085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Globalisasi mendorong industri Internatinalization dan Localization semakin bertumbuh. Localization atau pelokalan berada di garis terdepan dalam tranformasi digital dan pertumbuhan internasional merek dagang. Selain mengacu pada perkembangan ekonomi yang mengharuskan banyak perusahaan membangun strategi pelokalan, praktik penerjemahan ini juga membantu sektor lain, seperti kesehatan, pendidikan atau pengetahuan, teknologi, kebudayaan, dll.

Ambil contoh kasus Pandemi Covid 19 ini, pelokalan dan penerjemahan medis juga banyak terlibat untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil penelitian negara-negara maju, kabar terkini kondisi global, obat, dan solusi global untuk mengatasi covid 19 menjadi bahan pokok yang harus dicermati bersama oleh masyarakat dunia. Tentu saja hal ini akan membutuhkan ahli bahasa, atau penerjemah.

Bagaimana dengan teknologi?

Tak dapat dipungkiri, industri software localization juga menjadi tren beberapa tahun belakangan. Anda dapat melihat langsung bagaimana sorotan masyarakat melihat industri ini dari banyaknya produk (aplikasi maupun software) global.

Pelokalan mendekati audiens tidak hanya dari aspek bahasa, melainkan juga faktor budaya dan emosional yang ingin dicapai. Itu mengapa strategi bisnis menggunakan pelokalan sangat menguntungkan. Banyak data menyebutkan bahwa masyarakat lebih memilih produk yang menggunakan bahasa asli mereka sendiri. Anda tidak akan bisa terlihat di mata dunia, jika tidak mengenal bahasa dunia.

Perkembangan tren pelokalan ini juga mendorong perkembangan teknologi yang menunjang hal tersebut. Misalnya kecerdasan buatan dan mesin penerjemah yang sedang dengan galaknya dikembangkan. Lihat saja bagaiaman Google Translate yang diluncurkan Google tahun 2006 silam, kini menunjukkan statistik kemajuan dari segi kualitas sistem dan kuantitas jumlah penggunanya. Tidak ada yang dapat menyebutkan dengan pasti apakah dan kapan penerjemah manusia benar-benar seutuhnya tergantikan atau tergeser oleh mesin penerjemah. Namun, harus kita sadari bersama bahwa teknologi penerjemahan membantu kita banyak hal dalam proses penerjemahan.

Tren Pelokalan

Teknologi; Kecerdasan Buatan (AI)

Kecerdasan Buatan telah berkembang cukup pesat selama setahun terakhir, dan inovasi terjemahan yang digerakkan oleh AI ini semakin menarik. Inovasi tersebut membantu bisnis mengoptimalkan kecepatan dan akurasi, dan ini adalah tren yang perlu dieksplorasi lebih awal oleh perusahaan agar mereka dapat menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis dan infrastruktur yang ada.

Konten Pelokalan

Sebelumnya, pelokalan adalah tambahan opsional beberapa tahun yang lalu. Ketika bisnis mulai memahami manfaat pelokalan, ini menjadi praktik bahasa yang tidak dapat diabaikan. Perusahaan sekarang menargetkan audiens global dengan konten pelokalan, meningkatkan konten dan kehadiran global mereka dengan menerapkan dasar-dasar pelokalan.

Video Multibahasa

Video memimpin dalam keterlibatan dan konversi pelanggan di semua segmen pasar. Faktanya, di tahun 2020, 80% dari semua lalu lintas internet didorong oleh video. Ini akan terus tumbuh, sehingga menandakan akan adanya peningkatan terjemahan dan pelokalan konten video lebih lanjut.

Tapi perlu diketahui, pelokalan bukan praktik yang mudah. Ada banyak contoh bagaimana perusahaan yang melewatkan perhatian terhadap pelokalan ataupun penerjemahan dan akhirnya berdampak fatal. Oleh sebab itu, percayakan proyek ini kepada tim yang terkualifikasi. Brainy Translation merupakan jasa penerjemah yang juga memberikan penawaran untuk pelokalan dengan kualitas yang tidak perlu diragukan. Kami bekerja dengan para penerjemah profesional untuk membantu Anda memperoleh hasil terjemahan bak sebuah mahakarya.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!