ini, bahasa Inggris juga mengalami banyak perubahan dari tata bahasa dan struktur vokal.
  3. Bahasa Inggris Modern (sekitar 1500 M-sekarang). Bahasa Inggris modern muncul pada abad ke-16 sebagai hasil dari percampuran antara bahasa Inggris Pertengahan dan bahasa-bahasa lain seperti bahasa Latin dan bahasa Yunani. Bahasa Inggris modern juga dipengaruhi oleh penjajahan Inggris di berbagai belahan dunia. Sehingga banyak terdapat variasi bahasa Inggris seperti bahasa Inggris Amerika, bahasa Inggris Australia, bahasa Inggris Kanada, dan lainnya.

Seiring dengan perkembangannya hingga sekarang, sudah tak terhitung banyaknya varian Bahasa Inggris yang tersebar diseluruh dunia. Sebagai contoh, kita jumpai Singlish di Singapura, Black English di sebagian wilayah di Amerika Serikat, atau bahkan di negara tetangga kita juga yang disebut dengan pidgin English yang banyak dipopulerkan di Papua Nugini. Keseluruhan varian Bahasa Inggris yang ada di dunia sekarang meliputi perbedaan dalam hal aksen dan dialek (sintaksis dan leksikon) yang diakibatkan oleh asimilasi dengan bahasa dan kebudayaan lokal.
Ada banyak hal menarik yang bisa kita ulik di kesempatan berikutnya berkenaan dengan perkembangan Bahasa Inggris beserta rinciannya. Kami Brainy Translation menyediakan jasa translate bahasa inggris sesuai dengan kebutuhan dan budgeting Anda.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!