085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Di era teknologi saat ini, tersedia banyak inovasi teknologi yang membantu mempermudah pekerjaan kita sehari-hari, termasuk dalam praktik penerjemahan. Ada sejumlah alasan mengapa beberapa diantara kita mencari software terjemahan PC atau Komputer terbaik. Misalnya untuk kebutuhan pengembangan bisnis ke arah global, atau mungkin ingin membuat promosi pemasaran yang menarik pasar internasional. Software terjemahan tersedia dalam beberapa format berbeda, dan beberapa akan kami bahas berikut ini.

Apa itu Software Terjemahan?

Sebelum membahas lebih jauh tentang daftar teratas software terjemahan PC yang dapat membantu Anda dalam proses terjemahan, mari kita ketahui gambaran umum tentang apa itu software terjemahan untuk PC. Terkadang juga dapat diartikan sebagai “computer-assisted-translation” (CAT). Software terjemahan ini merupakan sebuah program/software yang dikembangkan khusus untuk menerjemahkan kata atau kalimat dengan mudah dan efisien. Software berikut memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengedit hasil terjemahan sesuai kebutuhan. Dalam hal ini, terdapat software yang berbasis web, berbasis desktop, atau kombinasi dari keduanya.

Pada dasarnya, konsep kerjanya dengan membagi konten yang Anda buat dalam dua kolom utama yang memuat  bahasa asli dan membuka file dwibahasa. Ini Teks bahasa sumber akan berada di sebelah kiri dan ruang tunggu untuk konten yang diterjemahkan akan berada di sebelah kanan. Software terjemahan ini brfungsi untuk membantu mempercepat proses penerjemahan.

Web vs Desktop; Manakah yang Lebih Baik?

Tidak ada jawaban yang benar dalam memutuskan diantara keduanya.

Pada akhirnya, semua kembali lagi pada kebutuhan dan kriteria Anda pribadi. Cloud-based translator atau biasa disebut sebagai web-based translator adalah jenis translator yang mengharuskan akses menggunakan web browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Untuk saat ini, jenis translator ini memiliki peminat dan pengguna yang sangat banyak dan terus berkembang. Sayangnya, Anda akan bergantung penuh pada koneksi internet yang stabil.

Sementara desktop-based translator tidak perlu bergantung pada internet atau stabilitas server. Hanya saja, Anda perlu memiliki sejumlah ruang yang tersedia dalam PC Anda untuk menginstalnya. Tentu saja kamu bisa menggunakan translator PC jenis ini di sistem operasi manapun jika tersedia, termasuk Windows, Mac OS, Linux dan OS lainnya. Jika Anda tidak memiliki lisensi resmi, maka Anda akan memiliki akses yang terbatas dalam perangkat tersebut yang mungkin tidak sesuai untuk jenis bisnis tertentu. Jika Anda tidak memasang opsi simpan otomatis, mudah untuk Anda kehilangan semua proyek terjemahan yang sedang Anda kerjakan.

Software Terjemahan PC Terbaik

Berikut software terjemahan PC terbaik versi kami yang dapat Anda gunakan untuk membantu proses terjemahan.

Memsource

Memsource paling terkenal sebagai layanan berbasis web, meskipun terjemahan desktop juga merupakan opsi yang dapat diinstal dalam PC Anda.

MemoQ

Pesaing terberat Trados satu ini, MemoQ memiliki banyak fitur fungsional menawarkan berbagai keuntungan seperti kualitas kontrol dan riview atau report.

Wordbee

Namanya yang cukup menarik, Wordbee menjadi salah satu software terjemahan populer saat ini. Wordbee merupakan aplikasi terjemahan berbasis komputer yang umumnya berfokus pada manajemen proyek dan kolaborasi.

Smartling

Smartling menawarkan berbagai fitur berbeda termasuk kontrol versi dan manajemen alur kerja.

Smartcat

Smartcat merupakan salah satu software translate cloud based yang sangat cepat berkembang dan banyak digunakan saat ini. Selain gratis, aplikasi translate ini juga mempunyai tata letak yang sederhana dan mudah digunakan walaupun pada penggunaan pertama kali.Software ini menawarkan memori terjemahan dan manajemen terminologi.

Diantara semuanya, masing-masing menawarkan kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Meskipun terkadang memiliki fitur yang serupa, namun tidak ada dua software-pun yang persis sama. Dengan begitu, Anda perlu mencari tahu secara menyeluruh dan kemudian mengambil keputusan. Beberapa tersedia secara gratis atau dengan biaya rendah, sehingga Anda dapat mencobanya sebelum berkomitmen.

Kendati demikian, perlu kami katakan bahwa mesin/aplikasi/software terjemahan dapat membantu proses terjemahan dalam takaran tertentu. Dalam perkembangannya sejauh ini, teknologi terjemahan belum mampu menggeser sepenuhnya peran para penerjemah yang berusaha menerjemahkan bukan hanya kata demi kata, namun mencoba menyampaikan makna dengan bahasa dan budaya yang berbeda. Proses ini tidak hanya mengandalkan keterampilan bahasa, tapi juga melibatkan skill lain yang harus dimiliki oleh seorang penerjemah. Oleh sebab itu, Anda tetap perlu mempertimbangkan jasa penerjemah resmi.

Jika Anda sedang mencari jasa penerjemah profesional, Brainy Translation adalah solusi terbaiknya! Bekerja dengan penerjemah berpengalaman dan memiliki kualifikasi, kami siap memberikan hasil terjemahan berkualitas. Anda tidak perlu khawatir.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca Brainy!