Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/brainytr/public_html/wp-content/themes/Divi/includes/builder/functions.php on line 5917
Analisis SWOT untuk Memulai Karir Penerjemahan - Brainy Translation
085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Di tengah tuntutan persaingan global saat ini, kemampuan bahasa inggris menjadi salah satu syarat utama untuk bertahan. Terlebih, jika kita memiliki kemampuan lebih dalam bahasa inggris, maka akan banyak peluang besar yang terbuka lebar. Mulai dari bekerja di perusahaan atau mungkin memulai karir di bisnis rumahan dengan menjadi penerjemah lepas. Tidak perlu berkecil hati, peluang bisnis menjadi penerjemah adalah salah satu profesi yang menjanjikan untuk sekarang dan di masa depan, serta mendatangkan keuntungan yang besar. Dengan mudah akses global, tentu semakin banyak perusahaan ataupun perseorangan yang membutuhkan jasa penerjemah.

Namun, mungkin beberapa diantara kita masih bingung harus memulainya darimana. Tidak terlalu percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki dan merasa takut untuk memulai hal baru. Salah satu langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah alat yang sangat sederhana, namun sangat membantu Anda untuk mengembangkan strategi bisnis, apakah Anda membangun bisnis atau mengembangkan perusahaan lebih baik lagi. SWOT sendiri merupakan singkatan dari Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Oppurtunities (peluang), dan Threats (ancaman). Poin Strengths dan Weaknesses adalah hal yang berasal dari internal perusahaan (individu) Anda. Terkait tentang apa yang akan menjadi kekuatan dan kelemahan dari perusahaan Anda. Sementara, Oppurtunities dan Threats berasal dari hal-hal eksternal yang memengaruhi bisnis ataupun hal-hal di luar perusahaan dan terjadi pada pasar yang lebih besar.

Untuk memulai karir di bisnis baru Anda, analisis SWOT digunakan untuk membantu menyusun strategi agar memulai dengan langkah yang benar dan mengetahui arah pasti untuk dituju. Melakukan analisis SWOT bukanlah pekerjaan yang dapat diwakilkan oleh anggota lain, sebagai pemegang kendali, Anda-lah yang bertanggung jawab penuh. Namun, bukan berarti Anda harus menutup diri dari bagaimana pendapat dan penilaian rekan Anda. Pandangan dan masukan mereka akan sangat membantu Anda dalam menyusun analisis SWOT. Jika Anda telah menyelesaikan analisis SWOT maka selanjutnya Anda dapat mengubahnya menjadi strategi nyata.Tetapi perlu diingat, karena dunia yang terus bergerak dan berubah, sebaiknya analisis SWOT juga perlu terus diperbarui (paling tidak 6 bulan sekali) untuk melihat perkembangan dan evaluasi atas bisnis yang Anda kerjakan.

Analisis SWOT demikian tentu akan sangat berguna untuk Anda yang ingin memulai karir menjadi penerjemah atau ingin naik level dari profesi Anda. Contoh awal analisis SWOT yang dapat Anda gambarkan, misalnya:

  • Apa kekuatan yang saya miliki untuk bisa menjadi penerjemah?
  • Apa kelemahan saya dalam bidang penerjemahan?
  • Bagaimana peluang saya sebagai penerjemah?
  • Dan apa saja ancaman yang ada saat menjadi penerjemah?

Jawaban atas keempat pertanyaan di atas akan memberikan gambaran sederhana tentang bagaimana wujud bisnis yang akan Anda lakukan, apakah menjanjikan atau sementara tidak untuk dilakukan. Dari situ akan muncul jawaban-jawaban yang membantu Anda dalam menyusun strategi nyata selanjutnya, seperti.

Strenghts (kekuatan)

  • Saya mampu berbahasa Inggris setidaknya 80% lebih baik dari kebanyakan
  • Saya memiliki keterampilan menulis dan paham akan aturan kepenulisan
  • Saya dapat menghasilkan terjemahan yang baik

Weaknesses (kelemahan)

  • Saya tidak memiliki sertifikat resmi di bidang ini dan belum pernah mengikuti pendidikan resmi sebagai penerjemah
  • Bisnis yang belum dikenal orang

Opportunity (peluang)

  • Semakin banyak yang membutuhkan jasa penerjemah

Threats (ancaman)

  • Pesaing yang memiliki sertifikat relevan dan pernah menjalani pendidikan sebagai penerjemah
  • Belum bisa menjangkau pasar lebih luas

Dari analisis SWOT yang sudah dibuat, kita dapat menyusun strategi yang tepat untuk memulai dan mengembangkan bisnis penerjemahan. Memahami betul apa saja yang perlu diperbaiki dan yang harus ditingkatkan. Mungkin dengan mengurus ijin akreditas penerjemah agar membuat klien lebih percaya dan mengikuti tarif standar namun dengan kualitas yang lebih baik dan kedisiplinan dalam menyelesaikan tenggat terjemahan. Anda juga dapat menggunakan testimoni klien yang puas dengan hasil kerja Anda misalnya. Dan pastinya, terus berusaha meningkatkan kemampuan dalam menerjemahkan adalah kunci untuk sukses di dunia ini.

Lawan semua keraguan dan tumbuhkan kepercayaan diri untuk memulai sesuatu yang baru! Tentunya dengan persiapan yang baik di awal.

Jika Anda sedang mencari jasa penerjemah profesional. Kami, Brainy Translation hadir terdepan untuk membantu Anda. Bekerja dengan para penerjemah berpengalaman, kami siap memberikan pelayan terbaik dan kepuasan hasil terjemahan. Hubungi kami sekarang untuk melihat yang terbaik dari kami!

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!