Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/brainytr/public_html/wp-content/themes/Divi/includes/builder/functions.php on line 5917
Tahukah Anda, Berapa Banyak Dialek Bahasa Inggris? - Brainy Translation
085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Meskipun tidak mungkin untuk menentukan jumlah tepatnya dialek dalam bahasa Inggris yang digunakan di seluruh dunia, diperkirakan terdapat lebih dari 160 dialek bahasa Inggris berbeda yang digunakan di seluruh dunia. Menariknya, jumlah ini terus meningkat karena adanya perbedaan penyampaian dan pelafalan dalam budaya lokal di seluruh dunia.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahasa Inggris telah berkembang pesat sebagai bahasa Internasional yang digunakan untuk bahasa komunikasi dan bisnis global. Penyebaran budaya dan pertumbuhan Kerajaan Inggris berhasil menjadikan bahasa Inggris sebagai jembatan yang digunakan untuk berkomunikasi masyarakat dunia. Namun, setiap negara yang menggunakan bahasa Inggris memiliki kapasitas penyampaian yang berbeda berkaitan dengan kecenderungan untuk mempersonalisasi penyampaiannya yang lebih dekat dengan bahasa ibu masing-masing.

Sama halnya dengan bahasa lain, dialek khusus bahasa Inggris bergantung erat pada wilayah bahasa itu digunakan. Bahasa Indonesia contohnya, ada berbagai dialek atau aksen berbeda untuk bahasa Indonesia yang digunakan oleh warga Jakarta dengan Papua atau Madura misalnya. Aksen berpaku pada bagaimana orang mengucapkan kata-kata, sementara dialek lebih kepada pengucaan, kosakata dan tata bahasa yang juga berbeda. Dialek secara besar-besaran dipengaruhi oleh bahasa pertama penduduk lokal.

Beberapa dialek bahasa Inggris yang paling umum digunakan termasuk dialek dari tempat-tempat seperti Australia, Amerika Serikat, Inggris, India, Kenya, Jamaika, dan sekitarnya. Dialek di daerah-daerah tersebut mempersonalisasi penyampaian bahasa dengan mengintegrasikan frasa dan kata budaya tertentu ke dalam bahasa yang tidak dapat dibedakan dengan orang luar. Dialek-dialek ini sering kali berbeda-beda di berbagai daerah untuk berkembang menjadi sub-dialek.

Misalnya saja di Amerika Serikat, sub-dialek berkembang menyesuaikan penggunanya. Diperkirakan terdapat 7 kelompok dialek utama di Amerika Serikat: Bahasa Inggris Amerika Barat, Bahasa Inggris Amerika Tengah Utara, Bahasa Inggris Amerika Utara, Bahasa Inggris Amerika Tengah, Bahasa Inggris Amerika Selatan, Bahasa Inggris Amerika Kota New York dan Bahasa Inggris Amerika New England Utara.

Baca artikel khusus tentang peta bahasa.

Tentu saja, masih banyak lagi, sebanyak yang bisa Anda hitung. Setiap kelompok memiliki sub-dialeknya sendiri, dan perbedaan dialek bahasa Inggris ini bergantung di mana Anda menempatkan garis pemisah tipis antara bahasa dan dialek, karena perbedaan keduanya terkait secara politis.

Sementara, dialek bahasa Inggris di Inggris dapat dikategorikan ke dalam 7 kelompok besar: Bahasa Inggris Standar (“Bahasa Inggris Ratu”), Bahasa Inggris Utara, East Midlands, West Midlands, East Anglia, Southern, West Country, dan Highland English. Di sisi lain, Dialek Bahasa Inggris di Skotlandia dapat dikategorikan ke dalam 3 kelompok besar ini: Bahasa Inggris Dataran Tinggi, Bahasa Skotlandia Dataran Rendah, dan Bahasa Glaswegian.

Lantas manakah yang seharusnya Anda gunakan sebagai pelajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua?

Mungkin kami akan sarankan untuk memilih American English karena populasi orang Amerika yang jauh lebih banyak dibanding wilayah lain sehingga probabilitas Anda untuk bertemu orang Amerika lebih besar, dunia hiburan yang kini berkiblat pada Amerika juga menjadi alasan utama. Sederhananya, jika Anda menggunakan American English lebih memungkinkan untuk dipahami oleh orang British atau Australian sekalipun dan juga ada banyak sumber untuk Anda belajar American English.

Apapun itu, belajar bahasa baru memberikan banyak manfaat untuk Anda secara personal maupun profesional. Kenali bahasa, kenali dunia.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!