Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/brainytr/public_html/wp-content/themes/Divi/includes/builder/functions.php on line 5917
Bahasa Inggris Saja Tidak Cukup! - Brainy Translation
085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Seperti yang telah dijabarkan dalam artikel lainnya, bahasa itu dinamis, bergerak dan mengalami perubahan. Sama dengan dunia ini yang kini menuju desa global. Mudah bagi masyarakat dunia untuk menembus batas antar negara. Meski kita ketahui bersama bahwa bahasa Inggris adalah bahasa Internasional, namun memiliki keterampilan bahasa Inggris saja di tengah perkembangan dunia saat ini, tidaklah cukup. Ada banyak bahasa asing lian yang berpotensi untuk kehidupan Anda di masa depan. Bahasa Inggris tidak memberikan jaminan utuh untuk Anda secara keseluruhan Internasional, tapi bagaimanapun mempelajari bahasa Inggris dan atau lainnya sangatlah bermanfaat.

Mari kita lihat bagaimana akhirnya bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional dan mengapa kita perlu mempelajari bahasa asing lainnya selain bahasa Inggris.

Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional

Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional, bahkan menjadi bahasa resmi atau bahasa kedua di negara bekas jajahannya. Menilik sejarahnya yang panjang, bahasa Inggris memiliki peranan cukup besar dalam peradaban dunia. Awal adanya, bahasa Inggris digunakan oleh masayarakat di wilayah kepulauan Britania yang secara politis kita ketahui bersama dengan sebutan kerajaan Inggris. Kemudian kita mengenal masa penjajahan yang dimulai sejak para koloni menjelajah berbagai wilayah hingga benua lain seperti Amerika dan Australia. Dan pada saat itulah, Inggris mulai memberikan pengaruhnya terhadap kehidupan di negara jajahannya, terutama dalam penyebaran bahasa Inggris. Inggris pun kian menjadi sebuah negara berbasis industri modern yang berdampak di bidang politik, ekonomi, sosial terhadap negara-negara lain di dunia. Keadaan itu juga didorong karena ditemukannya mesin uap oleh ilmuwan hebat yang salah satunya adalah James Watt, yang menandakan kebangkitan era revolusi di Inggris. Ditambah pada saat bersamaan, Inggris berada pada periode keemasan imperium kekuasaannya sehingga mudah bagi Inggris menanamkan pengaruh dan hegemoni terhadap wilayah jajahannya. Singkat cerita hingga akhirnya, bahasa Inggris disepakati menjadi bahasa Internasional. Kesepakatan itu diambil bukan karena segi jumlah penutur asli bahasa Inggris yang terbanyak di dunia atau faktor bahasa yang lebih dulu tercipta. Bagaimanapun, selalu ada kepentingan bersama yang menjadi pemantik terciptanya suatu solusi, termasuk bahasa Inggris yang menjadi bahasa Internasional. Itu mengapa, wajib bagi generasi milineals menyadari bahwa kebutuhan akan penguasaan terhadap bahasa Inggris adalah sebuah keharusan karena bahasa Inggris digunakan dalam banyak bidang, baik skala kecil maupun global.

Mengapa Perlu Belajar Bahasa Asing Selain Bahasa Inggris

Kendati demikian, mempelajari bahasa asing lainnya tidak kalah pentingnya.

Ada banyak bahasa di dunia dengan latar budaya yang berbeda dan ceritanya yang berbeda. Mempelajari bahasa berarti belajar akan budaya, bukankah menakjubkan jika kita dapat belajar banyak tentang kebduayaan di negara lain. Disamping negara-negara Eropa yang sibuk memperkaya keberagaman bahasa yang dimilikinya, sementara Inggris yang masih fokus dengan satu bahasa dapat menjadi isolasi bahasa yang dikhawatirkan tidak cukup menguntungkan ke depannya. Berikut alasan mengapa belajar bahasa Inggris saja tidaklah cukup.

  • Bahasa Asing dapat Mempertajam Pikiran dan Wawasan

Mereka yang berbicara lebih dari satu bahasa akan terlatih dan terbiasa untuk menggunakan dan mengoptimalkan kemampuan otaknya secara efisien sehingga ingatan mereka lebih baik, kreatifitas lebih tinggi, dan kognitif bekerja lebih fleksibel.

  • Menurunkan Risiko Demensia dan Alzheimer

Dilansir dari Time, peluang orang-orang bilingual mengalami demensia akibat usia lebih lambat 4,1 tahun daripada kelompok orang yang hanya berbahasa ibu. Selain itu, orang-orang bilingual juga dipercaya memiliki pemunduran peluang mengalami Alzheimer 5,1 tahun lebih lambat daripada mereka yang hanya berbicara satu bahasa saja.

  • Memperluas Kesempatan dan Pilihan

Terbuka lebar bagi Anda yang memiliki kemampuan bahasa asing yang beragam. Anda dapat melirik banyak peluang beasiswa pendidikan maupun kesempatan kerja di banyak negara dan tidak bergantung pada bahasa Inggris. Anda mungkin akan berkesempatan untuk dimasukkan ke dalam tim pengembangan bisnis, atau bahkan menjadi pemimpin dalam sebuah proyek kerjasama internasional. Dan tentunya, kesempatan luar biasa lainnya menanti Anda!

  • Menghargai Budaya Setempat dan Kaya akan Budaya

Mudah bagi kita untuk beradaptasi dengan masyarakat setempat apabila berbicara menggunakan bahasa mereka. Seperti yang kita ketahui, bahasa dan budaya adalah dua hal yang saling berkaitan. Dengan mengenal bahasa, mudah bagi Anda mengenal dunia lebih luas.

  • Langkah Sempurna untuk Belajar Bahasa Lainnya

sesaat setelah Anda terbiasa dengan struktur dan cara mempelajari suatu bahasa, semuanya akan terasa masuk akal dan bahkan menyenangkan untuk mempelajari suatu bahasa lainnya. Perkaya diri Anda dengan keterampilan menguntungkan demikian untuk kesuksesan Anda di masa depan.

Lantas apa saja bahasa asing yang berpengaruh untuk kehidupan Anda ke depannya? Haruskah bahasa Jerman, Prancis, atau Spanyol? Baca lebih lanjut disini.

Yang perlu disepakati bersama bahwa pembelajaran bahasa akan memberikan Anda banyak keuntungan bagi Anda secara personal maupun kehidupan profesional Anda. Temukan diri Anda berkembang!

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca Brainy!