085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Homonim, homofon, dan homograf – tiga term membingungkan yang terdengar mirip, tetapi memiliki perbedaan yang cukup jelas dan mudah disadari. Tentunya Anda akan mudah untuk mencari contoh dari ketiganya dalam bahasa Indonesia, lantas bagaimana untuk bahasa Inggris? Jika Anda mencoba mencari tahu di kategori mana kata-kata tertentu termasuk, definisi dan penjelasan yang diberikan, di bawah ini akan sangat berguna untuk Anda.

Advice – Advise

Termasuk homonim, homofon, atau homograf?

1. Homonim

Baik kita bahas term yang pertama ini. Dari segi kebahasaan homonym berasal dari kata “homo” yang berrati smaa dan “nym” yang berarti nama. Sehingga homonym dapat diartikan kata-kata yang memiliki penulisan dan pelafalan yang sama tetapi berbeda dalam segi makna.

Contoh sederhananya, hot yang dapat berarti panas atau mungkin seksi. Watch sendiri memliki arti melihat, tapi juga bisa diartikan jam tangan. Dan lagi, well yang dapat berarti baik dan juga sumur. Perhatikan ketiga contoh tersebut, itulah homonim. Berikut daftar lanjut contoh homonim dalam bahasa Inggris

jasa penerjemah bahasa inggris

Jadi untuk pemula, selain Anda mengetahui banyak kosakata bahasa Inggris, penting bagi Anda juga tahu menggunakannya. Hindari kesalahan makna untuk kata-kata homonim tersebut.

2. Homofon

Dalam segi kebahasaan, sama seperti sebelumnya “homo” itu sendiri berarti sama, sedangkan “phone” yang berarti suara. Maka dari itu, homofon adalah kata-kata yang terdengar sama, tetapi penulisannya berbeda. Mari kita uraikan konsep tersebut lebih lanjut dengan memberikan beberapa contoh:

Their, There, dan They’re

Meskipun ketiga kata ini jelas berbeda dalam bentuk penulisan, mereka memiliki pelafalan yang sama dalam percakapan-percakapan yang cepat. Kata-kata ini bukan homograf, tetapi homofon. Karena ejaannya berbeda, mudah untuk mengenalinya sebagai kata terpisah dalam bentuk tertulis.

jasa penerjemah bahasa inggris

Anda bisa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris lainnya, seperti menulis dalam bahasa Inggris.

3. Homograf

Konsep homograf mungkin adalah konsep yang paling membingungkan dari ketiganya, karena pengucapannya berbeda, tetapi memiliki ejaan yang sama. Dari segi kebahasaan,”homo” artinya sama dan “graph”  yang berarti tulisan. Contoh-contoh ini akan membuat homograf lebih mudah dipahami:

Desert

Kata ini bisa menjadi kata kerja yang berarti meninggalkan, atau kata benda yang mewakili tempat kering dengan kaktus dan unta. Sebagai tambahan, kata dessert (hidangan yang Anda makan setelah makan) adalah homophone dari kata kerja dessert (gurun).

Pengucapan kata-kata ini berbeda. Saat Anda mengucapkan kata kerja dessert –gurun, Anda menekankan suku kata terakhir, dan penekanan pada kata benda dessert (gurun) ada pada suku kata pertama. Anda dapat menggunakan pola ini sebagai aturan universal (meskipun ada pengecualian darinya): penekanan pada kata kerja adalah kata akhir, dan kata benda ditekankan pada suku kata pertama.

Berikut kata-kata lain yang mengikuti aturan yang sama:

Convert (verb), yang artinya mengubah satu nilai menjadi nilai lain; dan Convert (kata benda), yang mewakili orang yang telah menerima agama baru.

Combine  – kata kerja yang mewakili tindakan kebalikan dari memisahkan, dan Combine – kata benda yang digunakan untuk memberi nama mesin pertanian.

Baca juga artikel khusus kami tentang bahasa Inggris serupa tapi tak sama.

Sangat mudah untuk memahami perbedaan tipis tersebut saat Anda mengetahui aturannya!

Penjelasan di atas tidak sulit untuk dipahami jika Anda memperhatikannya. Karakteristik homonim, homofon, dan homograf serupa, tetapi terdapat perbedaan nyata yang akan membantu Anda menghindari kebingungan dalam komunikasi tertulis atau verbal. Bgaaimana sudah cukup membantu bukan? Baca artikel menarik lainnya disini!

Salam baca Brainy!