Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/brainytr/public_html/wp-content/themes/Divi/includes/builder/functions.php on line 5917
Trik Jitu Menguasai Bahasa Baru! - Brainy Translation
085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Di era serba digutal saat ini, perkembangan teknologi memengaruhi banyak sektor dalam kehidupan sehari-hari. Itupun berpengaruh terhadap perkembangan di bidang informasi, pengetahuan, dan juga bisnis. Dunia semakin mudah diakses hanya dengan jari tangan. Akan tetapi, tidak semuanya demikian. Misalnya, hambatan bahasa masih menjadi tantangan bagi sebagian orang.

Agar dapat mengimbangi dunia yang terus bergerak ini, menjadi individu dengan keterampilan berbagai bahasa akan membawa diri ke banyak peluang besar di masa depan.

Sama halnya dengan perkembangan dunia, bahasa bersifat dinamik bergerak dan terus berubah. Otak manusia memiliki kemampuan untuk memproses informasi rumit dari suara, gerakan, dan konteks, serta bahasa yang akan berkembang selama hidup. Itu mengapa, pemeblajaran bahasa adalah salah satu kemampuan yang tidak luntur termakan usia. Bahkan peneliti menyebutkan bahwa orang dewasa yang belajar bahasa baru dapat menurunkan risiko dini terkena penyakit Alzhaimer. Sungguh fakta yang menakjubkan!

Mengingat manfaat ini, memulai mempelajari bahasa baru mungkin sudah menjadi daftar utama untuk mengisi waktu luang Anda. Apa selalu harus bahasa Inggris? Tidak harus, tapi bahasa Inggris akan menjadi tangga pertama yang mengantarkan Anda ke banyak bahasa lainnya.

Baca juga artikel kami tentang Bahasa Paling Unik di Dunia

Lantas bagaimana cara jitu untuk belajar bahasa baru? Apa yang paling efektif dilakukan agar mudah mempelajari bahasa baru? Teruslah embaca untuk menemukan jawabannya!

Ada 4 hal yang memengaruhi cara Anda belajar bahasa baru, yakni:

  • Bahasa ibu Anda. Rumpun bahasa dan bahasa terdekat akan menjadi bahasa yang paling mudah untuk dipelajari. Memiliki banyak kesamaan akan membantu Anda belajar lebih cepat. Bisa juga dengan bahasa Inggris misalnya yang sama menggunakan alfabet Latin.
  • Gaya Belajar Anda. Ketika pertanyaannya cara tercepat untuk belajar bahasa baru, maka jawaban paling tepat adalah cara Anda belajar harus sesuai dengan gaya belajar yang Anda sukai. Setiap orang memiliki karakteristik belajar berbeda dan itu akan membantu Anda untuk berkembang lebih cepat.
  • Motivasi dan kesabaran Anda. Manusia cenderung lebih semangat untuk melakukan sesuatu jika memiliki motivasi tertentu. Mengapa tidak mencoba untuk membangun motivasi kuat Anda sebelum mulai mengikuti kursus atau pelatihan bahasa. Apa yang didorong dari diri sendiri akan lebih kuat dan bertahan lebih lama tentunya. Dan ingat, mempelajari bahasa baru bukanlah pekerjaan semalam! Anda harus emlatih kesabaran dan menikmati setiap kemajuan yang Anda buat setiap harinya.
  • Membenamkan diri langsung. Tidak dapat dipungkiri, belajar langsung bersama penutur asli dan mendapat pengalaman nyata untuk hidup berdampingan akan meningkatkan keterampilan kita dalam berbahasa. Ada dorongan naluriah yang membuat kita belajar lebih cepat dengan langsung membenamkan diri di negara asalnya. Adanya kesempatan untuk bekerja atau belajar di luar negeri tentu peluang yang sangat baik untuk meningkatkan keterampilan bahasa Anda.

Dari keempat faktor yang mempengaruhi Anda belajar bahasa, ada juga cara sederhana yang dapat Anda terapkan secara mandiri untuk belajar bahasa. Mengetahui karakteristik bahasa, gaya belajar, motivasi dengan kesabaran dan kegigihan serta pengalaman langsung dengan kebudayaan luar negeri akan lebih lengkap dengan mempraktikkan beberapa trik dari kami berikut.

Pertama, pelajari kosakata yang tepat dengan cara yang benar. Cari tahu kosakata dan frase apa saja yang paling umum digunakan dalam bahasa target Anda, kemudian kembangkan itu menuju kalimat atau pembahasan yang lebih kompleks. Keduanya, ingat betapa pentingnya variasi, baik dari variasi materi maupun variasi kegiatan. Ketiga, carilah keterkaitan dalam bahasa baru dengan aktifitas sehari-hari Anda. Buat diri Anda sedekat mungkin dengan bahasa tersebut, misalnya dengan mengubah semua playlist lagu dengan daftar pilihan lagu dari bahasa baru, menamai beberapa benda sekitar dengan terjemahan bahasa baru, dll. Selanjutnya, terapkan juga gaya belajar mnemonik. Tidak dapat disangkal, metode ini sangatlah bermanfaat untuk membantu Anda belajar bahasa baru.

Dalam mempelajari hal baru, termasuk bahasa, memperhatikan kualitas dan kuantitas belajar juga hal penting. Anda harus mengetahu betul porsi Anda belajar dan mengoptimalkannya. Alih-alih memaksakan diri belajar selama 3 jam sekaligus, jika dirasa 30 menit berulang 2-4x dalam sehari dirasa cukup akan lebih baik. Jangan menekan diri Anda agar pembelajaran tetap berjalan efektif dan menyenangkan!

Kenali bahasa, maka Anda akan mengenal dunia.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!