Tahukah Anda berapa jumlah bahasa yang ada di dunia? Setidaknya 7000 bahasa aktif digunakan di seluruh dunia. Tentu jumlahnya akan bertambah jika mempertimbangan bahasa daerah di masing-masing negara. Fakta ini juga mendukung banyaknya bahasa yang digunakan di internet, sehingga pertanyaan tentang apakah penting menerjemahkan atau melokalkan situs web, sudah menemukan jawabannya sendiri. Meski bahasa Inggris masih mendominasi penggunaan bahasa di Internet, beberapa bahasa lain nampaknya dengan cepat mengubah sudut pandang situs web. Bisnis maupun perseorangan perlu mempertimbangkan untuk menerjemahkan situs web mereka.

Menerjemahkan situs web Anda adalah terobosan bagus yang perlu Anda perhatikan di era ini. Ada banyak manfaat dari memastikan situs Anda dapat diakses dalam berbagai bahasa. Pertama dan utama, dengan segera Anda akan melihat banyak wajah baru dari berbagai negara mulai mengunjungi situs web Anda. Untuk membantu Anda memahami lebih baik terkait bahasa yang paling banyak digunakan di internet, berikut adalah bahasa teratas yang digunakan di internet menurut statistik Statista.

1. Bahasa Inggris

Menurut statistik Statista, bahasa Inggris adalah bahasa internet yang paling banyak digunakan. Bahasa Inggris memiliki 25,3% pengguna internet di seluruh dunia. Ini tidak mengejutkan karena bahasa Inggris telah mendominasi bahasa internet selama bertahun-tahun. Bahasa Inggris sendiri merupakan bahasa pendiri internet, yang kemudian sebagian konten bahasa Inggris mulai diterjemahkan ke berbagai bahasa lainnya.

2. Bahasa Mandarin

Diasumsikan bahwa bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling cepat berkembang di dunia dan menurut Statistik, itu benar. Cina mengambil tempat kedua dengan presentase 19,8% pengguna internet yang menggunakannya. Dengan populasi 1,35 miliar dan penutur asing yang masih aktif mempelajari bahasa tersebut, bahasa Mandarin layak menduduki posisi kedua dalam urutan ini. Jika Anda ingin melihat perkembangan signifikan dari situs web Anda, menerjemahkan dalam bahasa Mandarin adalah solusi tepat.

3. Bahasa Spanyol

Percaya atau tidak, ada lebih dari 750 juta orang yang berbicara bahasa Spanyol di seluruh dunia. Sekitar setengah dari mereka adalah penutur asli bahasa Spanyol. Angka tersebut menunjukkan jika Anda ingin mengakses populasi ini, Anda perlu menerjemahkan atau melokalkan situs web Anda. Konten yang dikejar dalam bahasa Spanyol terus berkembang. Penutur bahasa Spanyol kini kian terhubung sehingga membutuhkan lebih banyak konten yang dapat diakses menggunakan bahasa mereka. Statista menempatkan bahasa Spanyol di urutan ketiga dengan 8% pengguna internet menggunakan bahasa Spanyol. Peringkat ini diperkirakan akan kian meningkat signifikan di tahun-tahun mendatang.

4. Bahasa Arab

Pada tahun 2015, bahasa Arab tidak masuk dalam sepuluh besar bahasa teratas yang digunakan di internet, tetapi telah berkembang menjadi salah satu bahasa internet yang paling banyak digunakan saat ini. Pada tahun 2013, hanya 37% penutur bahasa Arab yang terhubung ke internet, tetapi saat ini ada lebih dari 168,1 juta pengguna internet bahasa Arab di seluruh dunia. Anda juga perlu mempertimbangkan bahasa Arab untuk menjadi pilihan bahasa dalam situs web Anda.

5. Bahasa Portugis

Sama seperti bahasa Arab dan Spanyol, konten bahasa Portugis online telah berkembang sejak 2011. Pada tahun 2013, hanya 47% penutur bahasa Portugis yang terhubung ke internet, tetapi banyak hal berubah seiring berjalannya waktu dan sekarang ada 131,9 juta penutur bahasa Portugis yang terhubung ke internet. Peningkatan ini menunjukkan setidaknya 4,1% orang berbahasa Portugis menggunakan internet.

6. Bahasa Indonesia

Tidak ada yang akan percaya bahasa Indonesia menempati urutan keenam dalam daftar berikut. Dengan lebih dari 98,9 juta pengguna internet, layak untuk menerjemahkan situs web Anda ke bahasa Indonesia agar dapat diakses oleh pasar yang besar ini. Perlu diketahui bahwa orang-orang Indonesia biasanya suka mencari produk atau layanan asing, maka menerjemahkan atau melokalkan situs web Anda ke dalam bahasa Indonesia akan menjadi strategi bisnis yang luar biasa.

7. Bahasa Jepang

Bahasa Jepang telah masuk dalam daftar bahasa paling populer di internet sejak tahun 2011 silam. Mirip dengan bahasa Spanyol, penutur bahasa Jepang membuat sejumlah konten online. Namun, ada banyak ruang untuk peningkatan. Melokalkan situs web Anda ke bahasa Jepang maka akan lebih banyak lalu lintas dari berbagai negara, bisnis, dan peningkatan ROI Anda. 3% pengguna internet adalah orang Jepang yang berarti 114,9+ juta pengguna.

8. Bahasa Rusia

Bahasa Rusia telah berkembang pesat dengan 103,1+ juta pengguna internet. Pada tahun 2011, populasi penutur bahasa Rusia yang mengakses internet meningkat sebesar 41,5 persen dan masih terus mengalami peningkatan. Dan menariknya, popularitas bahasa Rusia di dunia juga tidak menunjukkan penurunan.

9. Bahasa Prancis

Mungkin banyak yang mengira bahwa bahasa Prancis masuk ke dalam lima besar bahasa teratas yang digunakan di internet. Prancis secara mengejutkan memiliki pangsa pengguna situs web yang layak, mengingat fakta bahwa bahasa Prancis adalah bahasa resmi dari 29 negara dan Prancis terkenal dengan upaya kerasnya untuk melestarikan bahasa Prancis. Namun, dalam statistika terakhir menempatkan Prancis ke urutan ke sembilan dengan sekitar 2,8 pengguna internet.

10. Bahasa Jerman

Menurut Internet World Stats, bahasa Jerman adalah bahasa kesepuluh yang paling umum digunakan di internet pada tahun 2015. Statistiknya tidak banyak berubah. Statistik terbaru menunjukkan bahasa Jerman sebagai bahasa kesepuluh teratas yang digunakan secara online dengan 2,2% pengguna internet. Sangat mudah untuk menerjemahkan situs web Anda menggunakan alat terjemahan bahasa online dan Anda dapat terhubung dengan orang-orang berbahasa Jerman di seluruh dunia.

Dari daftar di atas kita sama-sama dapat menyadari bahwa menerjemahkan atau melokalkan situs web dapat menjangkau pasar atau peluang yang lebih luas. Jika Anda menargetkan pasar global, menyusun strategi bisnis yang menargetkan banyak budaya berbeda akan mengarahkan Anda ke jalan yang benar. Sudah banyak alat dan layanan yang menawarkan hal ini. Namun, untuk hasil yang berkualitas dan terjamin, sangat kami sarankan untuk menggunakan layanan terjemahan profesional. Brainy Translation hadir membantu Anda.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!