085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Pernahkah kalian memperhatikan ada berapa kata dalam Bahasa Inggris? Ya, tentu jawabannya tidak. Anda bisa saja mengecek langsung pada Oxford English Dictionary. Jumlah kata dalam Bahasa Inggris bisa terus bertambah karena perkembangan dan pergeseran budaya ataupun penemuan ilmiah. Dengan jumlah ysng begitu besar, pasti ada di antaranya yang serupa baik dari segi ejaan maupun pelafalan. Bahkan penutur bahasa pun masih sering kebingungan. Simak beberapa kata berikut !

Serupa Tapi Tak Sama

Affect vs Effect

Cara terbaik untuk membedakan keduannya adalah dengan mengingat prinsip pengelompokan kata. “Affect” adalah kata kerja (verb), sementara “effect” adalah kata benda (noun). Sebagai kata kerja, “affect”menyatakan tindakan. Contohnya : “The things we say can affect the people close to us,” atau “The weather can affect our mood.” Sedangkan, hasil tindakan itu adalah “effect”. Contohnya : “Too much coffee can have a negative effect on your body.”

Advise vs Advice

Pelafalan kedua kata tersebut sangatlah mirip. Hanya saja kita harus mengingat dari segi pengelompokan kata, di mana “advise”adalah tindakan dan “advice” adalah kata benda abstrak dan hasil dari tindakan itu. Contohnya : “To advise someone” yang berarti merujuk pada tindakan yang kita lakukan untuk membantu seseorang menghadapi masalah dengan memberikan nasihat, saran, atau pun usul. Nasihat itu sendiri yang disebut dengan “advice”. 

Compliment vs Complement

Berhati-hatilah saat menggunakan kedua kata ini. Keduanya bisa digunakan sebagai kata kerja dan sama-sama memiliki pengertian positif. “Compliment” berarti pujian, yaitu pernyataan positif mengenai seseorang atau sesuatu hal. Sementara, “complement” mengandung makna menyertai atau melengkapi sehingga menjadi lebih baik. Sebagai contoh: “White wine complements a seafood dinner.”

Principle vs Principal

Kedua kata ini adalah contoh homonim, namun berbeda ejaan dan makna. Kekeliruan dalam penggunaan keduanya kerap terjadi. Keduanya adalah kata benda, namun secara makna “principle” yang berarti prinsip, sebuah kata benda abstrak yang berarti asas yang menjadi pokok dasar berpikir dan bertindak. Contoh dalam kalimat : “I choose my own principle to solve my problem.”  Sementara itu, “principal” berarti kepala sekolah. Contohnya : “Mr Davis is the principal speaker in the International conference”

They’re vs Their, You’re vs Your

Bisa dibilang, kesalahan penggunaan kata-kata ini dalam tulisan berbahasa Inggris adalah yang paling sering terjadi, tidak terkecuali di golongan penutur bahasa asing. Agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama, ingat bahwa “they’re” dan “you’re” merupakan bentuk singkat “they are” dan “you are”. Sebagai contoh: “They’re (they are) going to be late” atau “You’re (you are) welcome.” Sementara, “their” dan “your” adalah bentuk kepemilikan atas suatu hal. Misalnya, “My friends forgot to bring their swimsuit” atau “Can I borrow your book?”

Bank vs Bank

Bisa Anda temukan perbedaan antara Bank or Bank ? Ya, keduanya memang sama dari segi ejaan dan pelafalan. Yang membedakannya hanya dari segi maknanya. Keduanya memiliki arti yang sangat jauh, di mana Bank dapat diartikan Bank (lembaga keuangan) dan dapat diartikan “pinggir” tergantung konteks penggunaannya. Sebagai contoh : “My mom used to save her money on the bank  atau “They walked along the river bank

Bisakah Anda temukan kata lainnya? Ya tentu masih banyak lainnya. Untuk Anda yang sedang baru belajar bahasa asing, tidak perlu merasa khawatir akan hal ini karena segala hal pasti bisa untuk dipelajari nantinya. Brainytranslation akan membantu Anda dalam penerjemahan bahasa asing .

Temukan artikel menarik lainnya disini !

Salam baca Brainy !