Pernahkah Anda mendengar istilah Ghostwriter? Tentu saja, ini bukanlah sebuah istilah yang menggunakan penerjemahan harfiah; “penulis hantu”. Salah satu layanan bahasa yang paling banyak dicari selain industri pada jasa penerjemah, Ghostwriter adalah masa depan yang baik untuk Anda.

Ghostwriter merupakan sebuah profesi yang dapat dikatakan baru dan banyak dicari modern ini. Ghostwriter adalah sebutan bagi seseorang penulis yang dipekerjakan oleh perorangan maupun perusahaan untu membuat tulisan yang akan digunakan oleh pihak mereka, dan tanpa kredit atau hak cipta atas tulisan mereka. Dalam pekerjaannya, Ghostwriter akan bertugas menulis sebuah tulisan dengan timbal balik uang, atau juga dapat dikatakan sebagai pengarang untuk orang lain. Mungkin beberapa bertanya; mengapa seseorang mau mengambil karir seperti ini. Namun, Ghostwriter adalah sebuah pekerjaan yang memiliki keunikannya sendiri, keuntungan, dan sisi misterius yang banyak dicari.

Jika Anda adalah seorang Ghostwriter atau ingin menjadi Ghostwriter, tulisan ini akan sedikit banyak memberi pengetahuan tentang layanan bahasa menjadi Ghostwriter.

Mengapa Ghostwriting Banyak Dicari?

Ketika seseorang adalah pengarang untuk orang lain, itu berarti mereka menyalin pena untuk seseorang, dan mereka, sang penulis, tidak menerima kredit apa pun (secara publik) untuk pekerjaan yang telah mereka lakukan. Itu sebabnya disebut ghostwriting; penulis melakukan pekerjaan ini atas nama orang lain.

Ghostwriter ada di banyak industri. Mereka tidak hanya menulis fiksi. Ada juga Ghostwriter yang menulis untuk kebutuhan blog, pidato, fitur berita, e-book, fiksi, non- fiksi, dan daftarnya bisa terus bertambah.

Tapi, mengapa seseorang harus menjadi penulis untuk orang lain? Profesi Ghostwriter ini berperan penting bagi para author yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan pesan yang ingin disampaikan melalui kata-kata. Disini, Ghostwriter akan bekerja untuk mencerna dan memahami ide seseorang dan mencoba untuk menuangkannya dalam tulisan. Beberapa alasan lain mengapa seorang Ghostwriting  ini banyak dibutuhkan, adalah;

  • Pembatasan Waktu Beberapa orang memiliki banyak ide cemerlang, dan pemikiran mereka mengalir, tetapi mereka terjebak melakukan begitu banyak hal sehingga mereka tidak dapat menemukan waktu untuk menyelesaikan tulisan mereka. Dan layanan bahasa Ghostwriter akan bekerja dengan baik.
  • Tidak Memiliki Semangat Dalam Menulis Beberapa orang memiliki banyak hal yang dapat disampaikan atau bahkan ahli dalam bidangnya, namun mereka tidak menikmati proses menulis dan keseluruhan proses yang diperlukan. Itulah mengapa, Ghostwriter akan bekerja dengan baik.
  • Kurangnya Pemahaman akan Struktur Penulisan Lalu ada orang yang tidak bisa menulis untuk orang banyak dan membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaannya dalam menulis.

Meskipun dalam praktiknya Ghostwriter tidak mendapatkan kredit sebagaimana yang seharusnya diperoleh untuk tulisannya, namun seringkali nama mereka dicantumkan dnegan tulisan “as told to –“ yang ditujukan bagi Ghostwriter terkenal dan sudah memiliki reputasi baik di kalangan penulis.

Tips Untuk Ghostwriting Handal

Sebagai penulis untuk orang lain, proses setiap orang mungkin sedikit berbeda, tetapi berikut adalah beberapa tips atau kiat yang dapat digunakan untuk membantu memperlancar proses dan menyelesaikan pekerjaan Anda sebagai Ghostwriter dengan sukses. Diantaranya adalah;

Diskusikan Bersama Klien

Ini adalah permulaan yang penting. Bertemu dengan klien dan berdiskusi terkait tulisan yang akan Anda buat sangatlah penting untuk melanjutkan tugas Anda sebagai Ghostwriter. Anda harus memahami tujuan yang ingin dicapai klien Anda melalui tulisan Anda. Ingat, tujuan penulisan adalah mewakili harapan, maksud, atau tujuan dari klien Anda. Tidak ada ruang bagi Anda untuk menyampaikan pendapat sendiri dalam tulisan.

Poin ini juga penting untuk mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan dalam penulisan. Seperti pemahaman tentang suara, nada, dan struktur yang ingin digunakan klien Anda. Dan Anda memiliki kebebasan untuk mengajukan berbagai pertanyaan seputar proyek tulisan tersebut untuk membantu memicu ide klien sehingga Anda berdua dapat memiliki pandangan yang jelas tentang jalur pekerjaan. harus mengambil.

Jadilah Akomodatif dan Fleksibel

Jika klien meminta layanan Anda, itu bisa berarti bahwa mereka memiliki waktu terbatas dan mereka membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan tugas, seperti menulis. Dalam kerangka inilah fleksibilitas diperlukan serta Anda bersikap akomodatif.

Mungkin juga ada kasus di mana pekerjaan yang Anda hasilkan tidak sesuai dengan ide yang ada dalam pikiran klien Anda. Maka wajib bagi Anda untuk mengikuti arus dan beradaptasi sesuai kebutuhan dan keinginan klien. Ini adalah salah satu tips utama untuk menjadi seorang Ghostwriting. Kembali lagi pada pernyataan sebelumnya bahwa tidak ada ruang bagi Anda untuk menyampaikan pendapat sendiri dalam tulisan sehingga sebagus apapun tulisan Anda, buatlah tulisan seolah-olah merupakan kata-kata yang dibuat oleh author aslinya.

Perluas Pengetahuan serta Networking

Untuk menjadi seorang penulis handal, Anda tidak bisa melupakan aspek membaca, melihat, dan mendengarkan sebanyak mungkin. Bekali diri Anda dengan segudang pengetahuan, terutama dalam dunia penulisan atau penerbitan, agar dapat memberikan layanan bahasa yang sesuai dengan kebutuhan klien dan menaikkan value Anda sebagai Ghostwriter. Dan jadilah Ghostwriter profesional dengan menunjang karir Anda melalui beberapa keterampilan diri dalam hal marketing tools, track record, dan membangun branding diri.

Dan bagaimanapun, networking adalah kunci. Bahkan di Amerika Serikat, terdapat sebuah organisasi yang bernama Association of Ghostwriters (AOG) yang menjadi wadah untuk para Ghostwriter terus up-to-date terhadap perkembangan dunia penulisan dan saling berbagai tips serta pengalaman.

Apapun itu, penting untuk Anda ketahui bahwa profesi di bidang layanan bahasa semakin banyak dicari. Mulai dari jasa penerjemah, Ghostwriter, Content Writing, Interpreter, Tour Guide, dan lain sebagainya, dibutuhkan di berbagai sektor. Ini adalah kesempatan yang baik untuk Anda berkembang.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!