081-359-358-604 [email protected]

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Statista, hingga tahun 2020, pengguna perangkat seluler mencapai 4,78 miliar. Data tersebut mengarah pada kesimpulan yang jelas, bahwa jika Anda ingin mencapai keberhasilan dalam bisnis, maka bisnis Anda harus hadir secara seluler. Maka dari itu perlu menyediakan pengalaman seluler yang tidak hanya dapat diakses, namun juga telah dilakukan proses pelokalan dan optimasi penuh. Jika ingin memperoleh banyak pendapatan, menumbuhkan pasang pasar global, dan meningkatkan basis pelanggan, perusahaan harus menjadikan pelokalan perangkat lunak sebagai bagian penting dari strategi bisnis. Sederhananya, pelokalan adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan internasional dan secara eksponensial meningkatkan penjualan perangkat lunak.

Pelokalan perangkat lunak adalah proses mengadaptasi produk perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan budaya, bahasa, dan teknis dari pasar sasaran. Penting untuk dicatat, bahwa pelokalan tidaklah sama dengan terjemahan. Jika dalam terjemahan berfokus untuk mengubah bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran, pelokalan lebih kepada mengubah kesuluruhan produk perangkat lunak untuk disesuaikan dengan kebutuhan pasar sasaran.

Pelokalan membantu pasar global dalam hal memperluas basis pelanggan mereka, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan bergerak cepat menguasai pasar baru. Dengan bantuan pelokalan, akan secara alami mendatangkan pelanggan yang menemukan dan akhirnya membeli produk. Pelokalan adalah cara terbaik untuk meruntuhkan hambatan budaya yang kemungkinan menghalangi perluasan pasar produk Anda.

Mengingat bagaimana pentingnya pelokalan untuk kemajuan bisnis Anda, tentunya proses dalam pelokalan bukanlah pekerjaan yang mudah. Seperti yang disebutkan, pelokalan tidak hanya berfokus pada bahasa, semua detail dalam perangkat lunak akan menjadi hal yang perlu diteliti dalam proses pelokalan. Proses dalam pelokalan perangkat lunak mencakup beberapa langkah penting, seperti:

  • Teliti pasar dan putuskan pasar yang tepat untuk bisnis Anda. Penting untuk pemilik perusahaan melihat dan menganalisis pasar yang akan dituju dengan mempelajari lalu lintas situs web dan tren yang sedang terjadi di antara perangkat lunak di wilayah tersebut. Selain itu, perhatikan bagaimana biaya yang Anda butuhkan serta peraturan setempat yang harus dipenuhi.
  • Bijak dalam menentukan jasa penyedia layanan bahasa untuk mengerjakan proyek pelokalan. Jasa penyedia pelokalan memegang peranan penting dalam kesuksesan proyek ini, maka libatkan tim profesional yang memiliki kualifikasi dan pengalaman yang terpercaya.
  • Kembangkan file sumber daya eksternal. Ini melibatkan perancangan aplikasi yang mengharuskan menyertakan file individual untuk setiap bahasa, sehingga proyek ini dapat dengan mudah diimpor dan diekspor tanpa memengaruhi kode lainnya.
  • Analisis kebutuhan ruang untuk bahasa target. Karena berbagai bahasa memerlukan jumlah ruang yang berbeda dan tata letak yang unik, tentunya ini adalah aspek penting yang harus dipasikan terlebih dahulu. Contoh sederhananya, jika bahasa Mandarin akan membutuhkan banyak ruang vertikal, berbeda dengan bahasa Arab yang lebih dibaca dari kanan ke kiri.
  • Tetapkan panduan pelokalan yang mencakup nama dan terminologi produk, nada atau gaya bahasa yang harus digunakan, dan informasi terkait lainnya yang memerlukan konsistensi. Pastikan bahwa semua grafik, skrip, ikon, simbol, dan teks dilokalkan dan memenuhi kebutuhan budaya wilayah tersebut.
  • Setelah menginput dan menyelesaikan pelokalan, bagian terpenting yang harus dilakukan sebelum peluncuran produk pelokalan perangkat lunak adalah proses uji coba. Luangkan banyak waktu untuk menguji perangkat lunak yang dilokalkan dan ikuti protokol jaminan kualitas yang ketat. Karena pelokalan perangkat lunak memerlukan perhatian yang cermat terhadap detail, pengujian yang konsisten akan memastikan bahwa perangkat lunak berhasil diluncurkan.

Untuk melihat apakah perangkat lunak telah benar-benar berhasil dilokalkan, maka satu indikator yang paling tepat untuk evaluasi adalah tampilan dan nuansa produk akhir sama dengan aplikasi aslinya secara keseluruhan. Bukan hanya nyaman dari segi bahasa, melainkan semua fitur dan akses yang sama dapat dinikmati dari berbagai bahasa. Strategi bisnis yang cemerlang ini, selain membutuhkan proses yang sedikit rumit dan fokus pada detail, pelokalan juga akan membutuhkan banyak waktu serta tentunya memakan biaya yang cukup besar. Namun, semua akan terbayar dari manfaat yang diperoleh dengan pelokalan perangkat lunak. Apakah Anda belum percaya dengan manfaatnya? Perlu diketahui, pasar perangkat lunak perusahaan global diperkirakan akan meningkat menjadi $634 miliar pada tahun 2023. Maka dari itu, kapan waktu yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda? Ya, sekarang!

Jika Anda sedang mencari jasa penyedia layanan bahasa termasuk pelokalan, penerjemahan, internasionalisasi, interpreting, subtitling, dan lainnya, maka Brainy Translation hadir terdepan sebagai solusi yang tepat untuk Anda! Kami bekerja dengan para profesional untuk membantu proyek Anda dan menjamin hasil terbaik. Tidak ada alasan untuk melewatkan kesempatan luar biasa ini, hubungi kami sekarang!

Baca artikelmenarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!

WhatsApp Order, Hub Kami 081359358604 (24 Hour)