Penerjemahan bisnis terkhusus untuk bidang  pemasaran atau marketing saat ini kian dibutuhkan. Baik dari perusahaan maupun konsumen membutuhkan layanan bahasa satu ini. Tak dapat dipungkiri, dunia digital memengaruhi hal ini cukup besar.

Dalam konteks ini, orang-orang dengan kemampuan bahasa, pemasaran, serta komunikasi memiliki banyak hal untuk ditawarkan, karena menggabungkan pengetahuan komersial dan bahasa sehingga mampu menyusun strategi atau teknik terbaik untuk menarik banyak perhatian dan meningkatkan penjualan.

Seperti yang sama-sama kita tahu, dunia digital tidak hanya memengaruhi dunia terjemahan tapi hampir di semua aspek dalam kehidupan sehari-hari. Pandai menggunakan peluang adalah salah satu cara sukses di era seperti saat ini. Sebagai penerjemah lepas, memanfaatkan momentum digital sebagai sarana mencapai pasar adalah ide yang bagus. Yang dapat dilakukan adalah dengan membuka layanan bahasa untuk terjemahan jejaring sosial, iklan media sosial, blogging untuk perusahaan, maupun produk pemasaran lain. Agar dapat berkembang dalam dunia ini adalah dengan memastikan diri untuk terbuka pada setiap perubahan dan perkembangan yang ada karena dunia pemasaran dan digital terus berkembang seiring waktunya. Dalam hal ini, pemasaran dan penerjemahan digital, linguistik dan komunikasi, merupakan bidang yang harus berjalan beriringan.

Jika dalam banyak kasus penerjemahan, ‘makna’  memainkan kursi utama dan paling utama dalam aktivitas penerjemahan, namun aspek ini bisa saja menjadi pertimbangan kesekian ketika penerjemah dihadapkan dalam genre teks tertentu. Misalnya saat dihadapkan dengan teks iklan atau pemasaran yang mengizinkan kreativitas dalam penerjemahan lebih leluasa dibanding jenis teks lainnya sehingga mengesampingkan ‘makna’ dalam batas tertentu. Sementara, aspek persuasif dan komersial adalah tujuan utama sebuah iklan yang tidak dapat dikesampingkan. Bagian terbaiknya dalam dunia ini adalah fakta dimana adanya penyesuaian budaya bahasa sumber dan budaya bahasa target yang terkadang berdampak pada penyesuaian unsur tekstual dan grafis sehingga menjadikan produk terjemahan akan sama sekali berbeda dengan bahasa sumber. Dan poin utamanya berada pada teknik terjemahan adaptasi serta lokalisasi yang harus digunakan dalam praktik terjemahan demikian.

Harus kami katakan bahwa sebagian besar orang akan tertarik dengan sesuatu yang dijual dengan bahasa mereka. Pendekatan bahasa dan budaya yang dilakukan akan sangat memengaruhi minat para konsumen. Anda tidak bisa memaksa gaya Barat untuk sama dengan bagaimana orang Asia inginkan. Itu mengapa, agar berhasil dalam pasar global, layanan bahasa profesional akan menunjukkan jalannya untuk Anda. Apakah itu penerjemahan, pelokalan, transkreasi, copywriting, maupun content writing akan bekerja sama menyusun strategi pemasaran yang sesuai untuk target.

Jika Anda memiliki kemampuan dan minat lebih dalam bidang ini, jangan khawatir! Dari sudut pandang kami, seorang penerjemah memiliki banyak masa depan dalam terjemahan pemasaran dan pemasaran digital, selama dia melatih diri, sabar, konstan, rendah hati, dan mendedikasikan diri untuk berkembang. Seorang penerjemah dapat pergi sejauh yang dia inginka jika hanya berpacu dalam ambisi mereka, keinginan untuk belajar dan kemampuan mengatasi setiap tantangan.

Dalam penerjemahan bidang pemasaran, penerjemah akan memiliki banyak ruang untuk mengembangkan kreativitas dan ini juga tugas yang sangat dinamis, di mana setiap hari akan Anda temui hal berbeda. Dituntut untuk terus up to date dan sadar akan perubahan. Tentu saja itu memotivasi Anda dalam banyak cara! Baik menerjemahkan konten pemasaran, hukum, medis, dll, ada banyak keuntungan yang Anda peroleh dari menjadi seorang penerjemah.

Jika saat ini Anda membutuhkan layanan bahasa yang dapat memberikan apa yang Anda butuhkan, maka Brainy Translation merupakan layanan bahasa terjemahan terbaik untuk Anda. Kami bekerja dengan para penerjemah profesional yang siap membantu Anda.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!

WhatsApp Order, Hub Kami 081359358604 (24 Hour)