085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Sudah banyak di artikel sebelumnya, kami membahas tentang peran penerjemah untuk bisnis Internasional dan seberapa penting pelokalan dalam hal ini. Namun, kesempatan ini akan berfokus pada penerjemahan konten media sosial yang sedang gencar-gencarnya beberapa tahun belakangan. Tidak perlu diragukan, pemasaran melalui media sosial merupakan salah satu faktor dari keberhasilan bisnis internasional. Media sosial menjadi jembatan utama untuk terhubung dengan pasar global dan menargetkan banyak audiens di seluruh dunia. Meski bahasa Inggris dapat dikatakan sebagai bahasa Internasional dan dilansir dari databoks.katadata.id bahasa Inggris menempati posisi pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di tahun 2021, bukan berarti seluruh penghuni bumi menggunakan bahasa Inggris. Beberapa bahasa besar lain juga memiliki jumlah penutur yang tidak beda jauh.

Fakta lain menunjukkan bahwa masyarakat lebih tertarik pada produk yang dipasarkan menggunakan bahasa ibu mereka. Sebuah studi Bisnis Facebook menemukan bahwa 80% orang Hispanik Amerika Serikat yang disurvei merespons lebih positif terhadap iklan dalam bahasa Spanyol dibanding bahasa Inggris. Dan orang Amerika keturunan Asia memilih untuk terhubung dalam bahasa di media sosial, dengan 42% berkomunikasi dalam bahasa ibu mereka di separuh waktu bahkan lebih melalui Facebook.

Menurut Hootsuite, media sosial multibahasa sekarang lebih relevan dari sebelumnya dan menjadi aset utama bagi perusahaan di seluruh dunia. Atas dasar urgensi ini, menerjemahkan konten media sosial dapat dikatakan mudah tapi juga sulit, atau sebaliknya sulit tapi mudah. Satu kegagalan dalam melokalkan bahasa target akan berdampak negatif pada bisnis Anda. Keakuratan pelokalan dan penerjemahan menjadi goals utama dalam praktik ini. Penerjemah harus mampu memastikan bahwa iklan atau promosi melalui pesan dan cuitan media sosial ini dapat mengomunikasikan pesan perusahaan secara efektif. Penerjemah harus bekerja dengan baik untuk menangkap norma dan tren budaya di berbagai wilayah di dunia.

Lantas, apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menerjemahkan konten media sosial?

Rencana

Perencanaan membuat salinan media sosial yang menarik sering kali menjadi proses yang sulit karena bukan hanya menargetkan bahasa, penerjemah juga menargetkan pasar baru. Yang harus dipikirkan adalah kompleksitas budaya apa pun yang mungkin saja timbul, pesan atau buzzword media sosial yang menyebabkan kesulitan bahasa, serta batas karakter untuk masing-masing platform.

#Tagar

Beberapa diskusi yang ramai kemarin membahas efektifitas #tagar untuk promosi di media sosial. Terlepas dari itu, tagar masih menjadi cara yang bagus agar bisnis Anda terlibat dengan pelanggan, tapi jelas prefrensi tagar yang bagaimana harus diperhatikan dengan baik. Pikirkan tentang peran yang dimainkan oleh tagar yang Anda pilih, bagaimana tagar itu coock dengan mereka Anda, dan reaksi yang Anda harapkan dari tagar tersebut. Berpikir ke depan demikian adalah cara terbaik untuk membantu bisnis dan pemasaran produk Anda, termasuk dalam hal pemilihan tagar.

Jargon

Mengingat AS di garis depan dalam revolusi digital, bahasa Inggris telah menjadi pemimpin sebagai bahasa de facto di media sosial. Tapi Anda juga harus cerdik melihat pasar yang lebih tertarik dengan jargon karangan sendiri. Penerjemah harus bijaksana dalam memastikan kapan harus menerjemahkan dan kapan tidak perlu untuk diterjemahkan.

Media sosial menjadi strategi bisnis terstruktur untuk menjangkau pasar global. Jika Anda ingin mencapai kesuksesan yang tinggi dalam hal ini, mempercayakan pada penerjemah profesional merupakan ide yang bagus. Anda tidak perlu khawatir akan ruang yang cacat dan pelokalan yang tidak tepat jika Anda memilih jasa penerjemah dengan cermat. Anda perlu meluangkan waktu untuk memilah penerjemah yang tepat untuk bisnis Anda. Dan harus kami katakan, Brainy Translation adalah jawabannya. Hubungi kami sekarang dan lihat bagaimana bisnis Anda berkembang bersama kami.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!