085-755-113-148 brainytranslation@gmail.com

Bahasa Inggris adalah campuran kata-kata yang aneh dari seluruh dunia, ditempa melalui ribuan invasi, perang, ekspansi kolonial, dan perkembangan ilmiah maupun budaya. Bahasa Inggris dituturkan oleh sekitar 1,5 miliar orang di dunia.  Hampir 53 negara dan 10 organisasi dunia yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Kami yakin salah seorang diantara kalian yang sedang membaca artikel ini sedang berproses dan belajar bahasa Inggris. Tapi, pernahkah sekali saja Anda memikirkan asal muasal setiap kata dalam bahasa Inggris? Ya, ternyata ada beberapa kata dalam bahasa Inggris yang asal-usulnya cukup mengejutkan !

Doctor

Kata “doctor” di masa sekarang digunakan di bidang medis dan pendidikan. Dalam bahasa Indonesia “doctor” dapat diartikan dokter dan doktor. Serupa tapi memiliki penggambaran profesi yang cukup jauh. Namun, 700 tahun yang lalu kata ini umumnya digunakan untuk merujuk pada guru, khususnya guru agama. Doctor bersal dari kata docēre yang dalam bahasa Latin berarti “mendidik.”

Sandwich

Kata “sandwich” berasal dari Earl of Sandwich, politisi dan bangsawan Inggris abad ke-18. Keadaannya bermula pada saat Lord Sandwich mengkonsumsi makanannya di antara dua potong roti, sehingga para pengikutnya mulai meminta pada para pelayan untuk “sama seperti Sandwich” yang kemudian pada akhirnya hanya menyebutkan “Sandwich”. Mengikuti cara makan Sandwich pada masa itu adalah cara para pengikutnya untuk memenuhi komitmen politik.

Happy

Sebelum abad ke-14, kata “happy” di wilayah Kerajaan Inggris khususnya di Skotlandia dan Wales punya arti sedikit berbeda, yaitu merujuk pada hal dan orang yang beruntung. Makna ini akhirnya bergeser seiring dengan perkembangan bahasa Inggris yang telah digunakan selama berabad-abad. “Happy” saat ini dikenal sebagai wujud penggambaran perasaan seseorang yang sedang mendapatkan hal-hal baik.

Clue

Secara teknis penutur bahasa Inggris mengambil kata ini dari Dewa Yunani, diambil dari kata mitologi Yunani yaitu “clew”. Ketika Mintatour menjebak raja mistis, Theseus, di sebuah labirin. Theseus disebutkan telah melarikan diri menggunakan bola benang atau “clew”. Dia menggunakan bola benang itu untuk melacak jalannya sehingga jika ia tersesat ia bisa kembali.

Jadi “clew” digunakan untuk memandu jalan Anda yang akhirnya dalam arti yang lebih luas berarti menawarkan panduan untuk menemukan kebenaran dan yang sekarang kita sebut Clue.

Robot

Shakespeare bukan satu-satunya penulis yang memperkenalkan kata-kata baru ke dalam Bahasa Inggris. Kata “robot” berasal dari kata Ceko “robota” yang berarti kerja paksa. Kata yang diperkenalkan kembali oleh penulis Karel Čapek pada tahun 1920 dalam fiksi ilmiahnya R.U.R (Rossom’s Universal Robots) yang mengeksplorasi ide pembuatan orang-orang sintetis.

Checkmate

Istilah dalam catur “Checkmate” atau ‘skakmat‘ berasal dari kata Persia “shāh māt” (شاه مات) yang berarti ‘raja (king) tak berdaya’. Namun, saat catur meluas melintasi dunia Arab menuju Eropa, di mana dalam kata Arab untuk ‘mati’ adalah ‘māta’ (مَاتَ), maka juga dapat diartikan sebagai ‘raja (king) sudah mati’. Banyak yang keberatan dengan penelusuran kedua etimologi istilah ini karena ‘shāh’ atau ‘king’ dalam catur tidak mati, “Checkmate” atau skakmat dalam catur cukup ditekankan pada posisi di mana raja tidak dapat melarikan diri.

Tattoo

Kata “tattoo” pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1786 dalam jurnal Kapten James Cook Endeavour, di mana ia menggambarkan tradisi tato di antara orang-orang yang ditemuinya selama perjalanannya di Polinesia. “Tato” mendapatkan namanya dari kata Polinesia “tatau” yang berarti “tanda yang dibuat pada kulit”. Sebenarnya praktek tato ada di Inggris sebelum tahun itu, tetapi sebelumnya mereka menyebutnya sebagai bentuk painting atau  ‘lukisan’. Faktanya, ketika seorang lelaki asli Indonesia dari Papua dibawa paksa ke Inggris sebagai budak pada tahun 1691, ia dikenal di kalangan orang Inggris sebagai “Painted Prince” atau “Pangeran yang Dicat” karena tanda-tanda di tubuhnya.

Ternyata istilah-istilah yang biasa kita gunakan memiliki sejarah yang cukup mengejutkan bukan? Untuk Anda yang ingin belajar lebih banyak lagi tentang Bahasa Inggris atau sedang mendalami dunia penerjemahan, BrainyTranslation siap membantu Anda. Temukan artikel menarik lainnya disini !

Salam baca Brainy!