Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/brainytr/public_html/wp-content/themes/Divi/includes/builder/functions.php on line 5917
Memori Hack untuk Membantu Anda Belajar Vocab Lebih Cepat! - Brainy Translation
085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Sering kali kita dengar, beberapa orang di sekitar kita ingin belajar bahasa baru, tapi merasa bahwa daya ingat mereka cukup buruk. Banyak orang beranggapan bahwa tingkat daya ingat seseorang telah ditentukan sejak lahir dimana seseorang memiliki daya ingat kuat sementara yang lain harus menerima diri bahwa terkadang bahkan mereka tidak mengingat mengapa membuka lemari es. Terdengar berlebihan, tapi begitulah sebagian orang menilai. Disini, kami akan membantu Anda melihat bahwa semua itu adalah mitos dan menunjukkan siapapun dapat belajar bahasa asing dengan menerapkan memory hack berikut yang sederhana. Mengingat banyaknya bahasa yang ada di dunia, sebelum Anda memulai lebih baik sudah memikirkan apa tujuan Anda untuk bahasa baru Anda, karena kini bahasa Inggris saja tidak cukup.

Pertama, mari kita bahas hipotesis cepat berikut. Misalnya, saya memberik Anda 2 lemari arsip yang berisikan banyak kartu indeks, masing-masing kartu indeks berisikan istilah yang tertulis di atasnya. Salah satu lemari arsip berisikan 100 kartu indeks dan satu lainnya memiliki 1000 kartu indeks. Jika kami meminta Anda untuk mencari satu kartu indeks tertentu yang berada di dua lemari tersebut, dimanakah Anda lebih cepat menemukan kata tersebut? Pada pemikiran pertama, tentu Anda akan berpikir bahwa akan lebih mudah untuk menemukan kata tersebut di lemari arsip pertama yang berisikan 100 kartu indeks. Sekarang bagaimana jika saya katakan bahwa lemari arsip dengan 1000 kata indeks tertusun rapi menurut abjad, dan lemari arsip dengan 100 kata indeks tercampur tanpa pola tertentu. Tentu tanpa ragu dna berfikir panjang, hampir semua sepakat bahwa lemari arsip dengan 1000 kartu indeks yang disusun berdasarkan abjad akan lebih mudah.

Metode demikian juga berlaku pada memori Anda. Bagaimana Anda mengatur data di otak Anda adalah langkah pertama dan yang paling penting untuk mengambil informasi di kemudian hari. Lantas, bagaimana hal ini dapat diterapkan untuk mempelajari bahasa baru?

Untuk mengingat sesuatu, memori Anda perlu melampirkan signifikansi untuk sesuatu tersebut. Salah satu cara kita dapat melampirkan signifikansi pada sesuatu adalah jika hal itu unik.Sulit bagi Anda untuk mengingat 2 minggu kemarin terdapat honda hitam yang sedang mengemudi tepat di sebelah Anda, sementara mudah untuk mengingat scoopy hello kitty yang lewat di depan Anda. Cara agar kita dapat lebih mudah mengingat istilah baru dalam bahasa yang baru kita pelajari adalah dengan mengaitkan sesuatu yang asing itu dengan sesuatu yang mirip dalam bahasa ibu Anda.  Ada juga metode mnemonic –cara singkat secara mental untuk mengingat konsep atau kata-kata yang rumit. Dalam penerapan metode ini, Anda bisa membuat asosiasi antara kata-kata ataupun dengan membuat akronim, seperti mengingat belanjaan di toko (STORE) untuk Spaghetti, Tomatoes, Olives, Rice, Eggs. Selain membantu Anda menambah vocabulary baru, metode ini juga efektif untuk meningkatkan kreatifitas Anda. Semakin sering berlatih, Anda akan semakin kreatif menciptakan akronim baru yang dapat membantu Anda dalam jangka panjang.

Menyusun apa saja yang perlu kita ingat dengan cara yang unik adalah cara kerja otak menyimpannya dalam wkatu yang cukup lama. Sebuah ide bagus selanjutnya untuk menambah kosakata baru Anda adalah dengan menempatkan kata-kata di dalam konteks. Daripada harus membuat catatan acak, akan jauh lebih berharga jika menempatkan kosakata-kosakata baru tersebut dalam kalimat. Belajar kosakata baru dan juga belajar penggunaannya dalam kalimat. Belajar dari situasi nyata dalam kehidupan sehari-hari juga membantu memori untuk menangkap informasi dengan baik. Beberapa kata yang dekat dengan kita dan kita temukan setiap hari akan jauh lebih berhubungan dan mudah untuk diingat. Dalam hal ini, Anda bisa belajar dari bioskop, pertunjukan TV, buku, podcast, atau lagu-lagu hits yang Anda sukai. Beberapa benda di sekitar juga dapat ditambah flash cards yang berisikan istilah asing beserta artinya di balik kertas. Bacalah secara rutin semua kosakata yang Anda buat dalam flash card sambil secara mandiri mencoba menebak-nebak artinya. Lebih dekat bahasa itu dengan Anda, semakin mudah Anda mempelajarinya.

Jika Anda ingin membawa pembelajaran bahasa asing ke level selanjutnya, berikan ruangan yang cukup untuk membuat peta pikiran dengan mengasosiasi kata-kata, sinonim atau antonim. Jika Anda ingin mendapatkan yang terbaik dari proses belajar, usahakan untuk tidak menterjemahkan kata tersebut ke bahasa asal, melainkan jelaskan dan gambarkan dengan bahasa yang sedang kamu pelajari. Kami tidak mengatakan bahwa mudah untuk menghafal semua vocabulary, hanya saja dengan yakin kami sampaikan bahwa peningkatan satu vocab baru di setiap harinya sangatlah berharga untuk keterampilan bahasa baru Anda. Vocabulary merupakan dasar untuk membuat satu bentuk kalimat utuh yang dapat digunakan berkomunikasi. Pesan kami terakhir bahwa ini akan menjadi proses yang panjang mungkin saja, oleh sebab itu jangan berhenti jika Anda menemuka satu dua rintangan dan jangan ragu untuk mulai belajar dari sekarang.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca, Brainy!