081-359-358-604 [email protected]

Belakangan ini, sosial media diramaikan dengan salah satu produk AI yang digadang-gadang memiliki peran cukup besar, bahkan dapat menggantikan Google untuk masa mendatang. Sebut saja ChatGPT. Apa itu ChatGPT? Dan apa yang menarik dari ini?

ChatGPT memilii pengaruh dan peran yang cukup besar dalam sejumlah profesi yang ada. Beberapa memanfaatkan keahlian ChatGPT untuk meringkas proses pengerjaan dan menekan biaya operasional, termasuk dalam industri jasa penerjemahan bahasa. Lebih Lanjut mari kita mengenal definisi ChatGPT dan perannya.

ChatGPT adalah ..

ChatGPT : Generative Pre-Trained Transformed merupakan Chat bot yang dirilis pada akhir November tahun lalu dan sebuah model bahasa yang dilatih oleh OpenAI. Kecerdasan buatan yang baru dirilis ini dapat memahami konteks percakapan dan memberi jawaban yang sesuai sehingga tidak kaku seperti robot. Salah satu fitur percobaannya yang berhasil mencuri perhatian adalah memberikan pertanyaan dan meminta mengoreksi grammar atau tata bahasa Inggris dengan format list. Konsep kerjanya tidak jauh berbeda dengan ChatBot pada umumnya, ChatGPT ini memungkinkan pengguna mengirim pertanyaan atau perintah yang kemudian nanti ditanggi langsung oleh ChatGPT.

Model bahasa seperti ChatGPT demikian dapat memprediksi teks dengan menggunakan data teks yang telah diberikan selama proses pelatihan, dan kemamouan menjawab pertanyaan diperoleh dari pengetahuan yang telah diserap atau pelajari dari data tersebut. Dengan begitu, ChatGPT membuat percakapan dengan manusia lebih natural dan menyenangkan, serta membantu pengguna dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.

Beberapa tugas yang dapat dilakukan oleh ChatGPT ini adalah;

  • Customer Service. ChatBot, Auto Reply,  Menjawab Email, Menjawab Komplain, adalah tugas-tugas umum CS yang dapat dibantu ChatGPT untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan.
  • Document / Content Generation. Misalnya reels di instagram, yang mana ChatGPT ini juga bisa membuat short script atau mungkin membantu dalam menganalisis pengambilan gambar dari sudut yang cocok untuk perekaman reels. 
  • Dalam code generation, ChatGPT dapat membantu kita ngoding. Jika ingin mengambil dari fitur API namun lupa akan sintaks, ChatGPT dapat membantu membuat struktur halaman html. Bahkan untuk membuat website, dan membantu debugging pun juga bisa. 
  • Membuat tutorial / panduan teknis. ChatGPT mampu membuat tata cara penggunaan sebuah teknologi dan masih banyak lagi usecase – usercase yang bisa diterapkan dan diselesaikan menggunakan bantuan ChatGPT

Dan masih banyak lagi profesi yang dapat terbantu dengan adanya kecerdasan buatan ChatGPT tersebut. Lantas bagaimana peran ChatGPT dalam membantu tugas penerjemahan?

Dampak ChatGPT dalam Jasa Penerjemah

Penerjemah manusia perlu memiliki keterampilan dan keahlian khusus untuk membekali diri mereka dengan lebih baik guna menghadapi teknologi baru dan menjadi kompetitif. Alat ChatGPT dan AI akan membantu tugas terjemahan yang akan meningkatkan akurasi dan efisiensi sekaligus mengurangi biaya. Seperti ahli strategi pelokalan, alat bantu digunakan untuk meningkatkan proses, meningkatkan hasil, dan mengurangi tugas yang membosankan untuk memberikan lebih banyak kesempatan kepada pembuat konten dalam menghabiskan waktu mereka fokus terhadap kreativitas dan inovasi.

Yang paling ditakutkan adalah kemungkinan munculnya ketergantungan yang berlebihan pada model tersebut. Kecerdasan buatan yang canggih ini dikhawatirkan dapat melanggengkan stereotip dan diskriminasi yang berbahaya, serta menyebabkan pengambilan keputusan yang tidak akurat atau tidak adil. Misalnya, data untuk model bahasa berbasis AI hanya berasal dari sumber Amerika dan Eropa. Dalam hal itu, tanggapan ChatGPT akan didasarkan pada gagasan dan norma budaya Barat yang mungkin berbeda secara signifikan dari yang lain, yang mengarah ke tanggapan yang bias.

Namun, ada potensi ChatGPT untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik. Meskipun tetap membutuhkan verifikasi ulang dari penerjemah profesional. ChatGPT disini berperan mempercepat proses jasa penerjemah dan mungkin membantu Program Manager mengatur alur kerja dengan lebih efektif.

Sebagai jasa penerjemah yang juga harus terus berkembang, mari kita lihat bagaimana kami dapat meningkatkan tenaga kerja industri bahasa agar lebih siap menggunakan ChatGPT dan alat AI serupa lainnya. Bagaimanapun, perubahan dan perkembangan yang terjadi tidak bisa dihindarkan dan jasa penerjemah harus dengan sigap beradaptasi.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi, sangat penting bagi individu dan organisasi untuk tetap mendapatkan informasi tentang perkembangan terbaru AI dan ChatGPT. Ini sangat penting dalam industri bahasa, termasuk jasa penerjemah, karena perkembangan baru ini dapat sangat memengaruhi peran pekerjaan dan industri itu sendiri. Beberapa hal yang dapat dilakukan jasa penerjemah untuk mengimbangi hal tersebut adalah dengan; Publikasi dan situs web industri, menghadiri konferensi dan acara untuk industri di bidang jasa penerjemah, dan terhubung dengan profesional lain di bidangnya adalah cara yang efektif untuk tetap mendapat informasi tentang perkembangan industri serta kemunculan AI dan ChatGPT yang terbarukan. Membangun hubungan dengan pakar dan profesional industri lainnya dapat memberikan akses ke informasi dan sumber daya yang berharga.

Apapun itu, seorang penerjemah profesional harus menyadari kapasitas dan kekuatan mereka agar dapat memadukan dengan perkembangan teknologi yang ada sehingga dapat bekerja lebih efektif dan menghemat waktu serta biaya operasional. Teknologi adalah sesuatu yang berharga untuk kemajuan, jika dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jika Anda mencari jasa penerjemah profesional yang dapat menjamin kualitas penerjemahan dan dapat bekerja dengan teknologi canggih, Brainy Translation siap membantu Anda. Kami akan menjamin bahwa Anda mendapatkan yang terbaik dari kami.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!

WhatsApp Order, Hub Kami 081359358604 (24 Hour)