085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Praktik penerjemah kini kian banyak dicari orang. Mengingat dunia menuju desa global, dunia semakin mudah untuk diakses masyarakat secara luas. Oleh sebab itu, bahasa seharusnya bukan lagi hambatan, terlebih dengan adanya peran penerjemah. Tentu bukan tanpa kualifikasi jelas untuk menjadi penerjemah, jika demikian pasti semua akan menjadi penerjemah. Penerjemah akan dituntut untuk memiliki keterampilan bahasa (lebih dari satu bahasa tentunya), keterampilan membaca dan menulis, aktif dalam riset atau penelitian, melek budaya, dan mengikuti perkembangan. Namun, sama halnya dengan profesi profesional lainnya yang memiliki kode etik untuk dipatuhi, seorang penerjemah juga memiliki beberapa kode etik.

Kode etik adalah norma dan asas yang diterima oleh kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku. Dengan demikian, meski terkadang penerjemah tidak harus memiliki sertifikat dalam bidangnya, tetap saja kita tidak bisa seenaknya menjadi penerjemah dan mengabaikan kode etik penerjemah. Penerjemah memiliki kode etik karena penerjemah adalah profesi yang diakui, dan semua profesi tentu memiliki kode etik.

Kode etik penerjemah yang pertama adalah penerjemah tidak diperkenankan untuk condong ke satu hal atau satu terjemahan saja. Menerjemahkan bukan berarti mengartikan kata demi kata, penerjemah harus memperhatikan keseluruhan kalimatnya dan aspek lain yang berkaitan dengan topik tersebut agar dapat menemukan makna sesungguhnya. Meski mungkin dalam proses penerjemahan dihasilkan terjemahan yang tidak seratus persen sama dengan maknanya secara linguistik, hal tersebut masih dibenarkan jika tidak melenceng dari makna keseluruhan. Penekanannya berada pada hasil terjemahan yang sesuai makna.

Kemudian, kode etik penerjemah yang kedua adalah menyelesaikan proyek sesuai tenggat waktu yang telah disepakati. Sebagai penerjemah profesional sudah seharusnya menyelesaikan tugas penerjemahan sebelum tenggat waktu akhir yang ditentukan karena ini merupakan dasar kode etik yang paling utama untuk dipatuhi oleh seorang penerjemah. Ketepatan waktu dalam penyelesaian proyek penerjemah menunjukkan profesionalitas kerja dan berpengaruh besar terhadap kepercayaan klien kepada penerjemahan tersebut.

Ketiga, kode etik penerjemah adalah tidak mengambil proyek jika bukan profesional dan tidak memenuhi syarat atau sertifikasi tertentu. Meski sebelumnya sudah kami singgung bahwa semua orang dapat menjadi penerjemah walaupun tidak mengenal ilmu terjemahan, namun beberapa proyek membutuhkan sarat tertentu dan profesional dalam bidangnya. Jika proyek tersebut dilakukan oleh sebarang penerjemah maka dapat menyalahi kode etik dan hasil terjemahan bisa saja tida sesuai serta tidak bisa dipertanggung jawabkan secara profesional. Sama halnya dengan profesi yang lain, setiap dari kita harus mengetahui keahlian dan keterbatasan dalam diri sehingga dapat bekerja seoptimal mungkin.

Kode etik penerjemah selanjutnya adalah menjaga kerahasiaan. Tidak dapat dipungkiri, penerjemahan kini hadir di banyak sektor dalam hidup termasuk urusan bisnis, pemerintahan, individual, legalitas, dan lain sebagainya. Setiap proyek tentu memiliki banyak rahasia tersimpan yang tidak boleh bocor ke masyarakat luas. Membangun kepercayaan klien dengan menjaga rahasia yang ada dalam proyek merupakan kunci utama kode etik penerjemah. Anda tidak dapat semena-mena menggunakan infromasi dalam dokumen terjemahan maupun informasi pribadi klien untuk disebarluaskan.

Beberapa kode etik di atas tidak jauh berbeda dengan profesi lainnya yang mengharuskan Anda untuk tetap profesional. Jika Anda ingin berhasil dalam dunia kerja, etos kerja yang baik seharusnya sudah Anda miliki di awal. Himpunan Penerjemah Indonesia juga memiliki kode etik penerjemah secara keseluruhan yang lebih lengkap dan harus untuk dipatuhi oleh seluruh anggota HPI.

Jika Anda sedang mencari jasa penerjemah profesional, Brainy Translation siap membantu Anda! Kami bekerja secara profesional dan bertanggung jawab untuk memberikan hasil terjemahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hubungi kami sekarang dan lihat begitu luar biasa pelayanan yang dapat kami berikan untuk Anda!

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!