Kamus dalam bahasa Inggris yang paling awal dikenal adalah The Elementarie, sebuah daftar kata berisikan 8000 kata bahasa Inggris, disusun oleh Richard Mulcaster dan diterbitkan pada 1582. Sebelumnya, bahasa Latin adalah satu-satunya bahasa yang dihormati. Kamus alfabet pertama, A Table Alphabeticall, ditulis oleh guru sekolah Robert Cawdrey pada 1604.
Yang mungkin tidak banyak disadari dari kita adalah bahasa itu tumbuh dan berkembang. Di antara banyak kata yang muncul setiap tahunnya, ada beberapa kata bahkan bahasa hilang penuturnya. Hal ini karena kata tersebut tidak lagi selaras untuk menggambarkan keadaan saat ini, atau muncul kata lain yang lebih sesuai. Dalam bahasa Inggris, ratusan kata dan frasa baru setiap tahunnya ditambahkan ke kamus-kamus dunia. Misalnya, kata “bae” atau “turducken” yang tidak pernah terdengar sebelumnya atau kata “blogger,” “Bitcoin,” dan “Twitter” yang tidak lagi berarti sama seperti sebelumnya. “Streaming” memiliki arti yang sepenuhnya berbeda. Ada beberapa kata dalam bahasa Inggris kuno bahkan masih relate dengan milenial saat ini.
Saat kata-kata tidak digunakan sesering itu lagi, kata-kata tersebut dikeluarkan dari buku-buku terbaru untuk memberi ruang bagi kata dan frasa baru yang bermunculan. Fenomena ini pasti dan sulit untuk dihindarkan, tapi yang dapat kita jaga ada ragamnya bahasa untuk menjaga kebudayaan masing-masing. Setiap bahasa membawa identitas mereka, dan di dalamnya juga terkandung budaya penuturnya.
Berikut adalah daftar singkat dari beberapa kata dan frasa yang mungkin akan hilang dalam waktu dekat.

‘Mutt And Jeff’

Mutt and Jeff adalah komik strip yang dimulai pada tahun 1907. Dibuat oleh Harry Conway “Bud” Fisher, yang memulai sebagai kartunis olahraga untuk San Francisco Chronicle, komik strip ini didasarkan pada karakter Augustus Mutt dan Jim Jeffries.
Istilah “Mutt and Jeff” mengacu pada dua orang yang bertolak belakang, biasanya yang satu tinggi dan satunya pendek atau yang satu gemuk dan satunya kurus. Contoh lainnya adalah Abbott dan Costello, Yogi Bear dan Boo-Boo, juga Laurel dan Hardy. Istilah ini menjadi slogan untuk dua orang teman atau rekan kerja yang jauh berbeda satu sama lain.

‘Kilroy Was Here’

Selama setiap pertempuran Perang Dunia II dan Perang Korea, selalu ada prajurit yang menjadi yang pertama muncul, yang pertama mengangkat senjata, yang pertama berlari ke garis musuh. Dia dikenal sebagai “Kilroy.” Banyak legenda yang berbeda mengenai asal usul “Kilroy was here,” tetapi kemungkinan besar menyangkut James J. Kilroy, seorang inspektur galangan kapal yang ditugaskan untuk memeriksa paku keling pada kapal perang yang baru dibuat. Dia akan menandai “Kilroy was here” di beberapa bagian kapal yang tidak mencolok untuk menunjukkan bahwa dia telah memeriksa area itu.
Para prajurit yang diangkut dengan kapal-kapal itu melihat kartun tersebut dan tidak tahu dari mana asalnya. Karena Kilroy yang lebih dulu berada di sana, mereka memutuskan bahwa terserah mereka untuk menyebarkan gambar itu ke tempat-tempat yang paling tidak mungkin mereka temukan.
“Kilroy was here ” dilaporkan tertulis di bagian bawah Arc de Triomphe, di lengan Patung Liberty, di tanah di Bulan, dan bahkan di kakus yang telah didirikan untuk pertemuan Churchill, Stalin, dan Truman pada Konferensi Potsdam tahun 1945. Stalin adalah kelompok pertama yang menggunakan kakus tersebut. Setelah meninggalkannya, dia menoleh ke ajudannya dan bertanya, “Siapa Kilroy?”

‘Bedlam’

Kata “bedlam” digunakan untuk menandakan situasi yang benar-benar di luar kendali, kacau, dan mungkin berbahaya.
“Bedlam” berasal dari Bethlem Royal Hospital, salah satu rumah sakit jiwa paling terkenal di London, yang kemudian dikenal sebagai “Bedlam.” Rumah Sakit Bethlem dibuka pada tahun 1247 dan dibangun tepat di atas saluran pembuangan yang sering banjir.
Sekitar tahun 1600-an, kontrol Bedlam dialihkan dari gereja ke negara. Selama bertahun-tahun, semua jenis teknik eksperimental yang tidak biasa dan berbahaya digunakan pada pasien. Misalnya, seorang pasien mungkin diikat di kursi yang digantung di langit-langit dan diputar penuh satu lingkaran sampai dia muntah.
Pasien dipukuli, kelaparan, dibakar, dan diberi racun sebagai metode pengobatan. Banyak yang tidak selamat, dan kuburan massal kemudian ditemukan di properti itu. Rumah Sakit Bethlem Royal masih beroperasi, dan dokter serta perawat sekarang melakukan segala yang mereka bisa untuk membantu orang-orang yang membutuhkan perawatan mereka.

‘A New York Minute’

“A New York minute” adalah sesuatu yang instan. Frasa ini dimaksudkan untuk menyiratkan gaya hidup yang sangat cepat atau hal-hal yang terjadi dalam sekejap karena New York City dianggap sebagai tempat tinggal yang serba cepat.
Pembawa acara televisi dan selebriti Johnny Carson pernah bercanda bahwa satu menit di New York adalah waktu yang dibutuhkan antara lampu lalu lintas berubah menjadi hijau dan orang di belakang Anda membunyikan klakson.

‘Blood, Sweat, And Tears’

“Blood, sweat, and tears” mengacu pada seseorang yang memberikan segalanya untuk tujuan tertentu, atau merujuk pada sesuatu yang membutuhkan usaha yang melelahkan. Diyakini bahwa ungkapan itu adalah variasi dari ungkapan yang digunakan oleh Sir Winston Churchill dalam pidatonya pada tahun 1940. Dia memperingatkan orang-orang Inggris tentang masalah yang akan datang dalam Perang Dunia II: “Saya tidak punya apa-apa untuk ditawarkan selain darah, jerih payah, air mata, dan keringat.”
Pada tahun 1967, musisi Al Kooper menggunakan frasa tersebut untuk nama band jazz-rock barunya. Setidaknya 140 musisi berbeda pernah menjadi anggota Blood, Sweat and Tears.

‘Cassette’

Cassette (kaset) adalah format perekaman pita magnetik analog, awalnya dikenal sebagai Kaset Audio Ringkas. Kaset dibuat pada tahun 1963 oleh Philips, sebuah perusahaan teknologi Belanda. Ada dua bentuk berbeda—kaset kosong untuk merekam musik dan kata yang diucapkan atau kaset yang direkam sebelumnya.
Pemutar kaset pertama yang dibuat agar muat di dasbor mobil dirancang pada tahun 1968. Dari tahun 1970 hingga awal 2000-an, kaset menjadi salah satu dari dua format paling umum, di samping piringan hitam (LP) dan kemudian cakram padat (CD). Satu-satunya masalah pada kaset adalah kaset tersebut akan tersangkut di mesin jika pemutar mulai kehilangan daya. Anda perlu melepas pita kaset dengan hati-hati dan kemudian menggunakan pensil atau obeng untuk memundurkan pita tersebut ke gulungannya.

‘Floppy Disk’

Floppy disk adalah media penyimpanan magnetik untuk sejumlah besar data komputer, serupa dengan flash drive yang kita gunakan saat ini. Anda menulis disk atau membacanya dengan floppy disk drive. Keduanya adalah format data yang paling umum digunakan dari akhir 1970-an hingga 1990-an.
Mereka populer selama hampir 40 tahun. Tetapi disket mulai kehilangan daya tariknya pada 1990-an karena jaringan komputer berkecepatan tinggi dan USB thumb drive menjadi lebih nyaman. Sekarang floppy disk hanya digunakan dengan perangkat keras lama dan peralatan komputer industri.

‘Yard Goods’

Jauh sebelum Anda bisa masuk ke department store dan membeli pakaian dari rak, pakaian harus dibuat dengan tangan. Yang dimaksud dengan “yard goods” adalah kain, plastik, dan bahan lain yang dibeli berdasarkan yard untuk digunakan dalam pakaian atau barang-barang rumah tangga.
Di masa lalu, kostum Halloween juga dibuat dengan tangan. Sebagian besar toko ritel besar di seluruh negeri memiliki departemen yard goods yang menampilkan berbagai kain dan konsep seperti kancing, ritsleting, benang, dan pola.
Toko kerajinan dan kain seperti Jo-Ann Fabrics, Fabric Barn, dan Michaels bermunculan di seluruh negeri. Mereka tetap populer sampai pertengahan 2000-an ketika membeli pakaian menjadi lebih murah daripada membuatnya sendiri. Yard goods masih tersedia secara online dari berbagai pemasok.

‘Swell’

Kata “swell” telah mengambil banyak arti selama bertahun-tahun. Pada abad ke-18, swell berarti “sombong” atau “memaksa.” Pada awal abad ke-19, kata itu umum digunakan sebagai kata sifat dan memiliki arti “terhormat” atau “bergaya”.
Sekitar tahun 1920-an, kata “swell” adalah kata sifat yang berarti sesuatu yang sempurna. Pada 1930-an, kata itu digunakan secara berbeda. Swell berarti apa saja dari “sangat baik” hingga “tidak apa-apa.”
Sebagai kata kerja, swell selalu berarti memperluas atau meningkatkan ukuran atau intensitas. Sebagai kata benda, swell juga bisa merujuk pada gelombang panjang yang bergulir di laut. Kata tumbuh dan berubah mengikuti situasi saat ini.

‘Golly’

Kata “golly” memiliki sejarah yang cukup panjang. Kata itu merupakan salah satu dari trio kata pelengkap—“golly,” “gosh,” dan “gee.” Awalnya tercatat sekitar tahun 1775, “golly” dan “gosh” adalah eufemisme (“ekspresi pengganti”) untuk kata “God” dan “gee” adalah eufemisme untuk Yesus.
Hari-hari ini, “golly” dimaksudkan untuk mengungkapkan kejutan ringan atau heran tanpa bersumpah serapah. Kata tersebut adalah ekspresi umum dari tahun 1940-an hingga akhir 1970-an. Popularitasnya tumbuh pada tahun 1964 ketika Jim Nabors (sebagai karakter TV Gomer Pyle) sering menggunakan kata itu dalam pidato sehari-hari di The Andy Griffith Show dan seri spin-off-nya, Gomer Pyle, USMC.
Akhir-akhir ini, “golly” jarang digunakan karena masyarakat telah mengurangi pembatasan sumpah serapah.
Dapatkah Anda temukan kata atau frasa lainnya? Mungkin bukan masalah yang sulit, tapi tahukah Anda cerita dibaliknya? Akan selalu ada hal yang menarik dari bahasa.
Baca artikel menarik lainnya disini.
Salam baca, Brainy!