Internet kini telah mengambil perannya di hampir setiap bagian, termasuk dalam bisnis. Setiap perusahaan berusaha untuk meningkatkan bisnisnya dan menjangkau pelanggan potensial lebih luas melalui internet. Salah satu solusi untuk menjangkau pasar yang lebih luas adalah adanya multi-language website. Website multilingual merupakan situs website yang tersedia dalam berbagai bahasa, seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dll. Dengan adanya multi-language website sebagai media pemasaran, konten Anda akan lebih mudah dipahami oleh pelanggan potensial dari berbagai negara dan meningkatkan penjualan.

Kendati demikian, Anda tidak bisa menerjemahkan website Anda dalam banyak bahasa secara sembarangan. Perlu dipikirkan secara matang terkait bahasa yang akan memiliki dampak global yang lebih besar. Multi-language website akan bekerja maksimal jika ditargetkan dan disengaja. Itu mengapa Anda harus bijak dalam menentukan bahasa pilihan dan bagaimana seharusnya Anda menerjemahkannya.

Tak dapat dipungkiri, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di internet. Datanya menunjukkan bahwa bahasa Inggris menempati persentase tertinggi pengguna internet (25,9%) dan menguasai penggunaan tertinggi dari semua situs web dengan bahasa yang dikenal di world wide web (59,5%). Tapi, tidak berhenti disini! Ada banyak pelanggan potensial lainnya yang mencari konten selaras dengan bahasa ibu mereka. Sangat penting untuk menjangkau pengunjung website dalam bahasa ibu mereka melalui terjemahan dan pelokalan untuk melibatkan pengalaman mereka. Bahasa asing lain yang paling menonjol meliputi:

  • Bahasa Mandarin
  • Bahasa Spanyol
  • Bahasa Arab
  • Bahasa Prancis
  • Bahasa Hindi

Selain itu, pertimbangkan juga asal pengunjung website Anda atau pasar yang Anda targetkan. Penyebaran dan konsentrasi global sangat penting jika Anda mempertimbangkan peluncuran di wilayah yang kaya akan keragaman bahasa. Pertimbangkan jumlah negara yang menggunakan bahasa atau bahasa resmi. Misalnya, bahasa Prancis dituturkan di 46 negara dan bahasa resmi di 39 negara atau bahasa Spanyol dituturkan di 34 negara dan bahasa resmi di 21 negara. Dengan begitu, Anda bisa mengharapkan peluang website untuk menghasilkan konversi yang lebih besar.

Berikut 5 Bahasa Teratas untuk Menerjemahkan Situs Web Anda

#1: Bahasa Mandarin

Bahasa Cina (terutama Mandarin) harus menjadi pertimbangan utama saat Anda ingin menerjemahkan situs web. Meskipun bahasa Mandarin merupakan bahasa resmi hanya di lima negara, bahasa ini dituturkan oleh sebagian besar orang di seluruh dunia sekitar 1,35 miliar orang di 25 negara.

Ya, penutur bahasa Mandarin tersebar di seluruh dunia.

Jika Anda ingin berekspansi ke China, tentu saja Anda pasti perlu menerjemahkan situs web Anda ke dalam satu atau lebih bahasa China. Sekitar 92% populasi di China, bersama dengan 92% di Hong Kong dan 8,5% di Taiwan (belum lagi lebih dari 50% orang Singapura) berbicara bahasa China asli.

#2: Bahasa Spanyol

Alasan untuk menargetkan bahasa Spanyol sebagai bahasa terjemahan situs web adalah seperti bahasa Mandarin. Bahasa Spanyol dituturkan oleh 457 juta orang di seluruh dunia, sebagian besar terkonsentrasi di 34 negara, 21 di antaranya merupakan negara yang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi. Namun, konsentrasi penggunaannya paling tinggi bukan di Spanyol (74%) tetapi di seluruh Amerika Tengah dan Selatan juga tersebar.

Menerjemahkan situs web Anda ke dalam bahasa Spanyol akan memberikan keuntungan di banyak negara di seluruh dunia. Sederhananya, jika Anda berencana meluaskan bisnis ke wilayah Amerika Latin, Anda harus memiliki situs web berbahasa Spanyol.

#3: Bahasa Arab

Pada tingkat yang sedikit lebih rendah, bahasa Arab untuk wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA) sama seperti bahasa Spanyol untuk Amerika Latin. Jumlahnya mungkin sedikit dibawah yang lain denganseitar penutur 360 juta orang di seluruh dunia, tetapi distribusinya mencerminkan bahasa Spanyol yang luar biasa, yakni dituturkan di 33 negara, resmi di 22 negara.

Terjemahan dan pelokalan yang sesuai akan menjangkau pasar yang lebih luas.

#4: Bahasa Prancis

Istilah lingua franca atau bahasa dunia mungkin terdengar erat kaitannya dengan bahasa Prancis, namun bahasa Prancis dituturkan oleh orang yang relatif sedikit dibandingkan dengan bahasa lain dalam daftar ini. Bahasa Prancis dituturkan oleh sekitar 97 juta orang di seluruh dunia, dan distribusinya mencapai 80% atau lebih hanya di tiga negara; Prancis (93,6%), Martinik (80%), dan Saint Barthelemy (80%). Meskipun demikian, sekitar 300 juta orang berbicara bahasa Prancis di seluruh dunia.

#5: Bahasa Hindi

Hindi (bahasa nasional yang hanya digunakan di satu negara; India), adalah salah satu bahasa yang paling umum digunakan di dunia. Bahasa Hindi berada di urutan kedua setelah bahasa Mandarin dengan 572 juta penutur asli, sebagian karena populasi India termasuk yang terbesar di dunia. Tentu saja, ini salah satu alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan proyek terjemahan situs web apa pun dalam bahasa ini.

Akan tetapi, bahasa Hindi tidak menawarkan jaminan jangkauan yang sama di seluruh wilayah di mana bahasa yang paling umum digunakan seperti bahasa Mandarin atau Spanyol. Jika Anda berencana memperluas ke India, Anda perlu menerjemahkan situs web Anda ke dalam bahasa Hindi!

Ya, apapun bahasa yang Anda targetkan, dalam proyek menerjemahkan konten website bisnis Anda, ada beberapa hal yang harus dihindari. Pertama, menggunakan mesin penerjemah. Cara ini dinilai kurang tepat karena mesin hanya dapat menerjemahkan kata per kata tanpa memahami makna di dalamnya. Itu mengapa, Anda harus bekerja dengan jasa penerjemah profesional. Dapatkan bantuan terbaik untuk jasa penerjemah bersama Brainy Translation!

Hal yang perlu dihindri kedua adalah menerjemahkan hanya sebagian konten. Agar multi-language website Anda bekerja optimal, penting untuk konsisten dalam menerjemahkan komponen penting lainnya. Seperti navigasi, meta gatgs, descriptions, informasi kontak, dll. Dan yang terakhir adalah melupakan SEO multi language. SEO merupakan hal yang sangat penting untuk mempengaruhi visibilitas website Anda di mesin pencari.  Untuk menjangkau target pasar yang tepat dan sesuai kaidah SEO yang benar, Anda dapat bekerjasama dengan jasa optimasi SEO profesional dan terbukti menangani berbagai client multinasional. Apapun kebutuhan Anda dalam jasa penerjemah maupun pelokalan, bekerja bersama Brainy Translation akan membuat Anda tenang. Jasa penerjemah kami bekerja sama dengan penerjemah profesional yang telah memiliki kualifikasi dan pengalaman yang luar biasa. Hubungi kami sekarang dan lihat kemajuan website Anda.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!

WhatsApp Order, Hub Kami 081359358604 (24 Hour)