Modern ini, penggunaan infografis dalam berbagai platform online sedang marak-maraknya. Baik digunakan di sejumlah media sosial maupun website berita. Terlebih kemajuan teknologi mendukung fenomena ini dengan semakin banyaknya aplikasi online yang memudahkan pembuatan infografis beserta template infografis gratis yang beraneka ragam.
Kata “infografis” berasal dari gabungan dari kata “informasi” dan “grafik”. Lantas untuk apa infografis digunakan? Infografis adalah alat komunikasi digital berdasarkan representasi visual data. Alat tersebut memungkinkan Anda memberi makna pada konten Anda, melalui ilustrasi, animasi, teks, atau ikon; membantu pembaca mengingat semua informasi dalam waktu singkat. Jika kebanyakan orang hanya mengangap infografis adalah informasi yang disajikan dan dilengkapi grafis, kebutuhannya lebih dari itu. Infografis menyajikan informasi yang kompleks menjadi sederhana.
Jauh sebelum populer saat ini, sejatinya praktik pembuatan infografis telah dilakukan sejak dulu. Relief-relief dapat dianggap sebagai bagian dari infografis yang memberikan penjelasan terhadap informasi yang ingin disampaikan dalam bahasa gambar. Dalam bentuk buku di masa lampau juga telah menggunakan infografis sebagai bagian yang bermanfaat. Christoph Scheiner menerbitkan Rosa Ursina komprehensif Sol tahun 1626, sebuah buku yang mengungkapkan penelitiannya tentang rotasi matahari.
Saat ini, teknik itu juga meluas ke banyak sektor. Banyak profesional menggunakan infografis untuk menyampaikan pesan mereka.
Saat menerjemahkan konten digital Anda, sebaiknya jangan mengabaikan terjemahan infografis karena telah menjadi fitur penting dari strategi pemasaran. Dengan terjemahan lengkap, infografis Anda dapat dilihat dan dipahami oleh audiens yang lebih luas, dan Anda dapat memecahkan hambatan bahasa. Membuka diri terhadap dunia dan pasarnya yang tak terhitung jumlahnya berarti juga harus mengadopsi metode pemasaran yang tepat.

Bagaimana Menerjemahkan Infografis?

Faktor penting yang harus disesuaikan dalam infografis adalah target audiens, tema dan informasi yang ingin Anda bagikan. Anda harus melakukan studi pasar terlebih dahulu pada semua aspek ini. Selanjutnya, terserah Anda untuk memilih desain dan nada yang paling sesuai dengan infografis Anda.
Salah satu jenis terjemahan yang juga bagian dalam tren terjemahan beberapa tahun belakangan ini adalah terjemahan infografis. Menerjemahkan ini tidak dapat dikatakan mudah, karena mmebutuhkan keterampilan terjemahan serta layout.
Anda membutuhkan penerjemah berpengalaman yang tahu bagaimana menerjemahkan infografis. Saat halaman presentasi berisi beberapa teks dan gambar, mata Anda secara alami bergerak ke arah gambar. Infografis adalah apa yang kita lihat pertama kali dan apa yang kita ingat, oleh karena itu pentingnya terjemahan yang berkualitas. Sebuah representasi visual membantu menghafal konten;
Sangat penting untuk tetap setia pada merek dan identitasnya saat menerjemahkan konten, dan tidak tersesat dalam terjemahan yang berlebihan atau menyimpang dari budaya perusahaan. Penerjemah harus mempertimbangkan perbedaan budaya antara negara sumber dan negara target serta tantangan tata letak. Keterbatasan ruang dalam sebuah infografis menjadi tantangan tersendiri. Terjemahan harus sesuai dengan kerangka grafis teks awal, sehingga hasilnya benar-benar identik;
Dalam hal ini, terdapat tiga program perangkat lunak desain visual utama yang dapat membantu: Photoshop, Illustrator, dan InDesign. Meskipun dibuat lebih mudah untuk digunakan selama bertahun-tahun, perangkat lunak ini masih rumit untuk non-profesional, dan penggunaannya membutuhkan keterampilan nyata dalam desain grafis.
Mengingat banyaknya unsur yang perlu diperhatikan dan keterampilan yang sulit, penerjemahan infografis sering kali membutuhkan waktu yang lebih panjang. Hal itu perlu dimengerti oleh pemilik dokumen serta penerjemah.

Mengapa Perlu Menerjemahkan Infografis?

Situs web atau presentasi visual tidak dapat dikatakan telah diterjemahkan sepenuhnya jika gambar di dalamnya tidak diterjemahkan juga.
Infografis memungkinkan audiens internasional untuk mengasimilasinya dengan lebih cepat dan efektif. Seperti yang mungkin sering Anda dengar, sebuah gambar bernilai seribu kata. Inilah sebabnya mengapa infografis yang diterjemahkan dengan tepat dapat memfasilitasi penyajian data Anda dan membuatnya lebih mudah dipahami oleh audiens asing;
Referensi alami Anda di Google atau mesin pencari alternatif akan ditingkatkan dengan terjemahan infografis. Di situs web asli, infografis memainkan peran besar dalam strategi SEO karena melengkapi visibilitas situs web. Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan yang sama dalam hasil pencarian dalam bahasa asing di browser, konten ini wajib diterjemahkan. Infografis sangat sering dibagikan, yang mengarah pada peningkatan ketenaran Anda di antara audiens yang ditargetkan;
Website Anda akan lebih menarik secara visual dan lebih mengesankan jika gambar juga diterjemahkan.
Jadi bagaimana? Terjemahan infografis menguntungkan Anda dalam banyak hal. Untuk itu, gunakan layanan bahasa terjemah yang tepat untuk mengerjakan proyek Anda. Brainy Translation merupakan jasa penerjemah profesional yang siap memberikan hasil terjemahan terbaik untuk Anda. Bekerja sama dengan penerjemah profesional dan berpengalaman. Kami menjamin kualitas terjemahan sesuai dengan yang Anda harapkan –bahkan lebih.
Baca artikel menarik lainnya disini.
Salam baca, Brainy!

WhatsApp Order, Hub Kami 081359358604 (24 Hour)