Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/brainytr/public_html/wp-content/themes/Divi/includes/builder/functions.php on line 5917
7 Bahasa Universal - Brainy Translation
085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Bahasa selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Baik dari jenisnya, tata bahasa, kosakata, pelafalan, alfabet, penyebaran, manfaat hingga pengaruhnya. Salah satu yang paling sering dibicarakan adalah tentang keberagaman bahasa yang digunakan di seluruh dunia. Mengenai hal ini, tahukah Anda bahwa terdapat sekitar 7.000 bahasa yang digunakan di seluruh dunia. Bukan angka yang besar, jika mengingat ragam bahasa daerah yang ada di tiap negara. Indonesia sendiri memiliki 718 bahasa daerah yang digunakan oleh kelompok etnis Nusantara.

Pernahkah Anda membayangkan jika akhirnya satu dunia menggunakan satu bahasa? Apakah keberagaman akar dari setiap permasalahan?

Setiap bahasa membawa budaya pemiliknya. Setiap bahasa membawa peradabannya. Bahasa juga menggambarkan identitas sebagian kelompok atau wilayah. Dan bahasa merupakan alat utama yang digunakan untuk berkomunikasi.

Melihat hal ini, lantas adakah bahasa universal atau alat komunikasi umum yang dapat dipahami oleh seluruh manusia di penjuru dunia?

Dilansir dari Wikipedia, bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untukberkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata maupun gerakan. Jika menilik definisi bahasa itu,maka dapat diketahui; berikut 7 bentuk komunikasi universal yang digunakan dan dapat dipahami oleh manusia pada umumnya terlepas dari mana dan dimana.

Ekpresi wajah atau (facial expressions)

Tanpa perlu sebuah study mendalam, semua dari kita akan mengerti bagaimana ekspresi wajah saat sedih, bahagia, marah, pun takut. Ekspresi wajah nampaknya bentuk komunikasi kuno yang telah digunakan bersama lintas budaya. Meski bentuk komunikasi satu ini tidak dapat digunakan untuk membahas dialog yang kompleks, namun ekspesi wajah sedikit banyak dapat membantu kita berkomunikasi dengan seseorang bahkan hewan (penelitian menunjukkan simpanse dapat tertawa dan tersenyum).

Gestur atau (body language)

Ketika kita mengunjungi suatu negara dan belum menguasai bahasa negara setempat dengan cukup baik, bahasa tubuh atau gestur akan sangat membantu. Penduduk kota akan mudah mengarahkan lokasi yang Anda tanyakan dengan bantuan bahasa tubuh. Namun, yang perlu diingat meski pada umunya gestur merupakan bentuk komunikasi umum, ada beberapa norma di berbagai negara yang berbeda. Misalnya, bentuk kontak mata dalam budaya Barat dianggap sebagai percakapan yang sopan, namun di Jepang itu menandakan agresi.

Baca selengkapnya di talking without talking.

Emoticon

Jika Anda mengenal lambang Hobo, satu set simbol menarik yang dibuat oleh orang-orang yang sedang dalam perjalanan kereta api Amerika, emoticon merupakan bentuk serupa di era modern. Gambar emoticon tertawa yang dikirim oleh orang Indonesia pun akan berarti tertawa saat Anda mengirimkannya untuk penutur asli di Jerman. Begitu pula dengan simbol-simbol umum lainnya.

Bahasa Isyarat

Jika untuk mengkomunikasikan hal sederhana, bahasa isyarat dapat menjadi alternatif paling mudah yang dapat Anda gunakan. Namun, ada panduan khusus bahasa isyarat yang dirancang dengan aturan dan kegunaannya masing-masing. Prinsipnya adalah menggunakan ejaan jari tangan. Tetap saja, aspek mengeja jari dalam isyarat juga tergantung pada bahasa. Terdapat sekitar lebih dari 100 varian bahasa isyarat yang digunakan di seluruh dunia sehingga tidak semua dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi secara global.

Musik

“Musik adalah bahasa universal seluruh umat manusia” – Henry Wadsworth

Pada dasarnya, musik adalah ritme universal, dengan atau tanpa alat musik, musik dapat dimainkan meski hanya dengan kebisingan dari telapak tangan. Musik dapat menjadi alat ekpresi manusia dan membangun emosional manusia. Mudah bagi kita memahami musik damai atau musik binger tanpa harus mengerti liriknya. Musik menyatukan manusia.

Matematika

Pi akan selalu “rasio keliling lingkaran dengan diameternya” dengan pembulatan yang sama yakni 3,14 di seluruh dunia. Manusia menjelaskan dunia bekerja dan literasi matematika melalui perhitungan. Akan selalu sama 2+2=4 meski pengucapannya akan bergantung bahasa yang digunakan.

Bahasa Pemograman

Setelah perhitungan matematika, apa yang dapat dilakukan matematika lebih dari itu? Matematika membantu membentuk komunikasi antara manusia dan komputer menggunakan bahasa pemograaman. Bahasa ini berasal dari negara-negara berbahasa Inggris atau dirancang oleh penutur asli dalam bahasa Inggris untuk mempromosikan penyerapan. Meski tidak semua berbahasa Inggris, hanya sebagian kecil bahasa pemograman non Inggris.

Dengan ketujuh bentuk komunikasi universal berikut, kita dapat menyadari bahwa bagaimanapun perbedaan setiap bahasa di dunia, terdapat benang merah yang dapat digunakan bersama. Meski bentuk komunikasi di atas tidak dapat digunakan untuk mendiskusikan hal yang kompleks, namun ketujuh bentuk komunikasi tersebut sedikit banyak dapat membantu kita berkomunikasi di tengah hambatan bahasa yang dialami. Modern ini, terdapat bahasa Esperanto yang merupakan bahasa buatan. Bahasa Esperanto adalah bahasa netral yang tidak berat sebelah ke salah satu bahasa di dunia. Bahasa buatan ini paling banyak digunakan dan diharapkan dapat menjadi bahasa netral secara global. Terlepas dari itu, pembelajaran bahasa asing selalu akan memberikan jutaan manfaat untuk kehidupan personal pun professional Anda. Bahasa adalah investasi besar untuk Anda di masa depan.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Salam baca Brainy!