Saat ini, jarak dan bahasa bukan lagi sebuah hambatan. Hal ini tentunya membuka jalan bagi masyarakat untuk terhubung secara global yang sesungguhnya. Individu maupun bisnis sama-sama menyadari peluang besar yang timbul dari perluasan jangkauan di luar batas tersebut. Kendati demikian, langkah penting yang harus diambil agar terhubung secara efektif dengan masyarakat global yang memiliki keberagaman budaya dan bahasa adalah melalui; globalisasi dan lokalisasi.
Tapi apa sebenernya perbedaan globalisasi dan lokalisasi? Bagaimana dan kapan mereka digunakan?
Memahami Definisi Globalisasi dan Lokalisasi
Globalisasi
Globalisasi mengacu pada proses yang menyatukan budaya, ekonomi, dan orang-orang dari berbagai negara. Misalnya, merek global seperti Starbucks, McDonald’s, Amazon, dll. Yang bekerja secara global. Dari jumlah tersebut, gerai makanan dan minuman seperti Starbucks memiliki waralaba di seluruh dunia, sedangkan Amazon dan Netflix adalah penyedia layanan online yang tersedia di mana saja.
Sekarang bagaimana mereka mengglobal? Ambil contoh Netflix. Mereka menawarkan layanan mereka di sekitar 200 negara dengan menyesuaikan konten mereka menggunakan subtitle dan terjemahan. Merek seperti Nike telah berkolaborasi dengan olahragawan dari budaya yang berbeda, dan melalui dukungan mereka, mereka berhasil mengglobalisasikan merek mereka. Inilah yang dimaksud globalisasi.
Lokalisasi / Pelokalan
Pelokalan adalah proses mengadaptasi konten ke budaya dan bahasa tertentu, lebih dari sekadar penerjemahan. Pelokalan melibatkan pemahaman tentang nuansa, kebiasaan, preferensi, dan kepekaan audiens target tertentu, dan menyesuaikan konten untuk beresonansi dengan mereka pada tingkat yang lebih dalam. Sementara globalisasi telah membuka kemungkinan besar untuk menjangkau audiens yang lebih luas, seni lokalisasilah yang memegang kunci untuk benar-benar melibatkan dan terhubung dengan audiens tersebut.
Perbedaan antara globalisasi dan lokalisasi adalah bahwa globalisasi berfokus pada pertimbangan di belakang layar dan teknisnya. Oleh karena itu, globalisasi memastikan bahwa aspek teknis dari segala kebutuhan bisnis dapat ditangani dan dioptimalkan bahkan saat diterjemahkan ke dalam bahasa yang berbeda. Sebaliknya, pelokalan berfokus pada memodifikasi konten agar sesuai dengan budaya lokal dan konteks lainnya.
Manfaat Pelokalan
Meskipun ada banyak sekali manfaat pelokalan, berikut adalah beberapa keuntungan pelokalan dalam jasa penerjemah yang paling signifikan:
Keterlibatan dan Koneksi Pengunjung yang Meningkat
Pelokalan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan konten agar beresonansi dengan preferensi budaya dan bahasa tertentu dari audiens target Anda. Dengan berbicara dalam bahasa mereka, baik secara harfiah maupun kiasan, Anda dapat menciptakan hubungan yang lebih dalam dan menumbuhkan pemahaman dan kepercayaan. Dan pada akhirnya mengarah pada peningkatan keterlibatan dengan konten Anda, karena terasa lebih cocok dan relevan dengan audiens lokal.
Peningkatan Persepsi dan Kredibilitas Brand
Ketika Anda menyesuaikan konten Anda dengan budaya dan bahasa lokal, hal itu menunjukkan komitmen untuk memahami dan menghormati audiens Anda. Kepekaan budaya ini meningkatkan persepsi dan kredibilitas brand Anda di mata pasar lokal. Dengan berbicara bahasa mereka dan menggabungkan elemen yang selaras dengan nilai-nilai mereka, Anda membangun kehadiran yang lebih kuat dan lebih mungkin dilihat sebagai entitas tepercaya dan bereputasi baik.
Peningkatan Pengalaman Pengguna dan Kepuasan Pelanggan
Pelokalan lebih dari sekadar terjemahan; ini melibatkan mempertimbangkan seluruh pengalaman pengguna. Dengan menyesuaikan konten Anda dengan preferensi lokal, Anda dapat memberikan pengalaman yang mulus dan intuitif untuk audiens Anda. Ini mencakup aspek-aspek seperti menggunakan elemen desain yang sudah dikenal, menggabungkan metode pembayaran lokal, dan memberikan dukungan pelanggan dalam bahasa lokal. Dengan memprioritaskan pengalaman pengguna, Anda meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang dengan audiens Anda.
Tingkat Konversi Lebih Tinggi dan Peluang Perluasan Pasar
Menyesuaikan konten Anda dengan budaya dan bahasa tertentu meningkatkan kemungkinan beresonansi dengan audiens target Anda pada tingkat yang lebih dalam. Ini mengarah pada tingkat konversi yang lebih tinggi karena audiens Anda merasa lebih terlibat dengan produk atau layanan Anda. Selain itu, pelokalan yang efektif membuka peluang perluasan pasar baru dengan memungkinkan Anda memanfaatkan wilayah yang sebelumnya belum dimanfaatkan, sehingga membuka potensi pertumbuhan bisnis dan peningkatan pendapatan.
Kendati demikian, kita tidak bisa mengabaikan bahwa globalisasi dan lokalisasi atau pelokalan ini bebas dari tantangan. Beberapa kesalahan umum yang terjadi pada proses lokalisasi dan globalisasi adalah salah interpretasi konten dan pesan, menyinggung atau mengasingkan target audiens di beberapa pasar, serta kegagalan untuk menyelaraskan dengan kebiasaan, preferensi, dan sensitivitas pasar sasaran. Ini menyebabkan peluang yang terlewatkan untuk pertumbuhan bisnis dan kesuksesan global. Untuk memastikan bahwa Anda melakukannya dengan benar, pilihlah jasa penerjemah terpercaya: Brainy Translation.
Kami adalah jasa penerjemah profesional yang siap membantu proyek global Anda. Menyediakan berbagai layanan bahasa dan bekerja dengan para penerjemah profesional. Hubungi kami sekarang dan lihat seberapa besar bantuan kami untuk Anda.
Baca artikelmenarik lainnya disini.
Salam baca, Brainy!