081-359-358-604 [email protected]

Di era serba digital saat ini, sangat penting bagi suatu brand untuk selalu konsisten dengan identitas merek atau yang disebut brand identity. Identitas merek inilah yang membuat masyarakat perhatian terhadap produk bisnis yang ditawarkan. Adapun yang dimaksud dengan identitas merek adalah bagaimana cara brand menjaga agar segala hal yang berkaitan dengan bisnis mereka selalu diingat oleh konsumen. Mempertahankan identitas brand ini memastikan bahwa pesan dan visual yang diekspos brand ke pasaran dapat diterima sama. Terlebih jika Anda bekerja dalam lingkup global. Dalam upaya internasionalisasi produk Anda dan memasarkan pada lintas budaya, mempertahankan konsistensi brand akan berguna untuk memperluas operasi dan meningkatkan penjualan dengan catatan memberikan pengalaman yang sama bagi semua konsumen.
Selain itu, konsistensi brand juga dimaksudkan untuk membangun citra brand melalui membangun kesadaran serta meningkatkan pengenalan terhadap brand yang kita miliki.
Jika mampu menjalankan strategi konsistensi dengan tepat, brand identity bisnis Anda akan mendapatkan banyak keuntungan di tengah persaingan yang makin kompetitif. Brand awareness juga akan mengalami peningkatan yang baik, yang membuat semakin banyak orang mengenal bisnis, produk, bahkan layanan yang Anda tawarkan.
Mempertahankan konsistensi merek Anda dalam lebih dari satu bahasa secara bersamaan membutuhkan strategi dan alat yang tepat. Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat berkomunikasi dan menjual secara efektif tanpa mengorbankan siapa Anda atau tentang produk Anda. Untuk melakukan ini dengan sukses, Anda harus menyesuaikan konten Anda untuk setiap wilayah secara khusus sambil tetap setia pada merek Anda.
Berikut tips dari kami untuk membantu Anda mempertahankan konsistensi pada produk dan membawanya ke lintas budaya sekalipun:

Gunakanlah pelokalan

Salah satu layanan bahasa terjemahan yang diperlukan untuk tujuan ini adalah pelokalan. Pelokalan merupakan adaptasi konten dan elemen merek lainnya secara strategis untuk wilayah atau negara tertentu. Layanan bahasa ini memperhitungkan data budaya serta perilaku konsumen, demografi, dan norma atau preferensi lokal.
Jadi, bagaimana lokalisasi memengaruhi konsistensi merek Anda? Merek yang konsisten dan andal cenderung mendapatkan kepercayaan pelanggan mereka. Namun, kepercayaan adalah tentang konsistensi dan juga tentang membuat pelanggan merasa bahwa Anda memahami mereka serta budaya mereka. Berdasarkan logika itu, Anda tidak boleh hanya mengambil pesan merek global dan meluncurkannya di setiap pasar tanpa mempertimbangkan bagaimana perasaan, pemikiran, dan tindakan konsumen di setiap negara.

Memiliki visi satu

Untuk mencapai konsistensi brand identity di seluruh dunia, Anda memerlukan visi satu di antara pemangku kepentingan merek Anda. Ini mencakup semua tingkatan perusahaan Anda, mulai dari pimpinan, manajer merek, desainer, copywriter, hingga penerjemah atau pelokalan. Strategi merek perlu diketahui oleh semua orang dan dipahami oleh semua orang yang mengerjakannya.
Pastikan Anda mengartikulasikan identitas merek Anda dalam bentuk tertulis, seperti pedoman merek yang membantu semua orang menafsirkan pesan merek Anda secara konsisten di seluruh dunia. Sertakan konsep seperti nilai merek, janji merek, misi merek, dan bagaimana produk relevan bagi konsumen. Semakin banyak konteks yang Anda berikan, semakin akurat pesan Anda terlepas dari siapa dan dimana target pasarnya.

Manfaatkan sistem manajemen terjemahan (Translation Management System)

Dalam hal pelokalan, salah satu solusi digital yang paling penting adalah sistem manajemen terjemahan (TMS). Dengan cara yang sama seperti sistem CRM mengelola hubungan pelanggan Anda dan CMS menangani konten Anda, Anda akan menemukan kesuksesan besar dalam mengelola semua pekerjaan pelokalan Anda melalui TMS yang efisien.
Sistem manajemen terjemahan persis seperti apa: Perangkat lunak direkayasa dari bawah ke atas untuk memfasilitasi proses terjemahan dan pelokalan dari ujung ke ujung dalam skala besar. Alasan mengapa TMS dapat membantu menjaga konsistensi merek lintas budaya adalah karena TMS memungkinkan Anda:

  • Mengawasi kemajuan semua proyek dan semua bahasa secara real-time, yang memungkinkan Anda untuk menangkap dan memperbaiki masalah apa pun yang terjadi, daripada berakhir dengan kekacauan besar yang membingungkan satu hari sebelum tenggat waktu.
  • Memberikan panduan untuk penerjemah dengan basis istilah, glosarium, pedoman merek, panduan gaya, referensi visual, dll., sehingga mereka dapat menghasilkan konten lokal yang selaras dengan standar merek.
  • Mengintegrasikan alur kerja pelokalan Anda dengan platform e-niaga, CRM, dan otomatisasi pemasaran, serta bangun integrasi khusus melalui API.
  • Pastikan kolaborasi real-time, pada satu platform, dari desainer, pengembang, manajer produk, eksekutif, copywriter, penerjemah, dan orang lain yang terlibat, sehingga semuanya sinkron dari awal hingga akhir.

Poin terakhir yang sangat penting adalah TMS memungkinkan Anda untuk menjembatani kesenjangan dengan menghubungkan semua area perusahaan dan memungkinkan semua orang yang terlibat untuk mengakses aset merek terbaru.

Bijak dalam memilih Jasa Layanan Bahasa dan Percayakan Pada Mereka

Saat membawa produk Anda ke wilayah baru, ingatlah bahwa pasar yang Anda coba jangkau mungkin tidak seperti pasar yang Anda kenal. Konten Anda mungkin tidak pantas untuk pasar baru. Anda harus percaya bahwa penerjemah Anda tahu apa yang akan berhasil dan apa yang tidak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bijak dalam memilih jasa penerjemah atau pelokalan. Bekerja samalah dengan mereka untuk mempertahankan konsistensi brand, dengan juga memercayai keahlian dan penilaian mereka.

Ini semua tentang strategi dan alat

Jika Anda mengikuti tips dalam panduan ini, Anda dapat memastikan bahwa konsistensi brand identity Anda terjaga dimanapun target pasar Anda. Meskipun membawa merek Anda mendunia tanpa mengorbankan konsistensi merek mungkin menjadi tantangan, itu bukan tidak mungkin. Anda hanya perlu mempersiapkan diri, memfasilitasi komunikasi di antara semua pihak yang terlibat, dan memastikan bahwa Anda memiliki semua alat yang tepat untuk mewujudkannya.
Jika Anda mencari layanan bahasa penerjemah yang dapat membantu memasarkan produk Anda ke dunia, Brainy Translation hadir dengan banyak penawaran terbaik untuk Anda. Berbagai layanan terjemahan, pelokalan, interpreting, dll dikerjakan dengan tim profesional kami. Yang terbaik dari kami, hanya untuk Anda!
Baca artikel menarik lainnya disini.
Salam baca, Brainy!

WhatsApp Order, Hub Kami 081359358604 (24 Hour)