085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Belajar bahasa lengkap dengan permainan bahasa tidak akan ada ujungnya. Bahasa adalah topik yang cukup kompleks dan terus berkembang.

bahasa

Bagi pecinta dunia linguistic dan para pelajar bahasa, hal dasar yang harus Anda pahami adalah topik gender dalam bahasa. Penggunaan keterangan jenis kelamin untuk kata benda di setiap bahasa memiliki karakteristiknya maisng-masing. Bagaiman bahasa Inggris merumuskan gender? Apakah sama dengan cara yang diterapkan untuk bahasa Spanyol? Mari kita belajar bersama bagaimana keduanya menyebutkan perbedaan gender dalam tata bahasa.

Perbedaan Gender dalam Bahasa Inggris

Gender dalam bahasa Indonesia berarti jenis kelamin. Dalam penjelasan yang sederhana, penggunaan gender dalam bahasa Inggris meliputi male (laki-laki) dan female (perempuan). Namun, dalam tata bahasa Inggris, gender dibagi menjadi tiga: untuk yang menunjukkan jantan atau laki-laki (masculine), yang menujukkan betina atau perempuan (feminime), dan yang ketiga neutral yang menunjukkan jenis kelamin netral.

Sedikit banyak tentu Anda telah belajar bagaimana dalam bahasa Inggris terdapat “he, she, it”. Memahami bagaimana penggunaan perbedaan gender dalam bahasa Inggris akan mempermudah Anda untuk mengetahui kata benda selanjutnya yang harus Anda gunakan. Pelajari dari contoh sederhana berikut :

  • My older sister took me to the Market with her car

(Kakak perempuan  saya mengajak saya ke pasar dengan mobilnya)

  • Hans always take his dog to the park in the morning

(tuan Hans selalu membawa anjing peliharaannya ke taman pada pagi hari)

  • The dog looks very funny with its light fur color

(anjing itu terlihat sangat lucu dengan warna bulunya yang cerah)

Gender dalam pronoun bahasa Inggris di atas sekilas menunjukkan bahwa dalam bahasa Inggris khususnya pronoun, masculine dalam bahasa Inggris dapat menggunakan he (dia yang dalam konteks ini laki-laki), his (yang menunjukkan kepemilikan – miliknya), dan himself (ini berkaitan dengan dirinya. Sedangkan untuk feminime, gender dalam pronoun yang digunakan she (dia yang merujuk perempuan), her (merujuk kepada kepemilikan), dan herself (dirinya). Dan yang terakhir, gender neutral dapat menggunakan pronoun it, its, itself.

Tapi bagaimana pun itu, sebelum menggunakannya, Anda harus memastikan untuk menyesuaikan dengan konteks kalimatnya. Setiap aturan memiliki tempatnya sendiri.

Perbedaan Gender Dalam Bahasa Spanyol

Berbeda dengan bahasa Inggris, bahasa Spanyol dan bahasa Roma lainnya memiliki dua bagian dalam menyebutkan gender yakni masculine yang menunjukkan jantan atau laki-laki dan feminime yang menunjukkan betina atau perempuan. Akan mudah untuk mennetukan jenis kelamin bagi benda hidup karena kita dapat melihat dengan jelas benda tersebut termasuk laki-laki atau perempuan. Lantas bagaimana untuk benda mati dlama bahasa Spanyol? Sederhananya, Anda bisa belajar dan menghafal dari kamus Spanyol yang telah menggolongkan m untuk benda masculine dan f  untuk benda feminime. Namun, tentu itu bukan cara yang bisa kita lakukan seterusnya. Mari kita belajar singkat bagaimana menentukan gender dalam bahasa Spanyol.

jasa penerjemah bahasa inggris

Rumus umum yang digunakan untuk menentukan gender dalam bahasa Spanyol adalah benda berakhiran “o” pada umumnya menunjukkan masculine dan benda berakhiran ”a” pada umumnya menunjukkan feminime. Contoh untuk maskulin El paso (langkah), el vestido (gaun), el cielo (langit). Sayangnya, hal ini belum cukup karena ada beberapa pengecualian o untuk feminim seperti: La mano (tangan), la radio (radio). Sedangakn contoh untuk feminim berakhiran a: La tierra (bumi), la boca (mulut), la mentira (dusta; bohong), pengecualian untuk beberapa akhiran a yang menunjukkan maskulin seperti: El problema, el programa, el Sistema (bahasa serapan dari bahasa latin berakhiran-ma atau -ama).

Aturan lainnya dalam menentukan gender feminim ketika kata tersebut pada umumnya berakhiran dengan ‘ción, ‘sión’, ‘dad’, ‘tad’, dan ‘umbre’, contohnya : ‘felicidad’ (kebahagiaan), ‘salud’ (kesehatan), ‘paz’ (kedamaian), ‘religión’ (agama), dan kata ‘canción’ (lagu). Tapi aturan ini pun ada pengecualian di beberapa kata benda yang perlu Anda pelajari lebih lanjut.

Selain itu, dalam bahasa Spanyol terdapat kata-kata yang dilihat dari segi aturannya dapat merujuk pada jenis kelamin tertentu, namun ternyata dapat digunakan oleh kedua jenis kelamin. Kata-kata itu seperti: el ratón (tikus), la rana (kodok), dan la llama (llama). Tapi jangan khawatir, untuk menunjukkan jenis kelamin yang jelas pada kasus ini, Anda dapat menambahkan awalam “macho” yang merujuk pada masculine dan “hembra” yang merujuk untuk feminime.

Jika dibayangkan memang terdengar sedikit sulit memahami bagaimana menentukan gender dalam bahasa Spanyol, tapi yang harus Anda ingat bahwa tidak ada hal baik yang bisa didapatkan dengan mudah.

Memahami karakteristik kedua bahasa tersebut, bahasa Inggris dan bahasa Spanyol, memiliki tingkat kesulitannya masing-masing. Jangan ragu untuk mencoba mempelajarinya, karena bahasa akan berguna bagi Anda hari ini ataupun esok. Tantangan belajar bahasa jadikan untuk motivasi Anda menjadi lebih baik. Terlebih saat ini Anda tidak perlu kebingungan untuk mencari sumber atau media belajar. Semua menjadi lebih dekat di sekitar Anda dengan internet. Selamat berjuang dan berkembang. Baca artikel emnarik lainnya disini!

Salam baca Brainy!