085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Anda tahu keterampilan lain apa yang sama pentingnya dengan nilai di ijazah Anda? Keterampilan yang tidak Anda dapatkan secara langsung dalam kuliah formal, ya, keterampilan bahasa. Keterampilan bahasa berbeda dengan kemampuan berpikir. Keterampilan bahasa melibatkan dua unsur yaitu unsur logika dan linguistik, sedangkan kemampuan berpikir hanya melibatkan unsur logika. Terkadang apa yang kita pikirkan, tidak mudah untuk kita utarakan dan lakukan. Tapi ketika kita sudah mampu mengutarakan, itu tandanya kita sudah pikirkan dan lakukan. Faktanya, bahasa dan berbahasa mampu mendefinisikan pola jati diri, pola karakter, dan pola berpikir seseorang.

Tanpa keterampilan bahasa, si Pintar tampak dungu. Sebaliknya, si Dungu tampak pintar dengan bermodal lidah yang fasih atau pena yang tajam.

Ivan Lanin

Bukan lagi rahasia, sesorang yang memiliki keterampilan bahasa dapat membantu mereka maju dalam karir mereka. Terlebih lagi, kemampuan bahasa kedua Anda, seperti bahasa Inggris. Dalam dunia kerja, wajib bagi Anda untuk memiliki keterampilan bahasa. Empat keterampilan bahasa dasar yang harus Anda kuasai, yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menyimak berbeda dengan mendengarkan, dalam proses menyimak Anda diharuskan mampu menyerap informasi dalam otak sehingga disimpan dalam long term memory. Berbicara, membaca, dan menulis, kemampuan bahasa dasar lain yang juga tidak bisa Anda remehkan. Dari membaca dan menulis, Anda bisa kembangkan diri Anda lebih jauh dalam berbicara dan menyimak.

Apa keempat keterampilan bahasa dasar itu cukup?

Baca artikel khusus kami tentang keratabasa

Keterampilan bahasa lainnya yang harus Anda kuasai sebagai investasi dalam dunia kerja Anda adalah kemampuan bahasa praktis, yakni membuat surat, Menyusun laporan, menyajikan presentasi, dan melaksanakan rapat. Tugas pertama yang galib diberikan kepada seorang pegawai adalah membuat surat resmi. Terkesan mudah, tapi jika Anda tidak dibekali oleh keterampilan bahasa yang baik, hal ini akan sulit untuk dilakukan. Selanjutnya, bagaimana dengan Menyusun laporan? Terlepas dari apa tugas pokok Anda sebagai karyawan, Anda tidak akan melewatkan tugas ini meskipun hanya laporan harian kerjaan Anda. Ada 3 bagian penting dalam Menyusun laporan, diantaranya bagian awal, bagian isi, dan bagian penutup. Menyajikan presentasi lanjutan dari laporan yang sudah Anda buat, analisis dasarnya adalah 5W1H atau asdikamba (apa, siapa, diamana, kapan, mengapa, dan bagaimana). Dan yang terakhir, melaksanakan rapat. Anda juga perlu menyiapkan diri Anda ketika Anda diharuskan melaksanakan rapat ke depannya, terlebih jika Anda ditujuk sebagai pemimpin rapat. Anda harus memiliki kemampuan berpikir dan keterampilan bahasa yang baik agar rapat berjalan lancar dan efektif.

Bukan hanya itu, terlepas dari cakupan bahasa, keterampilan bahasa akan memberikan Anda banyak keuntungan dalam karir Anda ke depan. Dengan Anda pintar dalam menyampaikan pikiran, ide, saran Anda dengan baik, beberapa hal baik akan mengiringi perjalan Anda seperti meningkatnya team building karena organisasi dan koordinasi yang Anda jaga dengan baik, memudahkan memahami karakter seseorang sehingga Anda akan mudah beradaptasi, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan konflik dan mengambil keputusan, peningkatan produktifitas, dan tentu keterampilan itu akan meningkatkan hubungan baik dengan klien serta menambah relasi Anda.

Jadi bagaimana dengan keterampilan bahasa yang Anda miliki? Jangan lupa bahwa bahasa terus berkembang, jadi bahasa tidak akan ada habisnya. Itulah mengapa LinguaBahasa memilih slogan “Kuasai bahasa, kuasai dunia”. Dan satu kemampuan yang tidak akan pudar termakan usia adalah keterampilan bahasa. Anda bisa memulai dengan kebiasan membaca cerpen sederhana, buku dengan topik favorit Anda, dan baru melangkahlah ke hal yang lebih luas menjangkau dunia global. Anda dapat temukan dan baca artikel emnarik lainnya disini.

Salam baca Brainy!