Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/brainytr/public_html/wp-content/themes/Divi/includes/builder/functions.php on line 5917
Melatih Otot Penerjemahan - Brainy Translation
085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Penerjemah bukan sekadar jabatan atau status. Profesi menjadi penerjemah adalah sebuah keterampilan yang perlu untuk  terus diasah dan dikembangkan secara berkelanjutan. Sebagaimana bagian tubuh yang lain, otot menerjemahkan juga perlu terus dilatih agar dapat menghasilkan terjemahan yang lebih baik tentunya. Terlebih, saat tidak ada tenggat terjemahan yang harus dikerjakan dalam beberapa waktu ke depan.  Rutinitas dalam menerjemahkan tidak terbatas dalam proyek terjemahan saja.

Bagi penerjemah lepas, mendapatkan proyek terjemahan mungkin bukan sesuatu yang pasti dan teratur. Dalam waktu tertentu, Anda akan disibukkan dengan banyak proyek yang meminta Anda untuk menyelesaikan dalam waktu bersamaan. Sementara beberapa saat yang lain, Anda mungkin harus beristirahat sebentar. Di saat-saat seperti inilah, Anda dapat memanfaatkan waktu luang untuk meningkatkan keterampilan menerjemahkan Anda.

Misalnya dengan menghabiskan banyak waktu di komunitas TED Translator. Di komunitas ini, para penerjemah membantu TED untuk menyebarkan ide-ide baru dengan turut menerjemahkan subtitle video-videonya ke bahasa Indonesia. TED Translator berbasis komunitas dan merupakan nirlaba sehingga Anda akan menerjemahkan secara sukarela tanpa dibayar. Tapi, Anda akan mendapatkan pengalaman juga eksposur terkait profesi Anda. TED Translator juga terbuka lebar untuk para penerjemah pemula. Mengingat tidak adanya tempat belajar khusus untuk menjadi subtitler, maka memanfaatkan kesempatan untuk aktif dalam komunitas TED Translator adalah ide yang bagus. Tidak perlu khawatir, semua hasil terjemahan akan melewati proses riview sebelum subtitle tersebut tayang! Manfaat terjun langsung demikian tentunya sangatlah berguna untuk meningkatkan keterampilan Anda. Selain itu, berikut beberapa cara atau langkah lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menerjemahkan.

Mengelola blog

Blog dapat mengintegrasikan diri Anda ke dalam komunitas penerjemahan yang lebih luas dengan saling berbagi informasi, mendapat umpan balik, serta menjadi protofolio baru untuk karir Anda. Berbagai pengalaman dengan yang lain akan menjadi cara pembelajaran yang baik untuk memacu kemajuan Anda.

Up to date dalam menulis

Tidak dapat dipungkiri, keterampilan menerjemahkan tidak lepas dari keterampilan menulis. Secara sederhana, menerjemahkan merupakan proses menulis kembali pesan atau makna dari teks asli ke dalam bahasa sasaran. Maka dari itu, terus mengikuti perkembangan dan mengasah keterampilan kepenulisan seputar ejaan, tanda baca, tata bahasa, maupun gaya menulis adalah keharusan.

Jangan lewatkan riview!

Dalam proses menerjemahkan, poin terpenting yang tidak boleh diabaikan adalah proses riview hasil akhir terjemahan. Anda dapat melihat serta mengukur kemampuan terjemahan Anda saat Anda membacakan hasil akhir terjemahan dengan lantang. Mengetahui kosakata yang kurang tepat, frasa atau kalimat yang ditulis secara canggung, akan membantu Anda terus memperbaiki hasil terjemahan Anda. Akan selalu baik jika Anda memiliki rekan yang dapat memberikan masukan dan umpan balik untuk hasil Anda, namun itu memang tidak selalu dimungkinkan. Oleh sebab itu, riview mandiri perlu dilakukan.

Perbanyak bacaan

Selain kemampuan menulis, kebiasaan untuk haus bacaan nyatanya sangat berguna bagi seorang penerjemah. Anda dapat mulai membaca hasil terjemahan penerjemah lain, melihat bagaimana sudut pandang yang mereka ambil dan bagaimana mereka menuliskannya kembali.

Latihan otot penerjemahan demikian hanyalah sebagian kecil cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keterampilan Anda. Temukan lebih banyak di internet! Akan tetapi, yang terpenting adalah tidak pernah merasa cepat puas akan apa yang Anda miliki saat ini. Bahasa, pengetahuan, teknologi, serta dunia, pun terus bergerak dan berkembang. Perubaan itu adalah sebuah kepastian. Oleh sebab itu, apapun yang Anda kerjakan, terus belajar dan mengikuti perkembangan adalah cara untuk bertahan.

Baca juga: Hari Penerjemah Internasional!

Jika Anda mencari jasa penerjemah profesional, Brainy Translation hadir untuk membantu Anda. Bekerja dengan penerjemah berpengalaman, kami siap memberikan hasil terjemahan yang tidak akan mengecewakan Anda. Kami melayani revisi hingga terjemahan sesuai dengan keinginan Anda tanpa biaya revisi sedikitpun. Apa yang dari kami adalah yang terbaik untuk Anda tentunya!

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!