085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Salah besar jika berasumsi bahasa adalah hal mutlak yang tidak akan pernah berubah. Nyatanya, bahasa itu statis. Dia bergerak dan berkembang menjawab segala tuntutan perubahan realitas. Dengan teknologi, bahasa bukan lagi benda mati, bahasa dapat bergerak menembus batas negara sekalipun. Kita tidak perlu berkunjung ke suatu negara hanya untuk mempelajari bahasa ibu mereka, cukup sekali ‘klik’, teknologi akan menjawab semua. Dan teknologi adalah kendaraan paling ideal untuk berkembangnya suatu bahasa. Kata yang sudah akrab kita dengar, seiring waktu memiliki makna ganda sehinggga mengaburkan makna aslinya.

Baca artikel khusus kami tentang Bagaimana Twitter Membantu Perkembangan Bahasa di Abad ke-21

Berikut beberapa deretan kata yang memiliki sejumlah makna karena perkembangan teknologi. Perhatikan dan mungkin Anda bisa menemukan lainnya silahkan tulis di kolom komentar.

Thing

Kata “thing” kerap kali dianggap salah satu kata paling samar dan polisemik dalam bahasa Inggris yang bahkan dalam berbagai konteks bisa berarti apa saja. Namun, tahukah Anda “Internet of Things? Jika kata tersebut digunakan dalam bagian ekspresi itu, maka akan merujuk pada makna perangkat ‘pintar’ yang termasuk bagian dari perangkat tersebut yang mampu melakukan aktifitas tanpa adanya interaksi manusia. Sederhananya, konsep Internet of Things adalah menghubungkan semua objek fisik pada kehidupan sehari-hari ke Internet.

Email

Modern ini, email bukan lagi bahasa dari antah berantah karena sudah kita gunakan dalam obrolan sehari-hari. Email merupakan surat elektronik yang digunakan untuk mengirim surat yang dilakukan melaui media internet. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata email merupakan lapisan pelindung gigi yang dapat mencegah kuman perusak gigi? Ya, perkembangan teknologi sudah menyamarkan makna email menjadi surat elektronik yang kita terima saat ini.

Tag

Sebelumnya, kita familiar dengan kata tag yang memaknai permainan anak-anak atau mungkin selembar kertas label harga. Dalam komputasi modern ini, kata tag memiliki sejumlah makna, diantaranya tag HTML, atau kata kunci yang ditetapkan pada potongan informasi sehingga dapat ditemukan dengan mudah nanti, atau pengguna Facebook dan Instagram akan lebih mengenal sebagai aktifitas menandai akun teman Anda.

Feed

“To feed” yang artinya memberi makan atau jika diubah dalam kata benda sering merujuk pada arti makanan hewan. Tapi, modern ini, kata “feed” berkaitan dengan RSS (RSS Feed) : format yang digunakan untuk menerbitkan konten seperti website, atau berita. Untuk generasi milenial, feed/makan familiar dengan makna feed Instagram.

Viral

Sebelumnya, “viral” merupakan kata sifat yang berarti “berhubungan dengan virus, memiliki sifat virus”. Namun, tidak lagi untuk sekarang. Modern ini, kata tersebut menggambarkan situasi ketika sesuatu (biasanya yang berkaitan dengan media sosial) berkembang dengan cepat atau sedang populer di masyarakat.

Tentu saja ini hanya sebagian kecil deretan kata yang berubah akibat dari perkembangan teknologi. Ini merupakan sebuah pembuktian bahwa kemajuan teknologi bukan hanya merubah tatanan dunia menjadi semakin mudah, melainkan juga merubah pola pikir dan istilah yang digunakan sehari-hari. Tuliskan istilah lainnya dan tulis di kolom komentar untuk berbagi informasi dengan pembaca lainnya. Baca artikel menarik lainnya disini !

Salam baca Brainy !