085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Diperkirakan ada 7.000 bahasa di dunia, mulai dari bahasa Cina Mandarin yang digunakan oleh hampir satu miliar orang, hingga lebih dari 200 bahasa buatan seperti Elvish yang hanya diucapkan oleh Peri (imajiner) dari J.R.R. Epik Tolkien dan penggemar fanatik mereka.

Dengan skala dan variasi cara kita mengekspresikan diri, ada banyak fakta menyenangkan tentang bahasa yang bisa kita gali. Inilah 10 teratas kami:

Hanya onomatopoeia

Terlepas dari seberapa natural suara Anda, onomatopoeias tidaklah universal. Penutur bahasa Inggris menggunakan “snip snip” untuk mengkomunikasikan gunting pemotongan, sedangkan orang Jepang mengatakan “chocki chocki”. Klakson mobil berbunyi “düt düt” di Turki bukan “bip bip”, dan kereta Korea berbunyi “chik chik pok pok” bukan “chugga chugga choo choo” seperti dalam bahasa Inggris.

Kerajaan hewan juga menyediakan banyak perbandingan. Dalam bahasa Afrikaans, lebah mengucapkan “zoem-zoem” (bukan “buzz”) dan dalam bahasa Bengali sapi mengucapkan “hamba” (bukan “moo”). Burung gagak ayam juga berbeda di antara bahasa-bahasa lainnya: “cockadoodle-doo” dalam bahasa Inggris menjadi “co-co-ro-co” dalam bahasa Catalan, “kikeriki” dalam bahasa Jerman, dan “goh-geh-goh-goh” dalam bahasa China.

Cerita yang panjang

Di samping antidisestablishmentarianism yang banyak dikutip, ada beberapa suap lain untuk dicoba dihafal. Pseudopseudohypoparathyroidism adalah kelainan tiroid, “supercalifragilisticexpialidocious” Mary Poppins sebenarnya muncul di beberapa kamus, dan (yang menarik) “hippopotomonstrosesquipedaliophobia” adalah ketakutan akan kata-kata yang panjang. Tapi apakah kata-kata yang panjang itu berharga? Itu adalah preferensi pribadi – meskipun jika menurut Anda tidak demikian, ketahuilah bahwa tindakan mendeskripsikan sesuatu sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting adalah kata panjang lainnya: floccinaucinihilipilification.

Jumlah huruf

Penutur bahasa Inggris tahu alfabet mereka memiliki 26 huruf, tetapi mungkin tidak menyadari ini bukan standar. Rotokas, bahasa yang digunakan di Papua Nugini, hanya memiliki 11 huruf menjadikannya alfabet terpendek di dunia. Mahkota untuk kebanyakan surat diberikan kepada Khmer, diucapkan di Kamboja, dengan 74 huruf.

Memiliki banyak karakter

Bahasa China (Mandarin / Kanton) memiliki 50.000 karakter, membuat banyak kartu flash untuk mengingat semuanya. Tetapi jangan khawatir jika Anda belajar bahasa China, untuk membaca koran, Anda “hanya” perlu mengetahui 2.000 karakter.

Apa yang lebih dulu?

Bahasa tertua dengan catatan tertulis adalah Ibrani, Sanskerta, Sumeria, dan Basque. Hal ini dijawab berdasarkan catatan tertulis yang ditemukan oleh para ilmuwan. Catatan tersebut berisikan tulisan Sansekerta dari Kitab Suci Weda Kuno yang diperkirakan berasal dari masa 2000 tahun sebelum Masehi. Namun, hal ini belum dapat dipastikan. Oleh sebab itu, tentang apa yang lebih dulu masih menajdi pertanyaan besar hingga saat ini.

Ahli bahasa kreatif

Lebih dari 200 bahasa buatan atau yang sering disebut dengan “conlangs” telah dibuat sejak abad ke-17. Banyak yang dirancang oleh filsuf untuk digunakan di antara mereka sendiri, meskipun bahasa buatan zaman modern (seperti Elvish, Klingon, Na’vi, dan Dothraki) telah diciptakan untuk budaya populer, perdagangan, dan industri. Bagaimanpun bahasa buatan ini berkembang, pada umumnya bahasa buatan ini hanya mencakup tujuannya sendiri dan lingkungannya. Tidak untuk digunakan sebagai bahasa komunikatif di dunia.

Sinonim yang berlimpah

Beberapa bahasa memiliki konsep budaya atau kuliner dengan banyak lusinan sinonim (dipopulerkan oleh bahasa Eskimo Inuit dan banyak kata Yupik untuk salju). Ada 27 kata dalam bahasa Albania untuk “kumis”, (termasuk “dirs ur” yang mengacu pada bulu wajah baru seorang remaja) dan 43 kata dalam bahasa Somalia yang berkaitan dengan unta. Di Hawaii, ada 108 kata untuk menggambarkan ubi jalar, 47 kata untuk pisang, dan 200 kata untuk hujan.

Dunia semordnilaps yang indah

Sebuah kata yang menciptakan kata lain ketika dieja terbalik – think stop> pots – adalah semordnilap (diambil dari “palindrom” mundur). Beberapa contoh semordnilaps bahasa Inggris meliputi: diaper > repaid, desserts > stressed, evil > live, dog > god, drawer > reward, gateman > nametag, and smart > trams.

Bahasa adalah topik yang snagat menarik, bukan? Belajar bahasa bukan hanya belajar bagaimana bahasa itu digunakan tapi bagaimana perkembangan bahasa tersebut, permainan bahasa yang dapat dilibatkan, dan budaya yang terkandung dalam suatu bahasa. Sekilas bahasa mungkin pembelajaran yang sederhana, tapi yang perlui Anda ingat bahwa bahasa terus berkembang dan wajib bagi Anda untuk mengikuti perkembangannya. Dapatkah Anda meneukan fakta menarik tentang bahasa Indonesia? Akan emnarik untuk kita bahas lebih lanjut di artikel selanjutnya. Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca Brainy!